Prospek kerja Hubungan Internasional yang sangat menjanjikan membuat jurusan ini menjadi jurusan favorit di Indonesia. Sebelum membahas mengenai prospek kerja, ada baiknya jika mengetahui tentang hal yang dipelajari di jurusan Hubungan Internasional.

Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu cabang keilmuan yang mempelajari hubungan antar negara, termasuk di dalamnya perusahaan atau individu. Jurusan Hubungan Internasional juga mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, seperti sejarah, filsafat, ekonomi, psikologi, ilmu budaya, dan lain sebagainya.

Bagi calon mahasiswa, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki agar bisa masuk di jurusan HI. Ada pun kemampuan yang harus dimiliki yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan bahasa asing kemampuan analisis, dan kemampuan mengatasi masalah.

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional menjadi jurusan favorit di Indonesia. Hal ini karena besarnya peluang kerja dengan penghasilan tinggi. Terdapat banyak prospek kerja dari jurusan ini, 6 diantaranya sebagai berikut.

1. Staf Kedutaan

Prospek kerja yang pertama yaitu berprofesi sebagai staf kedutaan. Di dalam kedutaan, Kamu bisa bekerja di salah satu bidang, misalnya staf bidang politik.

Seorang staf kedutaan bidang politik bertugas mengamati dan melaporkan mengenai iklim politik dari negara tujuan kepada pemerintah negara asal. Selain itu, staf politik juga bertanggung jawab mengamati serta melaporkan tentang terorisme, kekerasan, dan pertikaian yang dilakukan suatu kelompok politik.

Bukan hanya staf politik, Kamu juga bisa saja diangkat sebagai staf kedutaan ekonomi. Seorang staf kedutaan ekonomi diberikan tanggung jawab untuk mengatasi masalah ekonomi antar negara asal dan tujuan. Misalnya melakukan negosiasi mengengai pajak.

Selain staf politik dan ekonomi, ada juga staf kedutaan konsulat. Seorang staf kedutaan konsulat bertugas menebitkan visa dan dokumen-dokumen terkait. Bahkan seorang staf konsulat juga bertugas mengunjungi warga negara asal yang ditahan di negara tuan rumah.

2. Duta Besar

Lowongan kerja lulusan Hubungan Internasional selanjutnya yaitu sebagai Duta Besar. Seperti yang diketahui, duta besar adalah pejabat yang bertugas mempresentasikan negara asalnya pada negara berdaulat lain untuk urusan organisasi internasional.

Pekerjaan duta besar terbagi atas 3 macam, yaitu melindungi warga negara asalnya yang bekerja atau bepergian di negara tujuan. Kemudian seorang duta besar juga harus menjaga hubungan internasional antar negara dalam bidang ekonomi. Terakhir yaitu bertugas menjaga perdamaian dunia.

3. Jurnalis atau Reporter

Prospek kerja Hubungan Internasional selanjutnya yaitu berpeluang menjadi seorang jurnalis atau reporter. Jika menjadi jurnalis, Kamu bisa bekerja di media yang ditugaskan di luar negeri. Seorang jurnalis bertanggung jawab mengumpulkan berbagai berita yang akan diinformasikan ke masyarakat.

Namun agar bisa menjadi seorang jurnalis yang ditugaskan di luar negeri, tentu Kamu harus memiliki skill mumpuni. Kamu harus bisa berpikir kritis dalam memandang suatu isu sebelum melakukan investigasi dan reportasi. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan  berita yang akurat.  

4. Konsultan Internasional

Prospek kerja selanjutnya yaitu konsultan internasional. Seorang konsultan internasional bisa berperan sebagai pendamping dan penasihat dalam semua hal yang berkaitan dengan hubungan internasional. Selain itu, seorang konsultan internasional juga bertugas membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan aktivitas perusahaan di pasar internasional.

Konsultan internasional bisa bekerja dengan klien dalam berbagai bidang seperti manajemen, teknik, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Agar menjadi konsultan internasional, tentu diperlukan pengetahuan mendalam seputar dunia internasional. Selain itu, seorang konsultan internasional juga harus mampu berkomunikasi dalam bahasa asing serta memiliki pengetahuan mendalam seputar perdagangan dan bisnis.

5. Government Relations Officer

Government Relations Officer atau disingkat GRO merupakan salah satu prospek kerja menjanjikan bagi lulusan Hubungan Internasional. Seorang GRO biasanya ditempatkan di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di suatu negara. Government Relations Officer bertugas menjalin hubungan antara perusahaan tempat GRO tersebut bekerja dengan pemerintah daerah.

Agar bisa menjadi GRO tentu diperlukan pengetahuan lebih luas tentang dunia internasional dan bisnis. Selain itu, seorang GRO harus mampu melakukan pendekatan dan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah.

6. Tenaga Ahli Anggota DPR

Prospek kerja jurusan Hubungan Internasional yang menjanjikan yaitu menjadi tenaga ahli anggota DPR. Seorang tenaga ahli bertugas membantu anggota DPR dalam rapat komisi, menyusun kajian, menganalisis, dan lain sebagainya.

Selain itu, seorang tenaga ahli juga harus melaporkan tugasnya secara berkala kepada anggota DPR yang bersangkutan. Agar bisa bekerja sebagai tenaga ahli, maka ada syarat yang harus dipenuhi. Ada pun persyaratannya antara lain usia maksimal 60 tahun, minimal S2, IPK minimal 3,0, dan mendapat skor TOEFL minimal 500.

Terdapat prospek kerja Hubungan Internasional yang bisa dipilih, mulai dari staf kedutaan hingga tenaga ahli anggota DPR. Agar bisa mendapatkan pekerjaan di atas, maka pastikan untuk memiliki skill mumpuni, mulai dari kemampuan berkomunikasi hingga kemampuan negosiasi. Dari 6 profesi di atas, manakah yang ingin Kamu pilih setelah lulus nanti?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *