Prospek kerja jurusan desain interior apa saja, ya? Masih banyak orang yang belum tahu bahwa desain interior di masa sekarang sangat dibutuhkan. Profesi ini akan bertugas merancang bagian interior ruangan. Mereka akan merencanakan semuanya sampai mendetail agar ruangan bisa lebih efisien.

Lulusan desain interior juga banyak diminati di saat ini. Karena penghasilan yang bisa kamu terima tergolong besar. Selain itu, kamu bisa menjadi seorang freelance atau bekerja di perusahaan tertentu. Meski tugasnya berpusat pada hal di atas, tapi seorang lulusan desain interior mempunyai prospek yang lain.

1. Drafter dan Visualizer 3D

Salah satu prospek kerja yang bisa kamu coba adalah drafter dan visualizer. Tugas dari profesi ini adalah memberikan gambaran ruangan yang bisa mudah dimengerti banyak orang. Seorang drafter dan visualizer tidak hanya mempunyai ide kreatif dalam perencanaan saja, tapi kamu harus pandai dalam menggambar.

Biasanya, seorang drafter dan visualizer akan menggunakan beberapa aplikasi desain ruangan. Semakin banyak klien yang bisa kamu dapatkan, semakin banyak pula keuntungannya. Terlebih banyak klien bisa membantu kamu untuk membangun relasi dan memperluas koneksi.

2. Pegawai Negeri Sipil

Pernahkah kamu berpikir lowongan kerja desain interior menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil? Nyatanya, menjadi seorang PNS bisa berasal dari lulusan desain interior. Profesi ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kerja di bidang pemerintahan. Selain itu, ada beberapa institusi yang membuka prospek dalam bidang desain interior.

3. Bisnis Properti

Prospek kerja yang banyak diminati dalam jurusan desain interior adalah bisnis properti. Profesi ini dinilai cukup menguntungkan, terlebih jika kamu memilih berbisnis di kota yang besar. Saat ini, bisnis properti menjadi bisnis yang berkembang pesat. Apalagi di masa sekarang yang semakin modern peralatannya.

Biasanya, lulusan desain interior ini menjadi seorang pengawas pelaksana pekerjaan interior. Salah satu tugasmu adalah menata ruangan sedemikian rupa agar terlihat menawan. Selain itu, keahlianmu dalam hal tersebut sangat dibutuhkan sebagai salah satu tim konstruksi pembangunan.

4. Distributor Produk Interior

Prospek kerja desain interior dengan gaji yang cukup besar bisa kamu lihat dari distributor produk interior. Seorang lulusan desain interior pasti belajar tentang furnitur, karpet, lukisan, lampu hias, dan lain sebagainya. Jika kamu mempunyai skill dalam hal tersebut, maka kamu pasti pandai untuk menilai harga jual.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan harga jual sesuai dengan kualitas dari produk. Selain mempelajari desain interior, kamu harus mempunyai ilmu dalam riset pasar. Hal ini sangat penting untuk membantumu dalam mengetahui siapa target pemasaran dari produkmu.

5. Konsultan Properti

Salah satu prospek kerja jurusan desain interior yang bisa kamu coba adalah konsultan properti. Profesi ini mengharuskan kamu memberi masukan atau nasihat terkait kondisi properti. Topik pembahasan secara umumnya adalah tren properti yang mencakup permasalahan pasar.

Karena menjadi seorang pemberi saran, kamu harus mempunyai kemampuan dalam menilai peluang masalah. Tujuannya agar klien kamu tetap mendapatkan keuntungan. Kamu bisa memberikan studi pembangunan atau melakukan analisa peluang investasi. Keuntungan menjadi seorang konsultan adalah traveling setiap harinya.

6. Desainer Grafis

Profesi yang saat ini banyak dicari dan dilakukan adalah desainer grafis. Tugas seorang desainer grafis adalah menciptakan ilustrasi, fotografi, sampai grafis. Mereka juga mempunyai tanggung jawab terhadap tampilan dalam media promosi produk. Selain itu, kamu nantinya akan menyampaikan informasi terkait produk dengan cara menarik.

Seorang desainer grafis harus paham dalam menggunakan beberapa aplikasi desain. Selain itu, prospek kerja jurusan desain interior ini membutuhkan pengetahuan tentang hak cipta. Karena kamu harus membuat desain dengan ide terbaru dan tidak memplagiat karya milik orang lain.

7. Kontraktor

Pernahkah kamu mendengar kontraktor? Kontraktor adalah orang yang menjalankan usaha dalam bidang konstruksi. Biasanya, jasa yang ditawarkan berupa konsultasi konstruksi. Kamu mungkin lebih akrab dengan pembangunan infrastruktur, seperti di jalan raya atau jalan tol. Bagi kamu yang menyukai kerja di lapangan, profesi ini sangat cocok.

Menjadi seorang kontraktor, kamu harus mengantongi sertifikasi. Tujuannya untuk membuat orang lain percaya bahwa kamu benar-benar menguasai. Karena pembangunan tersebut sangat berpengaruh terhadap orang banyak.

8. Toko Material

Setelah lulus kamu ingin membuka usaha sendiri? Jika iya, maka kamu bisa membuka toko material yang menjadi kebutuhan interior. Kamu bisa memfokuskan pada salah satu atau banyak produk. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dalam hal tersebut. Selain itu, kebutuhan interior akan terus dicari, terlebih mode rumah terus berubah.

9. Perancang dan Produsen Furnitur

Prospek yang cukup menghasilkan banyak uang bagi lulusan desain interior adalah produsen furnitur. Kamu juga bisa menjadi seorang perancang sekaligus agar mendapatkan lebih banyak keuntungan. Kamu bisa fokus di salah satu atau banyak bahan baku yang akan laku keras.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan desain interior yang menarik untuk dicoba. Tidak main-main, penghasilan lulusan ini sangat menggiurkan. Jadi, kamu ingin memilih profesi yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *