Pembelajaran dan prospek kerja jurusan kriminologi di Indonesia sepertinya masih asing untuk dibicarakan. Sekilas terdengar mengerikan karena otak akan langsung mengasumsikan dengan pekerjaan yang berbau penjahat dan kriminalitas. Hal tersebut tak sepenuhnya salah, karena pembelajaran di dalamnya juga akan menguak sisi ilmu kriminal dilihat dari berbagai sisi kepribadian manusia. Yuk, kenalan lebih dekat dengan jurusan mentereng satu ini.

Ruang Lingkup Jurusan Kriminologi

Secara umum, kriminologi adalah gabungan dari jurusan ilmu hukum, sosiologi, psikologi, politik, dan jurnalistik. Keseimbangan pengetahuan dari beberapa materi tersebut menghasilkan salah satu jurusan baru yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang lebih luas.

Dilihat berdasarkan bahasanya, kriminologi berasal dari kata crime yang artinya kejahatan, dan logos yang artinya ilmu. Dengan demikian, kriminologi dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang mempelajari tentang kejahatan, serta aspek lain yang melingkupinya.  Kriminologi akan banyak membahas tentang korban, pelaku, bukti, interaksi, dan aspek dasar hukumnya.

Materi Pembelajaran Jurusan Kriminologi

Materi yang akan kamu pelajari di prodi ini akan sangat membantu untuk mencari prospek kerja jurusan kriminologi. Kamu akan diberikan pengetahuan tentang penelitian sosial untuk menganalisis penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, pembunuhan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum lainnya.

Mata kuliah di dalamnya akan mengupas segala hal yang tak hanya berkaitan dengan pelaku, tetapi juga dari kacamata korban. Belajar mengenai faktor pencetus kejahatan, lingkungan, dan interaksi yang terjadi pada seorang pelaku kejahatan juga menjadi hal yang menarik. Kamu akan dituntut untuk bisa mengambil benang merah dari kejadian dan tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang melanggar hukum.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dinarasikan, kamu dapat memberikan sebuah putusan yang paling bijak atas kejadian yang ada. Kamu juga akan berkesempatan untuk belajar tentang reka ulang adegan, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Pengetahuan yang berkaitan dengan kriminalitas akan dibahas lebih mendalam sebelum kamu diterjunkan langsung di masyarakat.

Prospek kerja dari jurusan kriminologi bisa mencakup semua ranah kehidupan. Maka, ilmu kriminologi sendiri akan banyak berkaitan dengan psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, antropologi, sosial, hingga jurnalistik. Kamu bahkan bisa mengembangkan ilmu ini pada berbagai sisi, bahkan hingga berbagai kejahatan yang bersifat tak terlihat seperti cybercrime, terorosme terselung, black market, hingga santet dan sejenisnya.

Dalam praktik pembelajarannya, kamu juga bisa mengambil beasiswa jurusan kriminologi bila terkendala pada biaya. Adapun konsentrasi pembelajaran yang bisa kamu fokuskan adalah sebagai berikut.

  • Cybercrime
  • Kriminologi Jurnalistik
  • Kejahatan Transnasional
  • Kepenjaraan
  • Kriminologi Teoritis
  • Industri Sekuriti
  • Penegakan Hukum

Prospek Kerja Program Studi Kriminologi

Di antara banyaknya kesempatan dan prospek kerja jurusan Kriminologi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan passion dan kapasitasmu sebagai pribadi.  Apa saja peluang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dari jurusan satu ini?

  • Lembaga Pemerintahan

Kamu bisa bekerja sebagai salah satu kriminolog di kepolisian, kejaksaan, atau pengadilan. Badan negara seperti KPK, BIN, Kemenhum, BNN, BNPT, Komnas Perempuan, Komnas HAM akan membutuhkan orang-orang dari jurusan ini. Kamu akan bersinggungan langsung dengan penjahat dan kriminal untuk melakukan analisis sosial, psikologis, dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan itu.

  • Lembaga Pendidikan

Tak hanya di lembaga resmi pemerintah saja, lowongan kerja jurusan kriminologi juga bisa bekerja pada ranah pendidikan. Baik menjadi dosen, guru, atau bahkan menjadi penyuluh dan penasihat di dalam pendidikan. Dengan modal ilmu kriminologi yang mumpuni, kamu bisa menggerakkan dirimu pada  lingkup pekerjaan yang sesuai keinginan.

  • Jurnalistik

Jika kamu menyenangi dunia tulis menulis, kamu bisa mengembangkan ilmu kriminolog sebagai jurnalis, wartawan, atau penulis. Agatha Cristie merupakan salah satu penulis kondang yang berasal dari jurusan kriminolog. Deskripsi dalam karyanya begitu apik dan menawan. Maka, kamu tak perlu ragu bila ingin menerjunkan diri di dunia jurnalis, meski bukan berasal dari jurusan sastra.

  • Lembaga Swadaya Masyarakat

Jurusan kriminologi juga akan dibutuhkan di Lembaga Swadaya Masyarakat seperti LBH, WWF Indonesia, Walhi, Green Peace, dan lainnya. Jurusan ini akan banyak dilirik karena SDM yang mempelajarinya belum terlalu banyak seperti jurusan umum lainnya seperti hukum atau kedokteran.

  • Perusahaan Manajemen Risiko

Adapun pekerjaan yang cocok untuk mengisi jabatan di perusahaan yang bergerak di dalam manajemen resiko adalah seorang analis. Pekerjaannya akan lebih fokus untuk menganalisis sebab akibat yang mungkin bisa ditimbulkan dari keputusan-keputusan perusahaan. Dengan demikian, akibat buruknya akan bisa disiasati atau dicarikan second opinion ketika berada dalam proses pemecahan masalah.

Penjelasan mengenai ruang lingkup, pembelajaran, dan prospek kerja jurusan kriminologi di atas dapat menjadi sebuah gambaran singkat. Jika kamu memang berniat untuk mempelajarinya, maka lakukanlah dengan kesungguhan. Kesuksesan akan datang pada mereka yang bersungguh-sungguh mendedikasikan diri untuk apapun hal yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *