Mengulik gambar dan merancang sebuah bangunan menjadikan prospek kerja dari lulusan desain interior menjadi sangat menyenangkan. Meski berbeda dengan jurusan arsitektur, jurusan desain interior ini masih memiliki cabang ilmu yang sama dan masih linear. Program studi satu ini akan menjadi surga bagi mereka yang memang memiliki passion di dunia menggambar dan tata ruang.

Adapun kelebihan dan kekurangan jurusan desain interior tak akan terlalu terasa bila kamu menjalankannya dengan suka cita dan hati yang gembira. Semua jurusan pasti akan memiliki sisi baik dan sisi lemahnya masing-masing. Tergantung individu yang akan bisa menjadikannya gemilang atau sekarat karena tak mau berkembang. Semoga kamu jadi salah satu kegemilangan itu, ya!

Apa saja pekerjaan yang bisa kamu dapatkan ketika mengambil jurusan desain interior? Simak beberapa penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Biro Konsultan Desain Interior

Bila jurusan arsitektur, kamu akan mendesain bangunan secara utuh dan besar. sedangkan jurusan desain interior kamu akan bekerja lebih spesifik dan mendetail, bagaimana bentuk kursinya, warna apa yang menunjang ruang agar tampak cantik, tema spesifik yang diinginkan untuk kamar mandi, dan sejenisnya.

Sebagai biro konsultan desain interior kamu akan banyak memberikan insight untuk klien yang benar-benar buta tentang keinginan mereka. Kamu akan banyak mendengar dan memberikan masukan. Sudah siap bekerja pada sesuatu yang akan membuatmu bersemangat?

Freelancer Desain Interior

Cakupan dan prospek kerja desain interior freelance ini tak banyak. Biasanya, kamu akan menjadi seorang drafter dan visualizer. Kamu akan bertugas menyajikan gambar dalam format draft dan desain tiga dimensi melalui komputer. Bila kamu rintis dengan semangat dan terus berinovasi, maka pekerjaan ini cukup banyak memberikan pundi uang ke rekeningmu, di samping pekerjaan yang lebih fleksibel dilakukan sebagai freelancer.

Bekerja di Perusahaan Konstruksi dan Properti

Teknisi dan pengawas konstruksi adalah pekerjaan yang cukup menggiurkan dengan gaji yang lumayan. Pekerjaan ini dibawah komando perusahaan konstruksi dan properti. Seorang teknisi dan pengawas konstruksi akan bertanggung jawab penuh mulai dari pembangunan hingga fasilitas yang ada di dalamnya. Termasuk pula manajemen risiko untuk semua aspek. Apakah ini pekerjaan impianmu?

Bekerja di Instansi Pemerintah

Peluang PNS juga bisa menjadi salah satu prospek pekerjaan dari jurusan satu ini. kamu bisa juga bekerja di bidang jasa konstruksi pemerintah seperti PT Wijaya Karya Persero, Waskita, Adhi Karya, Nindya Karya, dan lain-lain. Umumnya, pekerjaan ini akan membutuhkanmus ebagai konsultan yang akan berguna untuk kemaslahatan rakyat dalam cakupan yang lebih luas.

Jurnalis Arsitektur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa desain interior berbeda dengan arsitektur. Akan tetapi, lowongan kerja jurusan desain interior juga bisa mencakup di dunia arsitek. Kamu bisa menjadi jurnalis di majalan fashion desainer untuk perabotan dan tata ruang. Kamu bisa belajar tata cara menulis dan mengedit selama perjalanannya, didasarkan pada modal pengetahuan di dunia desain grafis yang mumpuni.

Produsen Furnitur dengan Brand Sendiri

Ilmu yang kamu pelajari akan selalu memberikan manfaat. Belajar di jurusan ini akan membuka prospek kerja bagi lulusan desain interior yang lebih luas. Kamu akan bisa menjadi seorang bisnisman dengan brand yang kamu bangun sendiri. Tak hanya akan berdampak baik untuk perekonomianmu sendiri, kamu bahkan bisa membuka pasar kerja baru untuk pekerja yang akan menghasilkan barang hasil olah pikirmu.

Memasarkannya dalam ranah digital juga akan menjadi side job sebagai produsen yang cukup menyenangkan. Kamu tak hanya akan belajar melakukan manajemen atas produk, tetapi juga bisa memasarkannya secara lebih luas. Tak hanya sebagai produsen tetapi juga sebagai marketer yang menyalurkan produk pada target pasar yang tepat.

Graphic Designer

Prospek kerja desain interior yang lain yakni menjadi seorang desainer grafis. Seorang Graphic Designer (desainer grafis) adalah pekerjaan yang berkaitan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi, dan grafis motion yang baik. Pekerjaan ini bisa menjamah di berbagai ranah, baik cetak maupun elektronik. Tugasnya yakni menyampaikan informasi terkait sebuah produk dan mengakomodir keinginan klien.

Secara umum, seorang desainer grafis bisa berkarir juga dalam industri jasa periklanan, telekomunikasi, fotografi, pendidikan, konstruksi, maupun manufaktur. Kemampuanmu dalam menggunakan grapic software juga menjadi  kelebihan tersendiri untuk mendukung pembuatan ilustrasi yang ciamik.

Bidang Pendidikan

Kamu yang senang belajar dan mengajar akan sangat cocok bekerja di bidang pendidikan. Kamu bisa melamar menjadi guru di SMK atau sederajat. Kamu juga bisa menjadi dosen jurusan desain interior yang sesuai dengan pengerucutan program studi  yang kamu geluti. Dengan menjadi tenaga pengajar, kamu membagikan ilmu yang akan bermanfaat untuk mahasiswamu di masa depan.

Beragam prospek kerja desain interior yang ditawarkan di atas bisa kamu jadikan referensi untuk mencari lingkungan yang cocok dengan gayamu. Jika bekerja sesuai passion dan memiliki lingkup kawan yang sefrekuensi, maka pekerjaan berat pun akan terasa ringan untuk dilakukan. Dengan demikian, kamu bisa mengembangkan dirimu lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *