Semua pelajar pasti memiliki kebimbangan yang sama ketika akan memilih jurusan kuliah, kamu mungkin salah satunya. Kamu pasti tahu bahwa sekolah menengah terbagi menjadi dua jurusan, yaitu IPA dan IPS. Nah, sebenarnya apa saja jurusan kuliah untuk anak ipa?

Baik siswa yang berasal dari jurusan IPA atau IPS pasti merasa bingung memilih juruan kuliah, karena jurusan inilah yang akan menentukan masa perkuliahan dan prospek karir ke depannya. Berikut ini adalah daftar jurusan kuliah untuk anak IPA yang perlu kamu tahu.

1. Farmasi

Kamu tentu tahu bahwa jurusan ini berhubungan erat dengan obat dan ilmu medis lainnya. Kamu akan mempelajari struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, ketika masuk ke jurusan ini.

Kemudian, kamu harus belajar mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Ketika lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan mampu untuk membuat, mencampur, meracik, mengidentifikasi, menganalisis dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas.

Kamu memiliki kesempatan kerja di beberapa bidang, seperti Spesialis Kimia, Dokter Pengibatan Preventif, dan Apoteker.

2. Ilmu Gizi

Di jurusan ini kamu akan mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuuhan dan produktivitasnya. Di luar itu, ilmu ini juga mempelajari sektor pertanian, ekonomi, dan sosial budaya.

Paling penting dari ilmu ini adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya. Kamu yang menyukai pelajaran Biologi dan Kimia akan sangat cocok dengan jurusan ini.

Kesempatan kerja yang akan kamu dapatkan di jurusan ini adalah ahli diet dan nutrisi praktisi keluarga dan umum.

3. Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, seperti merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan data. Fungsi dari ilmu ini sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan.

Perlu kamu ketahui bahwa tanpa analisis yang data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak bisa terjadi. Prospek kerja jurusan ini mencakup Peneliti Survei, Ahli Statistik dan Aktuaria.

4. Teknik Informatika

Sesuai namanya, jurusan ini tentu mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer dan implementasinya. Bidang ini tidak hanya mempelajari teori, namun juga mewajibkan para mahasiswa untuk mempraktikkannya.

Jika kamu mengambil jurusan ini, maka kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan pemrograman atau algoritma. Kamu yang suka pelajaran Matematika akan sangat cocok dengan jurusan ini.

Di jurusan ini, kamu akan memiliki prospek kerja sebagai Programmer Komputer, Analis Riset Operasional, Web Developer, dan Developer Software.

5. Arsitektur

Jurusan ini akan mempelajari desain dan konstruksi bangunan. Jurusan ini akan menuangkan ide, konsep dan desain di atas kertas. Sementara, realisasinya akan dilakukan oleh orang-orang Teknik Sipil.

Di dalam jurusan ini, kamu harus mempelajari kekuatan bangunan, keindahan bangunan, serta fungsi bangunan itu sendiri. Untuk kamu yang menyukai pelajaran Seni Budaya dan Matematika, maka jurusan ini akan sangat tepat.

Prospek kerja di jurusan ini pun cukup banyak dan mencakup beberapa profesi, seperti Arsitek, Manajer Konstruksi dan Desainer Interior.

Apapun jurusan yang kamu pilih nantinya, kamu harus memilih yang benar-benar sesuai dengan minat. Banyak siswa yang akhirnya tidak mampu mengikuti perkuliahan, karena menganggap dirinya salah masuk jurusan.

Terlebih lagi, kamu tidak boleh memilih jurusan karena mengikuti teman. Hal ini hanya akan menyulitkan kamu di kemudian hari. Bisa saja, jurusan yang tepat untuknya bukanlah yang tepat untukmu. Jadi, pilih dengan hati-hati ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *