Prospek kerja jurusan bahasa Inggris cukup menguntungkan saat ini. Terlebih lagi di era digital yang menuntut hubungan lebih luas. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan dan dianggap sebagai bahasa resmi negara. Selain itu, lulusan ini mempunyai peluang besar saat mencari pekerjaan.

Secara umum, lulusan kuliah bahasa Inggris identik menjadi seorang pengajar atau guru. Namun, sekarang sudah banyak profesi yang bisa dicoba oleh lulusan bahasa Inggris. Berikut ini beberapa prospek yang bisa kamu coba dan akan terus dicari di masa depan. Tentu saja pekerjaan tersebut sangat menguntungkan bagimu.

Prospek Kerja di Bidang Penerjemah

Salah satu profesi yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang penerjemah. Kemampuan kamu dalam bahasa asing akan lebih bermanfaat karena terus digunakan. Kamu bisa memilih untuk menjadi penerjemah secara lisan atau bentuk tulisan. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu perolehi dari profesi tersebut.

Mulai dari mendapatkan klien yang beragam, mendapatkan hal atau informasi baru, sampai mengikuti perkembangan zaman. Seorang penerjemah juga mampu menghasilkan banyak keuntungan jika memanfaatkan kesempatan dengan baik.

Menjadi Guru

Prospek kerja jurusan pendidikan bahasa Inggris yang cukup banyak dicari adalah tenaga pengajar. Kamu bisa memilih menjadi seorang guru, dosen, atau instruktur kursus. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan bakatmu. Selain itu, seorang pengajar tidak hanya mengajar bahasa Inggris saja.

Akan tetapi, kamu juga bisa mengajar para penutur asing untuk belajar bahasa Indonesia. Tentunya keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin banyak. Selain itu, kamu harus pintar mencari peluang untuk memanfaatkan bakat tersebut.

Organisasi dan Lembaga Internasional

Kamu menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan seluruh dunia? Maka kamu bisa mengincar profesi di sana. Meski kamu lulusan bahasa Inggris, tapi lulusan bahasa Inggris ini sangat dibutuhkan. Banyak lembaga atau organisasi internasional yang pastinya akan membutuhkan kamu, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa resmi negara.

Beberapa contoh dari lembaga internasional yang tidak asing adalah WHO, ASEAN, dan UNESCO. Kamu bisa memilih target khusus sesuai dengan keinginan. Tentunya selain mendapat banyak uang, kamu juga mendapatkan pengalaman berharga.

Diplomat

Pernahkah kamu mendengar profesi ini? Diplomat menjadi salah satu prospek kerja jurusan bahasa Inggris yang peluangnya sangat besar. Selain itu, tugas seorang diplomat adalah mewakili negara untuk melakukan diplomasi.

Tugas lainnya adalah mewakili negara dalam pertemuan yang sangat penting. Tidak hanya menguasai bahasa Inggris saja, tapi seorang diplomat harus bisa melakukan negosiasi terbaik. Tujuannya agar negara yang kamu wakilkan bisa mendapatkan keuntungan.

Tour Guide

Kamu suka jalan-jalan? Atau kamu suka memandu seseorang saat berwisata? Jika iya, maka kamu bisa memilih menjadi seorang tour guide. Profesi ini dinilai sangat populer dan peluangnya besar di kalangan lulusan bahasa Inggris.

Kamu bisa memilih destinasi wisata yang banyak diincar oleh para turis. Dengan begitu, kamu bisa jalan-jalan sekaligus memberikan informasi kepada turis menggunakan bahasa Inggris.

Content Writer Bahasa Inggris

Salah satu mata kuliah jurusan pendidikan bahasa Inggris adalah menulis. Kamu bisa memanfaatkan mata kuliah tersebut menjadi lapang pekerjaan. Terlebih jika kamu suka menulis. Kamu bisa menulis konten berupa artikel menggunakan bahasa Inggris. Saat ini, pekerjaan content writer bahasa Indonesia banyak dibutuhkan.

Hal ini tidak menutup kemungkinan jika banyak orang yang membutuhkan penulisan konten dengan bahasa Inggris. Selain itu, penulisan bahasa Inggris mendapatkan uang lebih banyak dibandingkan konten dalam bahasa Indonesia.

Public Relations

Salah satu prospek kerja jurusan bahasa Inggris yang masih jarang diketahui adalah public relations. Tidak sedikit lulusan bahasa Inggris yang bekerja di bidang tersebut. Profesi ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk bisa mempengaruhi opini publik. Selain itu, profesi ini dijadikan sebagai strategi perusahaan dalam membangun relasi.

Gaji yang didapatkan oleh seorang public relations pun terbilang tinggi. Seseorang yang baru pertama kali kerja bisa mendapatkan biaya sesuai UMR. Namun, semakin profesional, maka semakin tinggi. Di Indonesia sendiri, kisaran gajinya mencapai Rp 6.000.000 – Rp 9.000.000.

Interpreter

Profesi ini pasti masih terasa asing di telinga, bukan? Profesi ini hampir sama dengan seorang translator atau penerjemah. Namun, seorang interpreter memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa Inggris secara lisan tanpa menulis lebih dulu.

Alhasil, profesi tersebut membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menerjemahkan bahasa. Biasanya, seorang interpreter akan digunakan saat mengadakan perjamuan antar negara dunia. Melihat tugasnya, maka tidak heran jika penghasilan yang didapat pun sangat tinggi.

Itulah 8 prospek kerja jurusan bahasa Inggris di atas banyak dicari dan diminati saat ini. Tidak hanya dari tugasnya yang menarik, tapi karena gajinya yang juga menggiurkan. Jadi, kamu akan memilih profesi mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *