Program beasiswa terbesar di Indonesia biasanya banyak diincar baik itu oleh para pelajar maupun mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan di sebuah kampus. Selain dikarenakan peluangnya cukup besar, biasanya syarat dan ketentuan dari jenis beasiswa ini juga lebih mudah untuk dipenuhi. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Program Beasiswa Terbesar Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Seperti yang diketahui bersama program beasiswa tentunya tidak diberikan kepada sembarang orang. Umumnya hanya orang-orang yang telah memenuhi persyaratan yang akan diberikan beasiswa. Karena itu, bagi Anda yang ingin mengajukan program beasiswa, Anda harus memahami apa saja jenis dan bagaimana cara mengajukan beasiswa kuliah dengan tepat. Mari cari tahu ulasannya berikut.

1. Program Beasiswa Bidikmisi

Salah satu dari program beasiswa terbesar di Indonesia diantaranya adalah Bidikmisi. Beasiswa ini merupakan sejumlah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa lulusan SMA atau sederajat. Tentunya hanya pada siswa yang mengantongi potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Salah satu beasiswa unggulan ini hanya dapat Anda peroleh apabila Anda telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi untuk program D IV dan S-1 atau program D III. Dengan beasiswa Bidikmisi ini, seluruh biaya pendidikan selama kuliah akan dibebaskan. Selain itu, jika mendapatkan beasiswa ini, Anda juga akan menerima uang saku setiap enam bulan sekali.

Namun, untuk mendapatkan salah satu beasiswa terbesar di Indonesia ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya Siswa SMA/sederajat yang memiliki NISN dan NPSN yang valid di PDSK. Lulusan tahun sebelumnya yang belum pernah menerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi masing-masing.

Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun. Tidak mampu secara ekonomi, dengan syarat Siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami-istri) maksimal sebesar Rp4.000.000 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarganya maksimal Rp750.000 setiap bulan.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Berbeda dengan beasiswa dalam negeri sebelumnya, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) merupakan beasiswa yang bisa didapatkan hanya setelah menjadi mahasiswa. Beasiswa PPA ini sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti.

Sesuai dengan namanya, untuk mendapatkan salah satu beasiswa terbesar di Indonesia ini Anda pastinya dituntut memiliki prestasi akademik yang mumpuni di kampus. Selain prestasi akademik, prestasi non-akademik juga menjadi perhatian untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Aktif di organisasi kampus juga merupakan salah satunya, seperti BEM, DPM, atau HMJ.

Selain itu, untuk Anda yang aktif dan berprestasi dalam lomba universitas juga kemungkinan besar dapat mengajukan salah satu beasiswa terbesar di Indonesia ini. Misalnya seperti lomba debat antar mahasiswa, lomba karya ilmiah, dan sebagainya. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa PPA ini adalah:

Persyaratan Umum

  • Mahasiswa program S-1 atau D IV minimal semester 2 dan maksimal semester 8
  • Mahasiswa program D III minimal semester 2 dan maksimal semester 4
  • Membuat surat permohonan kepada rektor, direktur, atau ketua pimpinan perguruan tinggi dengan melampirkan fotokopi Kartu TAnda Mahasiswa  dan Kartu Rencana Studi atau dokumen lain yang sejenis sebagai bukti mahasiswa masih aktif.

Selain itu lampirkan juga fotokopi rekening listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) orang tua atau wali. Lengkapi juga dengan fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain di lingkungan Kemendikbud.

Surat ini harus diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan. Sertakan juga surat rekomendasi dari pimpinan fakultas atau jurusan.

Persyaratan Khusus

  • Menyertakan fotokopi transkrip nilai dengan IPK minimal 3.00 pada stAndar 4.00
  • Surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang. Adapun untuk ASN atau karyawan swasta disahkan oleh bagian keuangan, sementara untuk yang bukan dari keduanya, dapat disahkan oleh lurah atau kepala desa setempat.

3. Program Beasiswa Atlet

Beasiswa terbesar di Indonesia berikutnya adalah program beasiswa atlet. Seperti namanya, beasiswa yang satu ini lebih spesifik bila dibandingkan dengan dua beasiswa sebelumnya. Program beasiswa yang satu ini dikhususkan bagi  Anda yang berprestasi di bidang olahraga dan berkuliah di program studi keolahragaan. Beasiswa Atlet tidak juga tidak mempersyaratkan IPK.

Melainkan dari jumlah medali dan juga jenis medali yang pernah didapat. Terlebih lagi Program Beasiswa Atlet ini juga hanya diperuntukkan kampus-kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Dulunya lebih dikenal dengan nama IKIP. Saat ini, di Indonesia sendiri terdapat 12 kampus LPTK.

Namun, kuota untuk beasiswa ini cukup terbatas, yaitu hanya 20 beasiswa untuk setiap kampusnya.  Nah, demikian tadi beasiswa terbesar di Indonesia yang dapat Anda peroleh saat ingin memasuki dunia kampus, terutama universitas negeri. Jadi,  tidak ada lagi alasan tidak bisa berkuliah karena alasan ekonomi asalana Anda memiliki prestasi juga catatan akademik yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *