Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi di masa sekarang sangat dibutuhkan. Hal ini karena komunikasi di era digital terus mengalami perkembangan. Bahkan, media komunikasi menjadi tindakan yang penting dalam menyampaikan informasi secara cepat. Biasanya, seorang lulusan komunikasi mempunyai peluang besar di bidang periklanan dan jurnalistik.

Namun, saat ini seorang lulusan ilmu komunikasi bisa bekerja selain dua bidang di atas. Bagi kamu yang merasa tertarik dengan ilmu komunikasi, berikut beberapa prospek kerjanya. Hal ini membantu kamu agar tidak salah mengambil jurusan.

1. Sebagai Presenter

Salah satu peluang kerja bagi kamu yang lulusan ilmu komunikasi adalah presenter. Profesi ini dinilai sangat menyenangkan, karena kamu hanya perlu membawakan acara. Entah dalam bentuk yang formal atau pun non formal. Apalagi jika kamu berniat untuk terjun dalam dunia hiburan, maka kamu bisa memilih menjadi presenter televisi.

Profesi ini pun sangat diminati karena kamu bisa populer secara tidak langsung. Terlebih jika acara yang kamu bawakan sangat berkesan bagi penonton. Selain itu, profesi presenter menjadi prospek kerja yang didambakan.

2. Public Relation

Profesi yang bisa kamu lakoni saat lulus nanti adalah public relation. Profesi ini sering disebut sebagai hubungan masyarakat. Fungsinya adalah menjadi penghubung antara masyarakat luas dengan beberapa instansi. Tugas utama dari public relation adalah membawa perusahaan agar dapat dikenal oleh publik.

Ada beberapa media yang biasanya digunakan oleh public relation, seperti media sosial, internet, dan pernyataan pers. Selain itu, profesi ini memiliki peranan penting dalam menyelenggarakan event.

3. Sutradara

Pekerjaan lulusan ilmu komunikasi yang menarik adalah sutradara. Bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia tersebut, maka kamu bisa kuliah di jurusan ilmu komunikasi. Menjadi seorang sutradara, gaji yang akan kamu peroleh tentu sangat besar. Namun, tugasnya pun lumayan berat.

Seorang sutradara bertugas mengarahkan saat proses pembuatan film sesuai skenario. Dengan kata lain, sutradara bertanggung jawab atas jalannya proses produksi film. Bahkan, sutradara menjadi penentu apakah film tersebut bagus atau tidaknya. Melihat tanggung jawab tersebut, tentunya sebanding dengan penghasilan yang diterima.

4. Event Organizer

Salah satu lowongan kerja ilmu komunikasi dengan gaji yang menjanjikan adalah event organizer. Seorang EO biasanya mengadakan beragam jenis event. Namun, jika kamu pribadi yang introvert, sepertinya profesi ini terbilang kurang cocok. Karena menjadi seorang EO, kamu membutuhkan banyak relasi.

Selain itu, kamu harus teliti dalam memuaskan klien. Kamu juga harus paham bagaimana melayani klien, vendor, dan tamu undangan. Profesi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka terjun dalam organisasi. Kamu juga bisa memperbanyak portofolio dengan sering mengurus event.

5. Business Analyst

Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang masih jarang diketahui adalah business analyst. Profesi ini mempunyai tugas untuk melalukan analisa terhadap pasar. Selain itu, seorang business analyst akan mengukur efektivitas produk dan melakukan monitor data sesuai kebutuhan bisnis.

Dengan kata lain, seorang business analyst akan membuat produk terjuak secara efektif. Melakukan analisa dan riset, membantu kamu untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pada konsumen. Ada beberapa ilmu yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi profesi ini, seperti teknologi, finansial, sampai budgeting.

6. Penyiar Radio

Apakah kamu pernah ingin menjadi seorang penyiar radio? Jika iya, maka kamu bisa berkuliah di jurusan ilmu komunikasi. Prospek kerja yang satu ini terbilang sangat menarik untuk kamu coba. Namun, menjadi seorang penyiar radio harus membutuhkan skill komunikasi yang menarik.

Alhasil, kamu bisa membawakan acara dengan baik dan tidak membosankan. Tidak hanya itu saja, kamu harus mempunyai skill yang bisa memberikan rasa nyaman kepada para pendengar.

7. Wartawan

Salah satu prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang banyak dicoba adalah wartawan. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan berita atau kisah seseorang. Menjadi seorang wartawan harus berani dalam mencari kebenaran. Itulah risiko sekaligus tantangan dari seorang wartawan.

Seorang wartawan harus mempunyai skill dalam menulis, berbicara, dan beradaptasi dengan lingkungan. Kamu bisa memilih untuk menjadi wartawan infotainment atau wartawan berita di media online.

8. Layanan Konsumen

Profesi yang cukup besar peluangnya bagi kamu yang lulusan ilmu komunikasi adalah layanan konsumen. Kamu harus mempunyai kesabaran tinggi untuk menjadi seorang layanan konsumen. Karena kamu harus menghadapi berbagai macam pelanggan yang kadang bisa membuat kita emosi.

Selain itu, seorang layanan konsumen harus bisa membuat pelanggan merasa dihargai saat mengajukan komplain. Dengan kata lain, kamu harus mempunyai rasa empati yang besar. Kamu juga harus mengetahui apa layanan yang kamu berikan kepada konsumen secara menyeluruh.

Dari 8 prospek kerja lulusan ilmu komunikasi di atas bisa kamu coba dari sekarang. Kamu bisa memilih profesi yang benar-benar sesuai dengan diri kamu. Jadi, sudahkah kamu menentukan ingin menjadi apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *