Jika berbicara tentang indikator dalam penilaian SNMPTN, maka tidak bisa lepas dari beberapa faktor, tidak termasuk indeks sekolah, PTN dapat melihat prestasi siswa dari poin berikut:

  • Nilai rapor, meliputi berapa nilainya, konsistensinya, dan rata-rata nilai rapor untuk SNMPTN.
  • Prestasi, meliputi piagam tingkat nasional, internasional, kabupaten, propinsi, atau tidak ada prestasi.

Pertanyaan yang paling umum adalah berapa rata-rata nilai untuk lulus SNMPTN? Kebanyakan siswa bisa lulus SNMPTN jika nilai semester 1 berada pada interval 80-85, sedangkan pada semester 5 nilainya pada interval 85-90. Agar bisa mencari tahu berapa nilai rata-rata nilai rapor, maka kamu harus cari nilai mean.

Pelajar dengan nilai naik turun juga bisa lulus SNMPTN, asalkan hanya satu atau dua mata pelajaran saja yang naik turun atau stagnan. Sangat disarankan agar grafik nilai rapor meningkat selama tiga tahun.

Prestasi Siswa

Selain rata-rata nilai untuk pendaftaran SNMPTN, kamu juga wajib memperhatikan faktor prestasi siswa. Prestasi di dalam atau di luar sekolah adalah tambahan poin. Kamu hanya diperbolehkan upload tiga piagam saja ketika mendaftar SNMPTN.

Apakah piagam adalah hal wajib seperti halnya nilai rapor? Menurut sebuah survey tahun 2016, banyak siswa SNMPTN bisa lulus seleksi tanpa upload piagam, bahkan persentasenya 50% lebih.

Hal tersebut wajar apalagi jika memang seluruh siswa yang tidak mencantumkan piagam bisa lulus seleksi karena jebolan sekolah berkualitas tinggi, memiliki track record bagus, sehingga nilai rapor saja sudah cukup.

Jadi, kalau sekolah kamu punya track record yang biasa, gunakan piagam sebagai bukti tambahan bahwa walaupun kamu dari sekolah biasa, anak-anak jebolan sekolah kamu punya prestasi!

Apa saja jenis piagam yang dapat membantu melengkapi rata-rata nilai SNMPTN kamu? Sangat bervariasi, kamu bisa menggunakan piagam akademis juga non-akademis.

Panitia tidak melakukan filter sama sekali terhadap piagam, walaupun ada batasan sesuai tingkatan. Kamu bisa upload sertifikat atau piagam apapun. Contoh sertifikat akademis adalah Lomba Foodtech UPH, TPBI, Olimpiade Biologi, atau Liga Fisika.

Contoh sertifikat prestasi non-akademis adalah Sertifikat OSIS, Parlemen Remaja, Piagam Marching Band, dan lainnya. Semakin tinggi level piagam atau semakin bergengsi sertifikat dari kegiatan tersebut, makin besar pula nilainya bagi panitia. Ada juga siswa menyertakan sertifikat hanya sebagai peserta, TOEFL, atau lainnya.

Yang terpenting, gunakan sertifikat hanya untuk menunjukkan keunggulan kamu di luar rata rata nilai rapor SNMPTN.

Hitungan Rata-Rata Nilai Rapor Untuk SNMPTN

Rata-rata nilai rapor SNMPTN menjadi syarat utama, dengan nilai dari semester pertama hingga terakhir. Walaupun, kamu bisa mengandalkan prestasi non-akademik untuk melengkapi portofolio, nilai rapor membantu peluang lulus SNMPTN.

Jadi, kalau kamu ingin lulus SNMPTN, pastikan nilai rapor terus meningkat selama tiga tahun sekolah di bangku SMA. Sedangkan mata pelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Jurusan IPA – Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan Biologi.
  • Jurusan IPS – Bahasa Indonesia, Matematika, Antropologi, Bahasa Asing, Bahasa Inggris, dan Sastra Indonesia.
  • Jurusan SMK – Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Kejuruan).

Jika ingin mengetahui berapa rata rata nilai rapor SNMPTN, kamu bisa hitung dengan cara input masing-masing nilai dari mata pelajaran sesuai jurusan. Misalnya, kamu adalah jurusan IPS, maka perhatikan nilai 6 mata pelajaran pada semester satu hingga semester lima.

Seluruh nilai Bahasa Indonesia, Matematika, Antropologi, Bahasa Asing, Bahasa Inggris, dan Sastra Indonesia. Seetelah itu, bagi sesuai jumlah mata pelajaran. Hasilnya adalah nilai rata-rata rapor kamu.

Sekarang kamu sudah tahu informasi lengkap tentang berapa rata-rata nilai rapor SNMPTN agar bisa lulus seleksi. Pastikan untuk memantau informasi pendaftaran, karena jalur masuk SNMPTN selalu tersedia paling awal. Jalur masuk ini juga tanpa tes, dengan biaya registrasi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *