Psychology sepertinya menjadi salah satu jurusan yang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti dari banyaknya peminat jurusan ini dari tahun ke tahun. Secara sederhana, jurusan ini akan mempelajari seorang manusia berdasarkan individunya. Sebab, tidak ada manusia yang sama persis dalam ilmu psikologi.

Dalam jurusan ini, manusia dianggap unik. Hal ini terbukti dari bedanya respon yang keluar bahkan ketika diberikan stimulus yang sama. Nah, jika tertarik dengan jurusan ini, kamu perlu tahu beberapa hal.

Mengenal Jurusan Psychology

Psychology sendiri adalah suatu disiplin ilmu mengenai penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Di jurusan ini, tidak hanya menjelaskan apa yang dilakukan manusia dan bagaimana mereka berperilaku. Namun, juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan setiap individu.

Jurusan ini akan mempelajari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif dan hubungan interpersonal, teori dan informasi psikologi seringnya digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas.

Psychology sendiri telah banyak mengeksplorasi teori, mulai dari fungsionalisme, psikoanalisa dan kognitivisme.

Apa Saja yang Dipelajari?

Ada cukup banyak mata kuliah yang akan kamu terima selama masa kuliah di jurusan Psychology. Meski setiap kampus menerapkan mata kuliah yang berbeda, namun secara umum ada beberapa mata kuliah yang akan didapatkan, seperti misalnya Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Kontruksi Alat Ukur, Psikologi Klinik, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Trauma dan Bencana, Psikologi Abnormal, Psikologi Pedidikan, Psikometri, Psikodiagnostika.

Mengapa Psychology?

Para lulusan Psychology memiliki fungsi asesmen yang kuat sehingga dianggap mampu memetakan personil berdasarkan potensi dan karakternya.

Sebagai lulusan Psychology, kamu bisa bergabung dengan consulting firm atau mendirikan perusahaan jasa konsultan psikologi dan menjadi HR Consultant di sana. Di luar peran sebagai HR Consultant, kamu juga bisa mengisi berbagai pelatihan pengembangan karir dan sebagainya.

Berbagai institusi pemerintah umumnya juga membutuhkan para lulusan ini untuk menjadi bagian personalia yang mengelola SDM mereka.

Perkuliahan

Kuliah selama 3 atau 4 tahun di jurusan Psychology akan membuat kamu terbiasa melihat manusia dari sudut pandang yang berbeda. Selama masa kuliah, kamu diharapkan dapat mengasah kepekaan dan intuisi karena akan sangat berguna saat kamu melakukan asesmen nantinya.

Kamu juga dituntut untuk memiliki rasa toleransi yang tinggi dan kemauan untuk menghargai sesama manusia apapun dan bagaimanapun kondisi mereka. Kemampuan ini dianggap penting saat kamu berhubungan dengan subjek atau klien nantinya.

Prospek Kerja dan Karir

Meski sebagian orang berpikir bahwa lulusan dari Psychology hanya bisa bekerja sebagai HR di sebuah perusahaan atau psikolog. Nyatanya, jurusan ini membuka prospek kerja yang cukup banyak. Berikut daftarnya!

  • Konsultan psikologi
  • Peneliti psikologi
  • Ahli psikometri
  • Terapis
  • Trainer
  • Konselor
  • Konsultan karir
  • Perawat kesehatan mental
  • Psikolog klinis
  • Research and Development

Kesimpulan

Pada jurusan Psychology, kamu tidak hanya belajar mengenai perilaku setiap individu namun juga perilaku mental mereka. Kamu akan mampu untuk memetakan potensi setiap orang beserta karakter mereka.

Prospek kerja di jurusan ini tidak hanya sebatas psikolog atau bagian HR di perusahaan, banyak prospek kerja lain yang bisa kamu jalani setelah lulus dari jurusan Psychology.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *