Prospek kerja jurusan agribisnis sangat luas dan menjanjikan di masa depan. Sebelum membahas mengenai prospek kerjanya, ada baiknya jika mengenal tentang jurusan agribisnis. Jurusan agribisnis adalah jurusan yang berhubungan dengan bidang pertanian.

Kuliah agribisnis tidak hanya terbatas dengan pertanian, tapi juga kewirausahaan, pengantar ilmu ekonomi, dan lain sebagainya. Selain itu agribisnis tidak membatasi ruang lingkup kerja dalam satu bidang saja, sehingga ada banyak peluang pekerjaan di masa depan. Terdapat banyak prospek kerja menjanjikan bagi lulusan agribisnis, 9 diantaranya sebagai berikut.

1. Penyuluh Pertanian

Prospek kerja jurusan Agribisnis yaitu sebagai penyuluh pertanian. Profesi ini berperan penting, terutama bagi kesejahteraan para petani. Seorang yang berprofesi sebagai penyuluh pertanian bertugas memberikan penyuluhan tentang teknologi yang bisa membantu petani dalam mengolah tanah atau tanaman.

Selain itu, seorang penyuluh pertanian juga menjadi jembatan antara pemerintah dan petani agar keduanya bisa menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

2. Pegawai Perusahaan Bidang Pertanian

Pegawai perusahaan bidang pertanian merupakan salah satu prospek kerja bagi lulusan Agribisnis. Terdapat banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang pertanian, baik dikelola swasta maupun negara.

Hal ini tentu memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan. Dalam bidang pertanian, terdapat posisi kerja yang bisa dipilih, antara lain manajer lapangan, peneliti pertanian, manajer pemasaran, distributor produk pertanian, dan lain sebagainya.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Prospek kerja lulusan Agribisnis selanjutnya yaitu sebagai pegawai instansi pemerintahan. Terdapat beberapa instansi pemerintahan yang bisa kamu pilih, seperti Dinas Pertanian dan Kementrian Pertanian. Kedua instansi pemerintahan tersebut menyediakan prospek kerja Agribisnis yang baik untuk pengembangan karier.

4. Pengusaha

Prospek kerja bagi lulusan Agribisnis yaitu menjadi entrepreneur atau pengusaha. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja mandiri tanpa terikat dengan instansi. Seperti yang diketahui bahwa negara Indonesia sangat mengandalkan bidang pertanian.

Hal ini bisa memudahkan kamu dalam memilih jenis usaha yang ingin dilakukan. Misalnya kamu bisa memilih menjadi pengusaha obat kimia, pengusaha pupuk, atau pengusaha alat pertanian.

5. Pedagang Komoditi Baru

Profesi sebagai pedagang komoditi baru merupakan salah satu prospek kerja jurusan Agribisnis yang bisa kamu pilih. Dengan ilmu Agribisnis yang didapatkan selama kuliah, kamu bisa menghasilkan produk baru dengan kualitas terbaik.

Jika memilih profesi ini, kamu bisa mengembangkan komoditi baru yang belum pernah ada. Misalnya dengan mengembangkan kokoa, biji kopi, tebu, dan lain sebagainya. Profesi ini sangat menjanjikan, karena kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar jika berhasil menciptakan pasar komoditi baru.

6. Kredit Analis

Prospek kerja selanjutnya yaitu sebagai kredit analis di bank. Lowongan kerja kredit analis tidak hanya terbuka untuk lulusan ekonomi saja, namun juga membuka peluang bagi lulusan Agribisnis. Hal ini disebabkan banyaknya petani yang mengajukan kredit untuk modal pertanian.

Sehingga pihak perbankan memerlukan seorang analis yang mengerti bisnis pertanian. Seorang kredit analis yang mengerti bisnis pertanian tentu bisa menghitung kekuatan bayar atau berapa lama bisnis pertanian akan bertahan. Sehingga bisa menghasilkan analisa tepat sebelum pihak bank memutuskan akan memberikan kredit atau tidak.

7. Konsultan Pertanian

Prospek kerja jurusan Agribisnis selanjutnya yaitu sebagai konsultan pertanian. Dalam konsultan pertanian, terdapat banyak cabang yang bisa dipilih sesuai keinginan. Misalnya konsultan budi daya pertanian, konsultan penyakit tanaman, konsultan hama pertanian, dan lain sebagainya.

Meskipun dibagi menjadi beberapa cabang, namun secara umum seorang konsultan harus menguasai ilmu Agribisnis. Hal ini karena seorang konsultan bertanggung jawab memberikan saran, arahan, dan analisa yang tepat terkait pertanian.  

8. Penulis Agribisnis

Prospek kerja ini sangat cocok bagi kamu yang senang menulis. Kamu bisa menulis buku yang berkaitan dengan pertanian. Misalnya menulis cara merawat tanaman dengan baik atau cara merawat tanaman agar terbebas dari hama.

Selain menulis buku, kamu juga bisa menulis di website online maupun blog pribadi. Setiap informasi yang kamu berikan pasti bermanfaat bagi pembacanya. Sehingga selain mendapatkan uang, kamu juga bisa berbagi ilmu agar pertanian di Indonesia semakin berkualitas dan modern.

9. Pengajar

Selain sebagai penulis, kamu juga bisa menjadi seorang pengajar yang terjun di bidang pertanian. Sebagai pengajar, Kamu bisa memilih sebagai guru atau dosen. Agar bisa menjadi guru, Kamu bisa mengajar di SMK yang memiliki bidang kejuruan pertanian. Biasanya untuk menjadi guru, diperlukan syarat ijazah pendidikan minimal S1.

Sedangkan jika memilih menjadi dosen, kamu harus memiliki ijazah S2. Agar menjadi seorang pengajar yang berkualitas, Kamu harus bisa berkomunikasi di depan umum dan memiliki kemampuan mengajar. Kemampuan tersebut sangat diperlukan oleh seorang pengajar agar bisa menyampaikan ilmu yang dimiliki.

Terdapat berbagai macam prospek kerja jurusan Agribisnis yang bisa Kamu pilih, mulai dari penyuluh pertanian hingga pengajar. Selain pekerjaan di atas, sebenarnya masih banyak peluang karier bagi lulusan Agribisnis. Hal ini membuktikan bahwa peluang kerja Agribisnis sangat luas di berbagai bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *