Protective service memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk memastikan keamanan masyarakat dan properti dalam berbagai kondisi dan situasi. Pilihan karir di bidang jurusan tersebut juga sangat banyak, baik dalam lini pemerintah pusat, pemerintah kota, dan lainnya.

Jurusan kuliah yang satu ini dapat memberikan pengalaman yang luar biasa terutama dalam segi keamanan di segala sektor.

Mengenal Jurusan Protective Service

Program studi keamanan ini dirancang secara cermat terutama bagi mahasiswa yang ingin belajar jurusan tersebut untuk kepentingan karir sebagai pemadam kebakaran, polisi, paramedis, dan lainnya.

Pendidikan dalam sistem keamanan dan perlindungan menjadi hal utama dalam jurusan ini. Kamu juga memperoleh pelatihan dalam bidang khusus. Sehingga, setelah lulus nanti diharapkan kamu akan memperoleh karir yang menjanjikan. Misalnya dengan menjadi seorang petugas keamanan, petugas polisi, investigator pribadi, dan lainnya.

Apa Saja yang Dipelajari?

Selama kuliah prodi protective service, maka kamu akan belajar tentang keamanan internasional, analisis kebijakan asing dan pertahanan, hukum internasional, dan mempelajari keamanan di berbagai tempat.

Kamu juga akan belajar mengembangkan skill dalam menyelesaikan masalah, bagaimana menciptakan kedamaian, dan bagaimana menjadi seorang profesional di bidang keamanan serta pertahanan.

Jurusan kuliah ini juga mempelajari tentang bagaimana memberikan pelayanan pada komunitas, individu, serta perusahaan yang membutuhkan perlindungan untuk properti dalam menghadapi kegiatan illegal termasuk pencurian, kebakaran, terorisme, dan vandalisme.

Mengapa Protective Service?

Mahasiswa yang mengambil jurusan keamanan khusus, tentu akan menjadi spesialis, misalnya di bidang teknologi atau bisnis. Umumnya, mahasiswa lulusan S1 di bidang ini sudah sering mengikuti pelatihan, sehingga bisa memiliki karir yang menjanjikan.

Untuk seorang petugas, sangat mungkin untuk memulai bisnis sendiri, misalnya dengan menjadi spesialis dalam mengidentifikasi tindak pencurian, atau mengadakan investigasi pribadi. Permintaan untuk security guard dan lainnya di bidang keamanan juga terus meningkat.

Bidang keamanan sendiri tidak akan pernah surut bahkan dalam beberapa tahun mendatang, hal ini menjadikan bidang keamanan memiliki prospek kerja yang cukup baik.

Perkuliahan

Selama kuliah, kamu mungkin juga memiliki peluang untuk mengembangkan skill, kualitas, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk direkrut langsung oleh lembaga keamanan. Atau, kamu juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kamu juga akan langsung belajar dibawah pengawasan para pendidik profesional dengan latar belakang berbeda. Perkuliahan juga berlangsung dengan berbagai pelatihan, atau juga seminar dengan pembicara pakar bidang tertentu.

Mahasiswa jurusan protective service juga dapat mengikuti perjalanan, baik itu internasiona atau internasional, dalam bentuk ekspedisi, boot camps, simulasi darurat, latihan tengah laman, dan lainnya. Sehingga, dapat membentuk skill yang relevan untuk industri tersebut.

Prospek Kerja dan Karir

Karena bidang yang satu ini akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang, maka prospek karir di bidang ini juga cukup baik. Berikut adalah peluang kerja dan karir bagi mahasiswa yang mengambil jurusan protective service:

  • Polisi
  • Pemadam kebakaran
  • Petugas Keamanan
  • Mediator
  • Konsiliator
  • Investigator atau detektif
  • Agen penegakan hukum
  • Petugas pengawasan
  • Petugas pemeriksa imigrasi dan bea cukai
  • Analis keamanan informasi
  • Analis intelijen
  • Petugas patroli
  • Manajer keamanan
  • Spesialis manajemen keamanan

Beberapa karir dan profesi dapat memberikan persyaratan yang berbeda. Misalnya, mahasiswa dengan jenjang pendidikan S1 jurusan ini akan lebih mudah diterima dibandingkan mahasiwa yang hanya lulusan SMA ketika ingin melamar menjadi seorang polisi.

Kesimpulan

Jurusan protective service merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin bekerja dalam berbagai bidang keamanan dengan gaji yang bervariasi, sesuai jabatan. Semakin tinggi pendidikan dan pengalaman kamu di bidang keamanan, maka semakin menjanjikan karir yang kamu miliki nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *