Banyak orang beranggapan bahwa prospek kerja peternakan hanya berkisar pada ternak hewan atau sejenisnya. Padahal ada berbagai peluang pekerjaan lain dari jurusan peternakan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa seluk beluk tentang jurusan peternakan dan peluang kerja yang bisa kamu peroleh ketika belajar di program studi satu ini.

Apa itu Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan merupakan salah satu cabang ilmu pertanian yang fokus pada hewan ternak dan pemanfaatannya untuk manusia. Ketika masuk jurusan ini, kamu akan diberikan pengetahuan tentang pengolahan daging, susu, telur, dan produk lainnya yang berasal dari hewan ternak.

Materi dasar di jurusan ini juga berkaitan dengan pembuatan kandang untuk hewan. Bagaimana ukuran yang tepat sehingga para hewan ternak merasa nyaman. Setelah belajar pada tingkat dasar, kamu akan diajak untuk belajar tentang nutrisi untuk hewan ternak: Nutrisi Ternak, Bahan Pakan dan Pemberian Ransum, dan Teknologi Pakan Modern.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang unggas dan ruminansia (sapi dan domba): Produksi Domba dan Kambing, Produksi Ternak Unggas, Produksi Sapi dan Kerbau, Produksi Ternak Perah, dan Bangunan dan Peralatan Peternakan.

Peluang Kerja Jurusan Peternakan

Kamu akan berkesempatan mendapatkan lowongan kerja jurusan peternakan sebagai berikut.

1. Bekerja di Perusahaan Pakan Ternak

Kesempatan pekerjaan yang bisa kamu rasakan yakni di perusahaan pakan ternak. Dengan ilmu yang sudah dipelajari di jurusan peternakan, kamu akan memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai takaran yang pas untuk dijadikan pakan ternak tertentu.

2. Bekerja di Perusahaan Obat untuk Hewan

Prospek kerja peternakan selanjutnya yakni kamu bisa berkecimpuk di perusahaan obat untuk hewan. Meski sekilas seperti jurusan farmasi, tetapi kamu tetap bisa masuk ke bagian satu ini karena sebagai lulusan peternakan kamu juga memiliki ilmu mumpuni di dalamnya. Jadi, tak selalu bergelut dengan ternak-ternak di kandangnya, bukan?

3. Bekerja di Industri Pengolahan Limbah

Kamu juga bisa bekerja di bagian industri pengolahan limbah yang berasal dari hewan ternak. Kamu berkesempatan untuk melakukan pengolahan limbah hewan ternak menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, tanpa melukai lingkungan. Gaji untuk pekerjaan ini juga cukup menggiurkan untuk diperoleh.

4. Bekerja di Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan peternakan yang membuka tangan lebar untuk para lulusan jurusan ini. Kamu bisa bergabung dengan Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, dan lainnya. Dengan mendaftar CPNS dan lolos, peluangmu menjadi ASN bergaji tetap akan semakin besar.

5. Animal Fisiotheraphys (Fisioterapi Hewan)

Seorang ahli fisioterapi hewan menjadi salah satu pekerjaan yang sangat penting di dunia perawatan hewan. Mulai dari penyembuhan sendi atau tulang belakang, hingga rehabilitasi selepas patah tulang. Sebagai ahli fisioterapi hewan, kamu akan lebih banyak berkontak langsung dengan hewan peliharaan, hewan ternak atau hewan peliharaan eksotis seperti kucing dan anjing ras.

Kamu bisa mengkhususkan diri untuk mengisi lowongan prospek kerja jurusan peternakan yang condong pada hidroterapi atau fisioterapi. Termasuk di dalamnya menangani penyembuhan hewan kecil, hewan besar, kuda, dan pengendaranya. Pekerjaan ini tentu juga menjadi peluang menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan.

6. Instansi Pendidikan

Suka pada hewan dan suka mengajar adalah kombinasi yang pas untuk menjadi tenaga pengajar. Baik sebagai guru SMK maupun dosen. Kamu akan banyak memberikan ilmu dan pengetahuan di lapangan bersama murid atau mahasiswamu. Pentransferan ilmu ini tentu akan berdampak baik untuk kehidupan para pembelajar tersebut di masa yang akan datang.

7. Wirausaha

Jurusan peternakan jadi bisnisman? Tak ada yang salah dan itu sangat wajar dilakukan. Prospek kerja peternakan tak hanya terbatas di dalam industri, tetapi juga di luar industri.  Kamu bisa mengembangkan ilmu dengan membuat kesempatan kerja yang baru untuk orang lain seperti usaha peternakan, usaha pakan ternak atau lainnya yang masih linier di jalur satu ini.

8. Bekerja sebagai Seorang Peneliti

Meski banyak bekerja di lapangan selama perkuliahan, tak ada larangan untuk menjadi seorang peneliti dari lulusan peternakan. Kamu justru bisa mengembangkan ilmu dengan inovasi baru yang akan bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti akademis yang mengembangkan ilmu dan menuliskannya melalui jurnal.

9. Bekerja sebagai Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan

Pekerjaan satu ini lebih khusus karena kamu bisa melakukan inseminasi buatan pada hewan ternak tertentu dengan peralatan canggih. Kesempatan kerja sebagai lulusan jurusan peternakan satu ini tak bisa dimasuki sembarang orang. oleh karena itu, pekerjaan ini cukup bergengsi dan menghasilkan cuan yang cukup tinggi.

Seluk-beluk program studi dan prospek kerja peternakan seperti yang sudah dijelaskan di atas semoga bisa membuka matamu lebih lebar. Bahwasanya jurusan ini tak sekadar angon dan memeliharan hewan ternak saja. Semua hal yang dipelajari di dalamnya akan sangat berguna untuk para mahasiswa dalam mengembangkan dirinya di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *