Beasiswa S2 di UNS sebagai jalan untuk meningkatkan dan menambah ilmu. Siapapun yang mempunyai keinginan untuk mengupgrade ilmu agar semakin bermanfaat dalam upaya pengabdian di tempat kerja maupun masyarakat. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan ketika akan melanjutkan kuliah ke pascasarjana.

Program Beasiswa S2 di UNS

UNS atau masyarakat mengenal dengan sebutan Universitas Sebelas Maret dan perguruan yang berlokasi di Kota Solo, Jawa Tengah. Kampus yang dimiliki oleh UNS dengan suasana teduh, kondusif, asri, banyak pepohonan, serta nyaman dalam pembelajaran. Hal itu sebagai cara untuk mendukung mahasiswa S1 maupun pascasarjana S2 UNS meraih kesuksesan dalam pembelajaran. 

Green campus sebutan yang disematkan untuk UNS, sehingga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. UNS sebagai perintis kampus berwawasan lingkungan. Di Universitas Sebelas Maret, para mahasiswa tidak hanya menempuh jenjang program S1, tapi ada S2 juga yang dapat diambil sebagai langkah untuk lanjut kuliah.

Beasiswa S2 di UNS ada beberapa program studi yang bisa diambil oleh mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah pascasarjana. Jadi, calon mahasiswa pascasarjana bisa memilih sesuai dengan minat atau keinginan. Nah, semakin bersemangat untuk melanjutkan kuliah S2  di UNS, bukan? Karena sudah ada banyak program studinya seperti berikut ini :

  • Linguistik
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Hukum
  • Pendidikan Sejarah
  • Kajian Budaya
  • Magister Administrasi Publik
  • Agribisnis
  • Sosiologi
  • Ilmu Lingkungan
  • Penyuluhan Pembangunan
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Kependudukan Lingkungan Hidup
  • Pendidikan Ekonomi
  • Magister Manajemen
  • Kedokteran Keluarga
  • Ilmu Keolahragaan
  • Teknologi Pendidikan

Berikut Syarat Pendaftaran Beasiswa S2 di UNS

Jalur Beasiswa S2 di UNS dapat dipilih oleh mahasiswa kelulusan S1 UNS berprestasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Memberikan program beasiswa kepada calon mahasiswa S2 pascasarjana tentu diharapkan untuk mendukung pendidikan lebih baik. Adanya beasiswa akan semakin memberikan peluang kepada mahasiswa berprestasi yang berkeinginan untuk menempuh Magister.

Jika Anda berminat untuk mendaftar pada program S2 beasiswa di UNS harus memenuhi persyaratan. Syarat yang diajukan oleh pihak UNS sebagai bagian penting sebagai ketentuan untuk dapat mengikuti seleksi dalam program S2 dari UNS. Oleh karena itu,  Anda harus mencermati dengan baik persyaratan yang diajukan oleh pihak UNS sebagai berikut :

  1. Sarjana S1 UNS lulus predikat cumlaude Mempunyai IPK 3,3 tetapi sudah menghasilkan minimal satu artikel/paper untuk dipublish pada jurnal terindex Scopus. Sudah di publish di Proceeding Scopus sebagai penulis pertama maupun anggota.
  2. Calon mahasiswa S2 beasiswa UNS bersedia jadikan publikasi jurnal internasional terindex scopus tetapi bukan proceeding. Hal itu sebagai syarat kelulusan.

Prosedur Penerimaan dan Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran Beasiswa S2 di UNS

Mendaftar menjadi mahasiswa S2 dengan memilih program beasiswa S2 di UNS tentu mempunyai prosedur yang diterapkan. Siapa yang tidak ingin kalau mendapatkan beasiswa S2 Magister? Bidikan beasiswa bagi para mahasiswa S1 yang ingin melanjutkan kuliah lagi. Berikut prosedur penerimaan dan dokumen dalam mendaftar beasiswa S2 :

  1. Formulir Pendaftaran diisi dengan mengakses internet pada laman http://www.spmb.uns.ac.id, lalu klik Pendaftaran. Lanjut, klik S2 beasiswa UNS
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran disertai menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran di Slip Pembayaran. Perlu mengetahui kalau biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  3. Unggah file foto berwarna resmi atau formal dengan format JPG, Pixel: 150px X 200 px, 30 kb untuk size maksimum.
  4. Pada saat mendaftar di laman http://www.spmb.uns.ac.id dengan mengunggah dokumen-dokumen berikut sebagai syarat:
    1. Scan Ijazah atau SKL (Surat Keterangan Lulus)
    2. Scan Transkrip Nilai Akademik
    3. Bukti paper yang dipublikasi (bila ada)
    4. Scan Surat Kesediaan Lulus dengan persyaratan Publikasi pada Jurnal Internasional Terindex Scopus. Untuk form bisa di download di http://spmb.uns.ac.id/.
    5. Scan Surat Kesanggupan Pengembalian Dana UKT jika secara sengaja tidak menyelesaikan kuliah S2 beasiswa UNS. Form diunduh pada laman situs http://spmb.uns.ac.id/.
    6. Scan Surat Kesediaan Pembimbing untuk membantu mahasiswa dalam Publikasi di Jurnal Internasional Terindex Scopus. Form ada di http://spmb.uns.ac.id
    7. Melampirkan tambahan sertifikat TPA dan BAPPENAS (bagi yang punya). Sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diakui UNS (TOEFL ITP atau TOEFL Internasional maupun IELTS. Kedua sertifikat bahasa Inggris bisa digunakan sebagai pengganti ujian tertulis.
  1. Panitia lakukan verifikasi dokumen pendaftaran
  2. Calon Mahasiswa beasiswa S2 di UNS mencetak Kartu Tanda Peserta
  3. Peserta Mengikuti Ujian Tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia. Bagi calon mahasiswa pascasarjana yang sudah mengunggah dokumen 4,7,1 dan 4,7,2 tidak melakukan ujian tertulis.

Panduan di atas bisa dijadikan acuan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar program beasiswa S2 di UNS. Persiapkan dengan baik untuk syarat dan dokumen yang diperlukan agar apa yang diimpikan dapat terwujud. Kuliah dengan beasiswa, maka akan mendapatkan biaya UKT selama 4 semester. Oleh sebab itu, bersemangat untuk mendapatkan beasiswa impian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *