Peluang dan prospek kerja jurusan Hubungan Internasional (HI) sangat terbuka lebar untuk kamu yang mau melibatkan diri untuk banyak berurusan dengan orang lain. Program studi Hubungan Internasional lebih mengetengahkan pembelajaran yang berkaitan dengan relasi, interaksi, dan komunikasi secara global dan internasonal.

Belajar di jurusan Hubungan Internasional adalah kesempatan untuk mempelajari tentang hubungan diplomasi sebuah negara dengan negara lainnya. Tak hanya itu saja, jurusan HI juga akan banyak mempelajari tentang kesejahteraan dan ekonomi dunia. Di dalamnya juga akan banyak membahas tentang isu-isu global, juga jalinan kerja sama internasional yang melingkupinya.

Adapun pilihan pekerjaan dari jurusan HI adalah sebagai berikut:

Diplomat

Seorang diplomat adalah sosok yang menjadi perwakilan sebuah negara untuk melakukan dinas luar negeri. Tugasnya adalah untuk kegiatan diplomatik dan konsuler perpanjangan tangan dari sebuah negara dan bangsa. Biasanya diplomat ditugaskan di dalam negeri untuk mengisi jabatan di Kementrian Luar Negeri atau konsulat jenderal di berbagai instansi.

Tugas utama seorang diplomat adalah representing, protecting, negotiating, promoting, dan reporting negara yang menjadikannya sebagai perwakilan. Dirinya mengemban tugas untuk menampilkan wajah bangsa yang sesungguhnya di hadapan dunia.

Dosen

Tak melulu di bidang public relation, jurusan Hubungan Internasional juga bisa merambah dunia pendidikan. Kamu bisa menjadi dosen di universitas almamater atau lainnya dengan ilmu yang didapat selama berkuliah. Pentransferan ilmu ini juga akan berguna untuk kehidupan para mahasiswa ketika mereka sudah lulus dan ingin mempraktikkan ilmu di dalam dunia kerja.

Konsultan Pendidikan

Selain menjadi dosen, peluang pekerjaan di dunia pendidikan yang lainnya adalah menjadi seorang Konsultan Pendidikan. Tugas utamanya adalah membantu para pelajar untuk memilih jurusan berdasarkan minat dan bakatnya, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Seorang Konsultan Pendidikan juga diperkenankan untuk mendukung segala aspek dalam prosedur masuk universitas, hingga mengurus tiket pesawat dan tempat tinggal.

Tak mengherankan bila pekerjaan ini menghasilkan cuan yang tak sedikit karena pelayanan privat yang diberikan. Hal ini akan sangat menguntungkanmu karena  dapat membantu orang lain, serta memberikan penghasilan yang lumayan.

Pengusaha

Salah satu fakta jurusan Hubungan Internasional yang tak dapat dipungkiri adalah program studi ini akan ‘memaksa’ para mahasiswanya untuk mengembangkan relasi sebanyak-banyaknya. Tak mengherankan bila beberapa orang yang memiliki passion di dunia bisnis akan memanfaatkannya untuk menjadi pengusaha. Perkembangan marketing juga akan lebih mudah terjamah dengan bekal ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah.

Bekerja di International Foundation

Peluang bekerja di perusahaan internasional juga cukup besar. kamu bisa menawarkan diri sebagai konsultan atau data researcher mengenai kemungkinan terget market perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu membuka peluang pasar yang lebih besar untuk International Foundation yang merekrutmu.

Menjadi Seorang Analis

Jurusan Hubungan Internasional juga sangat ramah pada bagian kementrian luar negeri dan perusahaan multinasional. Kamu bisa mengajukan diri sebagai analis yang akan menganalisis pola kerja dan menguraikan masalah perusahaan. Hal ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang masih merintis (start up) untuk memahami berbagai kemungkinan yang ada di depan mata.

Government Relations Officer

Seorang yang berprofesi sebagai Government Relations Officer, maka ia akan menjadi penghubung  dua kepentingan. Yakni lembaga yang diwakilinya dengan pemerintah daerah. Umumnya, perusahaan asing yang bergerak di Indonesia membutuhkan sosok di bagian ini sebagai salah satu mitra dan juru bicara. Terlebih bila dirinya juga memahami sistem perpolitikan yang sedang berjalan di Indonesia.

Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Lulusan dari jurusan Hubungan Internasional juga bisa menempatkan diri sebagai agen public relation. Kamu akan menjadi penghubung komunitas atau lembaga dengan pemerintah atau instansi milik negara yang lebih besar. Secara umum, lulusan HI akan lebih komunikatif dan diplomatis. Hal inilah yang akan memancing banyak projek dan kegiatan penunjang lainnya yang akan berguna untuk masyarakat di suatu wilayah tertentu.

Juru Bicara dan Penerjemah Bahasa Inggris

Salah satu prospek kerja jurusan Hubungan Internasional yang bisa dijadikan pilihan pekerjaan adalah menjadi seorang juru bicara dan penerjemah. Jika kamu memiliki bahasa Inggris yang baik, maka gunakanlah kesempatan ini untuk bisa menjadi seorang juru bicara atau instruktur dan penerjemah bahasa Inggris.

Politisi              

Berbekal materi tentang ilmu politik ketika kuliah, kamu bisa menjadi seorang poltisi saat sudah lulus. Kamu bisa terjun ke kursi DPRD atau DPR untuk menyuarakan hak-hak rakyat yang belum terlaksana. Dengan menjadi seorang politisi, kamu akan lebih dekat dengan pemerintah untuk menyampaikan aspirasi.

Berbagai prospek kerja jurusan Hubungan Internasional di atas bisa menjadi rujukanmu ketika sudah selesai kuliah.  Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Hal itu akan membuat pekerjaan yang dilakukan terasa lebih menyenangkan dan tidak menjadi sebuah beban. Dari sana, kamu akan lebih fokus untuk memberikan banyak kebermanfaatan untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *