Bagi kamu yang sedang cari rata rata nilai SNMPTN UNPAD (Universitas Padjajaran), kamu bisa mencoba SNMPTN karena memang tidak perlu tes, kuota terbilang besar. UNPAD menyediakan banyak kursi bagi seluruh mahasiwa yang lulus jalur SNMPTN.

SNMPTN sudah berlangsung secara online, dimana para peserta harus ikut verifikasi PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah), dengan wewenang Kepala Sekolah untuk mengisi PDSS sekaligus verifikasi oleh siswa. Jika kamu telah lulus pada SNMPTN, maka kamu bisa langsung melakukan registrasi ulang di PTN yang kamu pilih, yaitu UNPAD. Terkadang, pendaftaran ulang jatuh pada hari yang sama dengan ujian UTBK jalur masuk SBMPTN.

Pada tahun 2016, UNPAD telah menerima lebih dari 3.000 mahasiswa jalur SNMPTN, dari total peminat hingga lebih dai 58.000 pendaftar. Artinya, UNPAD hanya menerima 5.199% mahasiswa saja.

Nilai Rapor Lulus SNMPTN UNPAD

Secara umum, rata rata nilai rapor menjadi dasar penerimaan jalur SNMPTN. Itulah mengapa kamu harus punya nilai baik, atau stabil, atau cenderung naik pada tiap semesternya.

Pilih juga jurusan sesuai bidang kamu. Ketika lintas bidang, maka peluang lulus seleksi SNMPTN semakin mengecil. Pastikan kamu mampu melihat potensi diri pada pelajaran serumpun bidang. Contohnya, kalau kamu ingin masuk jurusan teknik elektro, maka kamu harus punya nilai fisika yang optimal.

Prestasi Non-akademik juga penting, jadi tidak cukup dari rata rata nilai rapor saja. Tapi, kamu sebaiknya aktif juga berprestasi pada kegiatan ekstrakulikuler. Seperti halnya, olahraga, sains, dan prestasi lainnya yang membantu peluang kamu meningkat. Lampirkan hasil prestasi tersebut pada laman SNMPTN, maksimal adalah tiga prestasi.

Banyak peserta yang gugur padahal rata rata nilainya sudah bagus, hanya saja kalah kompetisi saat memilih jurusan. Jadi, pilihan jurusan juga butuh strategi. Semakin banyak peserta yang memilih jurusan itu, maka semakin besar pula kompetisinya, dan semakin kecil juga peluang bisa diterima PTN pada jurusan tersebut.

Tips Daftar SNMPTN UNPAD

Caranya adalah dengan pilih prioritas jurusan dan pelajari passing grade jurusan tersebut. Jadikan jurusan dnegan passing grade paling tinggi sebagai opsi pertama.

Kamu juga wajib memperhatikan kompetitor. Belum tentu siswa peringkat pertama bisa lulus SNMPTN. Contohnya, kamu ingin daftar dan minder dengan rata-rata nilai SNMPTN UNPAD yang harus kamu penuhi. Walaupun kamu bukan juara kelas, selagi kamu punya nilai tinggi pada pelajaran Biologi dan memilih jurusan Biologi, kamu punya peluang yang sama seperti siswa peringkat pertama.

Jangan juga pesimis ketika melihat passing grade ataupun rata-rata nilai rapor yang kurang bagus. Hal ini karena ada faktor lain yang menentukan SNMPTN, yaitu akreditasi sekolah. Semakin bagus sekolah kamu, semakin bagus akreditasinya, maka semakin bagus pula peluang kamu masuk seleksi.

Jadi, sangat penting untuk menanyakan ke pihak sekolah seperti apa akreditasi sekolah kamu. Jika terakreditasi A, maka sekolah punya sebanyak 75% siswa terbaik di sekolah yang bisa ikut SNMPTN. Sedangkan jika terakreditasi B, maka peluang semakin kecil yaitu 50%, dan akreditasi C sebesar 20% saja.

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa rata rata nilai SNMPTN UNPAD dari nilai rapor saja tidak cukup. Jalur masuk PTN ini punya banyak pertimbangan, termasuk prestasi non akademik, akreditasi sekolah, passing grade jurusan, dan bahkan termasuk jumlah alumni di UNPAD.

Jadi, pastikan kamu melihat berapa jumlah alumni sekolah kamu yang telah masuk SNMPTN UNPAD. Jika terbilang banyak, maka UNPAD bisa saja memberikan prioritas kuota pada tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *