Banyaknya prospek kerja lulusan Biologi, membuat jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Program studi biologi merupakan ilmu yang mendalami tentang makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan mikroba. Selain itu, program studi ini juga mempelajari tentang anatomi organisme, genetika, sel, dan lain sebagainya.

Universitas di Indonesia umumnya memiliki 2 jenis jurusan Biologi, yaitu pendidikan Biologi dan Biologi murni. Baik pendidikan maupun ilmu murni, keduanya memiliki peluang kerja yang sama-sama menjanjikan. Ada pun peluang kerja dari jurusan Biologi, yaitu sebagai berikut.

1. Ahli Biologi

Prospek kerja lulusan Biologi yang pertama yaitu sebagai ahli Biologi. Seorang ahli Biologi akan mempelajari tentang semua makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, hingga bakteri. Sebagai ahli Biologi, Kamu bisa mempelajari banyak hal tentang jutaan makhluk hidup dan hubungannya dengan alam.

Meski cakupan bidang Biologi sangat luas, namun Kamu bisa memilih pekerjaan khusus, seperti lingkup Biologi mikroskopis. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan penelitian terapan untuk perkembangan bidang industri atau kedokteran.

2. Food Scientist

Lowongan kerja lulusan Biologi selanjutnya yaitu sebagai food scientist. Pekerjaan sebagai food scientist berperan penting dalam proses pembuatan makanan, seperti mempelajari kerusakan makanan, hingga pengolahan makanan. Selain itu, tugas seorang food scientist juga menentukan nutrisi makanan serta melakukan analisa kandungan yang ada di dalam makanan.

Food scientist juga bertugas menemukan cara terbaik untuk pengolahan, pengawetan, pengemasan, dan distribusi makanan. Bahkan Kamu juga harus mampu memastikan bahwa produk makanan tersebut memenuhi standar kualitas dan nilai gizi sesuai prosedur. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Kamu yang senang dengan ilmu dan proses pembuatan makanan.

3. Penulis

Prospek kerja bagi lulusan Biologi selanjutnya yaitu sebagai penulis. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki hobi menulis dan ingin berkarir sebagai penulis lepas atau jurnal ilmiah. Kamu bisa menulis berbagai topik yang berkaitan dengan mata kuliah jurusan Biologi, kemudian mengirimkannya di majalah sains atau konten website.

Sebagai penulis, Kamu bisa melakukan penelitian, menulis, dan menyunting berbagai tulisan ilmiah untuk publikasi bisnis maupun jurnal ilmiah. Jika ingin bekerja sebagai penulis, pastikan untuk menggunakan bahasa jelas dan akurat, sehingga mudah dipahami orang awam.

4. Ahli Biokimia

Ahli Biokimia atau Biochemist merupakan salah satu pekerjaan yang cocok bagi lulusan Biologi. Ahli biokimia merupakan salah satu pekerjaan yang mempelajari serta mengeksplorasi proses kimia pada makhluk hidup.

Sebagai ahli biokimia, Kamu bisa bekerja di berbagai tempat, misalnya di industri. Saat berada di bidang industri, ahli biokimia bisa bekerja untuk pengoptimalan produk di berbagai industri, seperti industri makanan, media, hingga laboratorium.

5. Ahli Botani

Ahli botani merupakan salah satu peluang pekerjaan bagi lulusan Biologi. Seorang ahli botani akan mempelajari segala macam aspek yang berkaitan dengan tumbuhan. Misalnya mempelajari proses fisiologis tumbuhan, sejarah evolusi, hingga hubungan tanaman dengan lingkungan.

Selain mempelajari tentang tumbuhan, Kamu juga bisa mempelajari pertanian untuk bahan makanan, seperti mempelajari bahan bakar, serat, dan lain sebagainya. Sebagai ahli botani, Kamu juga bisa fokus mempelajari hama dan penyakit pada tumbuhan, serta variasi iklim.

6. Konselor Genetik

Prospek kerja lulusan Biologi selanjutnya yaitu sebagai konselor genetik. Konselor genetik merupakan salah satu pekerjaan yang harus memiliki pendidikan khusus dalam bidang genetika dan konseling. Hal ini karena pekerjaan sebagai konselor genetik bertujuan memberikan bantuan personal yang diperlukan pasien untuk membuat keputusan kesehatan genetik.

Agar bisa mendapatkan pekerjaan ini, Kamu harus melakukan pelatihan terkait genetika medis dan konseling. Biasanya pekerjaan ini seringkali bekerja sama dengan ahli kesehatan, dokter kandungan, dan lain sebagainya.

7. Asisten Laboratorium

Prospek pekerjaan bagi lulusan Biologi selanjutnya yaitu sebagai asisten laboratorium. Asisten laboratorium berperan dalam membantu peneliti atau ilmuwan selama melakukan uji lab dan eksperimen. Seorang asisten laboratorium bisa bertugas menyiapkan eksperimen yang diperlukan oleh ilmuan atau peneliti.

8. Guru/Dosen

Prospek kerja selanjutnya yaitu sebagai seorang guru atau dosen. Jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki minat untuk mengajar. Kamu bisa memilih menjadi dosen di berbagai universitas negeri atau swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Agar bisa menjadi guru, biasanya syarat yang diperlukan yaitu lulusan S1. Sedangkan untuk dosen diperlukan persyaratan pendidikan minimal S2.

9. Pengusaha

Prospek kerja bagi lulusan Biologi selanjutnya yaitu menjadi pengusaha. Namun agar bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses, tentu diperlukan kerja keras dan pantang menyerah. Bahkan Kamu juga harus siap jika mengalami kegagalan.

Kamu bisa membuka peluang bisnis baru yang berhubungan dengan ilmu Biologi, seperti membuat budidaya tanaman. Selain itu, Kamu juga bisa membuka peluang bisnis yang tidak berkaitan dengan Biologi, seperti membuka bisnis online, kuliner, dan lain sebagainya.

Terdapat berbagai prospek kerja lulusan Biologi yang menjanjikan, mulai dari ahli Biologi hingga pengusaha. Banyaknya pilihan prospek kerja tentu semakin memudahkan Kamu dalam memilih pekerjaan sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *