Banyaknya jurusan yang ada di IPB Bogor bisa memudahkanmu menentukan pilihan. Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu universitas pertanian terbaik dan favorit di Indonesia. Di kampus IPB terdapat banyak Program Studi yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Bahkan ada juga program studi yang telah bersertifikasi internasional.

Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di IPB, terdapat banyak jurusan yang bisa dipilih. Namun jika ingin mendaftar di jurusan favorit yang banyak peminatnya, 6 jurusan berikut bisa dijadikan pilihan tepat.

 1. Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan yang ada di IPB Bogor dengan akreditasi A. Ilmu gizi termasuk jurusan favorit yang banyak diminati. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan tentang hubungan gizi dengan produktivitas.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang gizi tepat dan ideal yang diperlukan oleh tubuh manusia. Jurusan Ilmu Gizi juga memiliki peluang kerja menjanjikan bagi lulusannya. Ada pun peluang kerjanya antara lain Konsultan Gizi, Staf Institusi Pemerintah, Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan di IPB Bogor selanjutnya yaitu jurusan Teknologi Pangan. Jurusan ini juga cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini karena terdapat banyak peluang kerja bagi lulusan Teknologi Pangan. Ada pun peluang kerjanya antara lain Konsultan Pangan dan Gizi, Product Development, Pengusaha, dan masih banyak lagi.

Teknologi Pangan adalah jurusan yang mempelajari proses produksi makanan dan memastikan keamanan makanan untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan gizi konsumen. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan mengenai komponen biologis dan kimiawi dalam makanan yang bisa memberikan efek pada tubuh manusia.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan mulai dari teknologi pengawetan, pemrosesan, hingga produk makanan sampai ke tangan konsumen untuk dikonsumsi. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang tertarik mendalami ilmu tentang pengolahan makanan. Selain itu, jurusan Teknologi Pangan juga direkomendasikan buat kamu yang ingin bekerja di industri makanan dan minuman.

3. Jurusan Agronomi dan Hortikultura

Jurusan Agronomi dan Hortikultura atau disingkat Agrohort merupakan salah satu jurusan di IPB yang banyak diminati calon mahasiswa. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan mengenai proses dan teknik pengelolaan tanaman pertanian. Mulai dari mengolah tanah hingga tanaman siap panen. Selain mempelajari tentang pertanian, kamu juga akan diajarkan tentang pelestarian lingkungan.

Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang senang dengan tanaman dan menyukai kegiatan bercocok tanam. Jurusan Agronomi dan Hortikultura menjadi jurusan yang banyak diminati karena memiliki banyak peluang kerja menjanjikan. Ada pun peluang kerjanya antara lain Pengusaha, Lembaga Swadaya Masyarakat, Peneliti, Karyawan Bank, Lembaga Pemerintah, dan masih banyak lagi.

4. Jurusan Agribisnis

Jurusan favorit yang ada di IPB selanjutnya yaitu jurusan Agribisnis. Jurusan Agribisnis merupakan salah satu jurusan yang mempelajari segala aspek tentang budidaya dan pengolahan hasil pertanian. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari tentang manajemen usaha, pemasaran produk, dan kewirausahaan.

Terdapat berbagai keuntungan yang didapatkan jika memilih kuliah jurusan Agribisnis, salah satunya banyaknya peluang kerja. Ada pun peluang kerja lulusan Agribisnis antara lain Peneliti, Pengusaha, Konsultan Pertanian, bekerja di BAPPEDA, Penulis, dan Pengajar.

5. Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat merupakan salah satu jurusan yang ada di IPB Bogor. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang senang dengan berbagai kegiatan sosial serta ingin mengembangkan taraf hidup masyarakat. Seperti namanya, jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat mempelajari cara untuk mengembangkan suatu masyarakat menggunakan metode komunikasi.

Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat termasuk jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini karena jurusan ini memiliki banyak peluang kerja menjanjikan. Ada pun peluang kerjanya antara lain Manajer Layanan Sosial dan Komunitas, Manajer Komunikasi, Pekerja Sosial, dan masih banyak lagi.

6. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen juga termasuk jurusan favorit di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Jurusan ini mempelajari tentang cara mengelola, merencanakan, dan mengatur suatu perusahaan atau organisasi agar bisa mencapai tujuan. Terdapat banyak mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini, 3 diantaranya yaitu pengantar ekonomi makro, pengantar bisnis, dan manajemen keuangan.

Selain mengajarkan teori, jurusan ini juga meminta mahasiswa langsung melakukan praktek yang diterapkan dalam program magang. Sehingga mahasiswa bisa secara langsung mempraktekan dan menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah.

Manajemen termasuk jurusan yang banyak diminati, karena memiliki banyak peluang kerja bergengsi dan menjanjikan bagi lulusannya. Ada pun peluang kerjanya antara lain Project Manager, Konsultan Accounting Manager, Financial Analyst, dan masih banyak lagi.

Selain 6 jurusan di atas, masih banyak jurusan favorit yang ada di IPB Bogor. Seperti yang diketahui, IPB merupakan Universitas terbaik yang ada di Indonesia. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, baik fasilitas maupun pembelajarannya. Dari jurusan yang ada di IPB Bogor di atas, manakah jurusan pilihanmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *