Prospek kerja manajemen keuangan di masa sekarang terbilang cukup tinggi. Program studi tersebut mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya secara efektif. Lulusan ini akan terus dibutuhkan, mengingat banyaknya perusahaan yang terus bermunculan.

Seorang manajemen keuangan bukan hanya bekerja mengatur keuangan, tapi juga bisa yang lain. Terlebih mata kuliah jurusan tersebut juga beragam, seperti perpajakan, hukum bisnis, statistik, sampai perdagangan internasional. Bagi kamu yang lulusan manajemen keuangan, kamu tidak perlu khawatir soal pekerjaan. Berikut beberapa prospeknya yang banyak dicari.

Sebagai Dosen

Salah satu prospek kerja yang cukup besar peluangnya adalah menjadi dosen atau tenaga pendidik. Kamu bisa bekerja di bidang tersebut jika kamu mempunyai kualifikasi yang bagus. Jika kamu menginginkan gaji yang tinggi, maka kamu harus meningkatkan kualitas terlebih dahulu.

Meski tidak terlalu besar, tapi keuntungan dari profesi ini adalah mendapat banyak tunjangan. Terlebih jika kamu memilih menjadi dosen. Akan banyak prospek pekerjaan yang menggiurkan dan bisa kamu dapatkan.

Menjadi Manajer Keuangan dan Manajer SDM

Prospek kerja manajemen keuangan dan SDM terbuka lebar. Hal ini karena banyaknya perusahaan besar yang terus bermunculan. Apalagi di era digital, di mana bisnis menjadi hal nomor satu. Tidak heran jika profesi ini mampu mendatangkan banyak keuntungan. Kamu bisa mendapat gaji puluhan juta dalam setiap bulannya. Menggiurkan, bukan?

Menjadi Konsultan

Jika kamu lulusan manajemen keuangan, maka salah satu profesi yang bisa kamu incar adalah konsultan. Saat ini profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan organisasi besar. Secara umum, seorang konsultan akan memberikan audit kepada klien dan memberikan rekomendasi saat melakukan perbaikan.

Sementara tugas lainnya seorang konsultan adalah meningkatkan kinerja dalam dunia bisnis. Mereka juga harus memecahkan masalah dan memberikan saran terbaik. Seorang konsultan akan dibutuhkan dalam berbagai sektor pekerjaan. Mulai dari sektor keuangan, sektor pemasaran, sektor sumber daya manusia, dan masih banyak lagi.

Accounting Manager

Prospek kerja akuntansi yang menarik untuk dicoba adalah accounting manager. Seorang accounting manager mempunyai tugas untuk memastikan tidak ada masalah terhadap keuangan perusahaan. Selain itu, accounting manager mempunyai tugas khusus, yaitu menyiapkan laporan keuangan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memperkirakan kebutuhan finansial perusahaan, mengelola akun, dan melakukan dokumentasi untuk perpajakan. Biasanya, accounting manager akan bekerja sama dengan akuntan. Melihat dari job desk-nya, tidak heran gaji seorang accounting manager sangat tinggi.

Financial Analyst

Salah satu prospek kerja lulusan manajemen keuangan yang masih jarang diketahui adalah financial analyst. Biasanya, profesi ini dibutuhkan dari sektor industri, keuangan, sampai perbankan. Hal inilah yang membuat profesi tersebut terbuka lebar untuk kamu lulusan manajemen keuangan.

Sebagai seorang financial analyst, tugas kamu adalah melakukan pemodelan keuangan dan melakukan kolaborasi bersama bagian akuntansi. Tujuannya untuk memastikan bahwa laporan keuangan sudah akurat. Skill yang harus kamu miliki adalah analitik agar mudah dalam mengumpulkan data yang kuat.

Marketing Executive

Kamu menyukai dunia pemasaran? Jika iya, kamu bisa mencoba menjadi marketing executive. Kamu bisa dengan bebas memilih karier yang sesuai. Entah itu di perusahaan, di pemerintahan, di manufaktur, dan lain sebagainya. Tugas dari seorang marketing executive adalah memaksimalkan penjualan dalam mempromosikan suatu produk.

Selain itu, marketing executive mempunyai tanggung jawab dalam mengembangkan strategi penjualan sesuai kebutuhan pelanggan. Tentunya tujuan dari tugas tersebut adalah mencapau target dan mengawasi campaign pemasaran. Biasanya, job desk ini akan bekerja sama dengan marketing, penjualan, produksi, riset pasar, dan distribusi.

Cost Lawyer

Salah satu prospek kerja manajemen keuangan yang unik adalah cost lawyer. Cost lawyer adalah pengacara yang tugasnya memastikan hubungan bisnis dapat berjalan dengan baik. Alhasil, biaya hukum bisa dibebankan dengan tepat. Tugas dari seorang cost lawyer juga bervariasi.

Mulai dari memberikan nasihat, memberikan perkiraan biaya, dan memberikan rincian terkait anggaran yang harus diperhatikan. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai dunia hukum sekaligus dunia marketing.

Front Officer Bank

Kamu suka atau mempunyai cita-cita kerja di bank? Jika iya, maka kamu bisa memilih menjadi seorang front officer. Contoh profesi ini adalah teller atau customer service. Saat ini bank mempunyai daya tarik dan minat tinggi dalam masyarakat. Terlebih dalam dunia bisnis. Alhasil, pekerjaan ini akan terus dicari dan tidak pernah mati.

Recruiter

Seorang lulusan manajemen keuangan juga bisa menjadi recruiter. Profesi ini mulai terus meningkat dan dipertimbangkan dalam perusahaan. Bagi kamu yang menyukai hal tentang manajemen sumber daya manusia, profesi ini sangat cocok untuk dicoba. Namun, profesi ini terbilang agak sulit karena harus bersaing ketat dengan jurusan psikologi.

Itulah beberapa prospek kerja manajemen keuangan yang menarik dan masih jarang diketahui. Kamu bisa memilihnya berdasarkan minat dan risiko yang diterima agar pekerjaan terasa menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *