Prospek kerja lulusan psikologi ternyata cukup tinggi di masa sekarang. Seiring perkembangan zaman, mental masyarakat semakin mudah rapuh. Hal ini karena persaingan yang semakin kuat dan dituntut untuk menjadi manusia sempurna. Tidak heran jika lulusan psikolog banyak dicari saat ini.

Seseorang yang pernah berada di jurusan tersebut mempunyai kemampuan dalam menganalisis perilaku dan kepribadian manusia. Selain itu, ada beberapa jenis pekerjaan yang siap menanti lulusan psikologi. Jika kamu salah satunya, berikut beberapa prospek kerja di bidang psikolog.

Dosen atau Pengajar

Bagi kamu yang merupakan lulusan psikolog dan suka membagikan ilmu, maka kamu bisa menjadi dosen atau pengajar. Kamu bisa memilih untuk berkarier di perguruan tinggi yang populer. Namun, untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu membutuhkan studi jenjang yang lebih lanjut.

Paling tidak, kamu harus menempuh minimal pendidikan S2. Bahkan, beberapa universitas memberi syarat minimal pendidikan mencapai S3. Jadi, kamu bisa melihat kampus favorit menyediakan studi minimal berapa agar kamu bisa menjadi dosen di sana.

Music Therapist

Salah satu mata kuliah jurusan psikologi yang jarang diketahui adalah music therapist. Bagi kamu yang suka bermain alat musik, maka karier ini akan sangat cocok. Seorang music therapist mempunyai tugas untuk memberi perubahan positif untuk emosional dan komunikasi. Hal tersebut dilakukan melalui interaksi musik secara langsung.

Biasanya, terapi musik akan menggunakan berbagai macam instrumen. Contohnya seperti suara dan musik yang diimprovisasi. Adanya alat musik bisa membuat pasien membentuk bahasa musik tersendiri. Cara ini juga dinilai ampuh untuk mengekspresikan diri dan membantu emosi mengungkapkan secara verbal.

Psikiater

Salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu yang lulus jurusan psikologi adakah psikiater. Ilmu ini menjadi prospek dan peluang bagi profesi dokter yang mempunyai spesialisasi dalam mengatasi gangguan mental. Biasanya psikiater dapat mengatasi masalah jiwa yang ringan sampai persoalan yang berat.

Bagi kamu yang suka dan berasal dari dunia kedokteran dan ingin belajar psikologi, maka karier ini sangat cocok. Kamu juga harus tahu tentang obat-obatan, metode yang tepat untuk setiap pasien, dan terapi yang harus dilakukan.

Headhunter

Pernahkah kamu mendengar profesi headhunter? Profesi tersebut menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan psikologi yang sedang populer. Tugas dari profesi tersebut adalah melakukan perekrut pekerjaan. Jadi, seorang headhunter akan membantu perusahaan dalam mendapatkan calon karyawan yang berkualitas.

Headhunter harus bisa mencari orang dengan pribadi berkualitas melalui beberapa wawancara. Biasanya, headhunter akan menawarkan jasa pencarian pegawai yang tanggung jawabnya sesuai kebutuhan perusahaan. Lulusan yang bekerja sebagai profesi ini mampu menghasilkan gaji kisaran 10 juta setiap bulannya, lho.

Konselor

Salah satu prospek kerja psikologi S1 yang menarik untuk dicoba adalah konselor. Seorang konselor mempunyai tugas untuk memberikan konseling kepada klien. Biasanya, karier ini akan dibutuhkan oleh perusahaan untuk diberikan pada karyawan. Selain itu, konselor bisa berkarier si Lembaga Swadaya Masyarakat.

Kamu bisa menangani konseling yang berkaitan dengan manusia, mulai dari anak sampai orang dewasa. Seseorang yang bekerja sebagai konselor bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 15.000.000 setiap bulan. Namun, kamu membutuhkan pengalaman kerja mencapai 3-5 tahun untuk mendapat penghasilan tersebut.

Human Resources Development

Pekerjaan yang banyak dicari dari lulusan psikologi adalah HRD. Profesi ini adalah bagian dari perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Selain itu, HRD mempunyai beberapa sebutan lain. Contohnya seperti Human Capital, Human Resources, dan Human Resources Management.

Ada beberapa bidang yang terbagi dalam HRD, yakni HR Operation, Training and Development, Recruitment, dan lain sebagainya. Gaji yang kamu dapatkan dari penghasilan ini pun terbilang tinggi dan cukup menjanjikan.

Terapis Anak Kebutuhan Khusus

Pekerjaan untuk lulusan psikologi yang bisa kamu pilih adalah terapis anak kebutuhan khusus. Contohnya adalah anak yang mengalami autis. Kamu bisa bekerja di LSM atau sekolah khusus untuk membantu anak-anak. Mengamati perkembangan anak dan meningkatkan kemandiriannya merupakan tugas penting dari seorang terapis.

Namun, untuk menjadi seorang terapis, kamu membutuhkan kesabaran dan kepedulian yang tinggi. Kamu juga bisa membantu anak dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya untuk menjadi manusia.

Psikolog Forensik

Pernahkah kamu mendengar profesi psikolog forensik? Lulusan psikolog juga dibutuhkan dalam bidang hukum dan ketahanan. Biasanya, psikolog ini berkaitan untuk membantu penyelidikan dan interogasi tersangka.

Kamu dituntut untuk jeli dalam melakukan pengamatan terhadap perilaku tersangka. Namun, lebih baik jika kamu sudah S2 saat bekerja di bidang ini. Karena kamu perlu melalukan analisa yang mendalam agar mendapat hasil maksimal.

Prospek kerja lulusan psikologi di atas bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, minat, dan kemampuan. Pilihlah karier yang cocok dan kamu sukai. Jadi, manakah karier yang akan kamu pilih setelah lulus psikologi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *