Beragam pilihan dalam prospek kerja jurusan Psikologi, membuat jurusan ini cukup banyak diminati. Secara umum, disiplin ilmu ini banyak membahas tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Prodi ini juga meneliti setiap alur pemikiran manusia dan alasan logis dibalik setiap tindakan yang dilakukannya. Ada banyak bagian yang menjadi pengerucutan jurusan Psikologi antara lain: Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang lowongan kerja psikologi yang mungkin belum banyak kamu ketahui.

Konselor Kesehatan Mental

Menjadi konselor untuk kesehatan mental akan memperkaya dirimu dengan situasi dan kondisi orang lain. Seorang konselor kesehatan mental bertugas mengumpulkan informasi klien melalui wawancara dan observasi untuk menentukan tindakan penanganan lebih lanjut. Karena bergelut dengan psikologi, maka tentu pekerjaan ini tak lepas dari mengulik perasaan dan membuat klien lebih terbuka menyatakan apa yang ia rasakan.

Psikolog Klinis

Prospek kerja jurusan psikologi yang cukup potensial adalah menjadi Psikolog Klinis. Seorang Psikolog Klinis punya tugas sebagai berikut.

  • Berinteraksi dengan klien untuk mempertajam background dan solusi atas permasalahan yang dirasakannya.
  • Mengidentifikasi masalah kejiwaan, psikologi, emosional, dan melakukan diagnosa gangguan melalui berbagai pendekatan: wawancara, tes psikologi, catatan, dan bahan referensi.
  • Memberikan metode terapi yang tepat untuk klien. Terapi dapat berupa psikoterapi, hipnosis, terapi pengurangan stres, atau kombinasi dari beberapa terapi yang dirasa bisa memberikan dampak paling signifikan.

Psikolog Konseling

Masih berkenaan dengan identifikasi kondisi psikologis, kamu bisa bekerja sebagai Psikolog Konseling. Tugasnya adalah sebagai berikut.

  • Memberikan layanan individu atau kelompok yang bertujuan untuk mencapai pengembangan pribadi, pendidikan, sosial, dan keahlian yang sesuai dengan kapasitasnya.
  • Melakukan teknik wawancara dan pengamatan untuk mengumpulkan informasi klien.
  • Memberikan laporan terkait perkembangan klien dan rekomendasi terapi dan catatan kemajuan dalam setiap sesi.

Pewawancara (HRD)

Prospek kerja dari jurusan Psikologi bisa juga memberikan kesempatan untuk jadi pewawancara atau HRD di sebuah perusahaan atau juga sekolah. Hal ini bertujuan untuk menentukan sosok yang dicari oleh perusahaan atau sekolah yang terkait. Salah satu tugasnya adalah mengajukan pertanyaan yang nantinya akan memberikan jawaban dan informasi terkait nama orang, usia, alamat, motivasi, dan lainnya.

Setelah proses selesai, kamu bisa memberikan data rekaman yang telah dicatat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan untuk diterima atau ditolak. Aktivitas ini akan menjadi batu loncatan yang baik untuk sebuah instansi dalam menyeleksi karyawan atau calon murid baru.

Peneliti Survei

Dalam sebuah perusahaan, Peneliti Survei menjadi jabatan yang cukup penting. Tugasnya yakni merencanakan, mengembangkan, dan melakukan survei agar dapat menyajikan konten atau produk yang diminati masyarakat luas. Selain itu, seorang Peneliti Survei juga bertanggung jawab atas pangsa pasar dan tujuan survei sehingga responden bisa memberikan jawaban yang paling dicari.

Terapis Pernikahan Keluarga

Sebuah pernikahan yang sehat tentu akan memberikan kesempatan untuk suami dan istri saling bertumbuh bersama. Akan tetapi, bila hubungan sudah mengarah pada kekerasan dan toxic, disinilah Terapis Pernikahan Keluarga dibutuhkan. Di antara beberapa tugas utamanya adalah sebagai berikut.

  • Mengajukan pertanyaan yang akan membantu klien dalam mengidentifikasi perasaan dan perilaku hariannya.
  • Memberikan nasihat pernikahan dan kekhawatiran yang dialami klien sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi
  • Mendorong klien dan anggota keluarga untuk mengembangkan dan menggunakan perilaku dan kebiasaan harian sebagai sarana menuntaskan masalah yang sedang terjadi.
  • Mengimplementasikan rencana pengobatan dan sesi konsultasi klien agar hubungan dengan pasangan semakin membaik.

Dosen Psikologi

Kamu juga bisa bekerja pada instansi pendidikan sebagai dosen Psikologi. Menyalurkan hobi mengajar dan menyampaikan ilmu yang bermanfaat tentu akan memberikan kebaikan untuk mahasiswa yang berada di jurusan ini. Dengan menjadi dosen, kamu juga berkesempatan untuk memberikan pelajaran sekaligus membagi pengalaman yang sama dengan mahasiswamu.

Spesialis Anak Berkebutuhan Khusus

Di antara lowongan pekerjaan sarjana psikologi yang cukup banyak memberikan kesempatan padamu untuk lebih banyak berempati adalah menjadi seorang spesialis anak berkebutuhan khusus. Pekerjaan ini memberikan kesempatan kepadamu untuk bisa menyediakan layanan edukasi untuk para penyandang disabilitas.

Di antara tugas seorang Spesialis Anak Berkebutuhan Khusus adalah sebagai berikut.

  • Memberikan terknik instruksi yang sepadan dengan usia dan keterampilan siswa
  • Memberikan arahan dengan teknik adaptasi fisik yang berguna untuk kebugaran fisik, persepsi motorik, olah raga dan permainan.
  • Membantu menyeleksi siswa untuk penempatan program edukasi adaptasi fisik
  • Memberikan laporan dalam catatan, terkait dengan kehadiran, partisipasi, kemajuan, dan lainnya yang masih berkaitan.

Ketika kamu sudah memahami prospek kerja jurusan psikologi, kamu bisa memutuskan ranah pekerjaan yang sesuai dengan karakter dan passion-mu. Tak melulu harus menjadi psikolog, kamu bisa mengembangkan minat pada bidang lain yang masih berhubungan dengan dunia psikologi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *