Setiap calon mahasiswa tentu harus mengetahui rincian biaya pendidikan dengan jelas. Hal ini bertujuan agar bisa memberikan gambaran perkiraan anggaran yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar kuliah.

Selain itu, mengetahui rincian biaya juga memudahkan kamu menentukan program studi sesuai keinginan. Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di ITB (Institut Teknologi Bandung) inilah rincian biayanya.

Biaya Kuliah Jalur SNMPTN

Sebagai informasi bagi kamu yang diterima di ITB melalui jalur SNMPTN, biaya pendidikan di ITB yaitu Rp12.500.000,- per semester. Biaya tersebut adalah biaya UKT per semester semua fakultas/sekolah, kecuali sekolah Bisnis dan Manajemen. Sedangkan biaya sekolah Bisnis dan Manajemen dikenakan UKT sebesar Rp20.000.000,- per semester.

Biaya Kuliah Jalur SBMPTN

Rincian biaya ITB bagi kamu yang diterima melalui jalur SBMPTN adalah Rp12.500.000,- per semester. Biaya tersebut ditujukan untuk semua fakultas/sekolah di ITB, kecuali sekolah Bisnis dan Manajemen. Besaran biaya UKT untuk sekolah Bisnis dan Manajemen yaitu Rp20.000.000,- per semester.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri

Pada jalur mandiri, setiap calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dikenakan biaya sebesar Rp100.000,- per pelamar. Sedangkan bagi calon mahasiswa yang melamar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, akan dikenakan biaya pelaksanaan seleksi sebesar Rp150.000,- per pelamar. Biaya tersebut termasuk biaya pelaksanaan tes keterampilan seni rupa.

Jika telah diterima sebagai mahasiswa ITB melalui jalur mandiri, maka kamu perlu menyiapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran pengembangan Institusi. Ada pun rincian biaya pendidikan ITB jalur mandiri yaitu sebesar Rp25.000,000 untuk UKT per semester dan biaya minimal Iuran Pengembangan Institusi sebesar Rp25.000.000,-.

Biaya tersebut adalah biaya yang dibayarkan oleh semua fakultas/sekolah, kecuali Sekolah Bisnis dan Manajemen yang diterima melalui jalur seleksi mandiri. Sedangkan biaya UKT yang dikeluarkan oleh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen yaitu Rp25.000.000,- per semester dan biaya minimal Iuran Pengembangan Institusi sebesar Rp40.000.000,-.

Cara Pembayaran UKT secara Cicilan

Setelah mengetahui rincian biaya pendidikan ITB 2021 berdasarkan jalur seleksi, selanjutnya cara pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) secara cicilan. Setiap mahasiswa bisa mengajukan permohonan pembayaran UKT dengan cara cicilan. Terdapat 2 cara pembayaran biaya UKT dengan cicilan, yaitu sebagai berikut.

1. Pembayaran 2 Kali Cicilan dalam 1 Semester

Cara pertama yaitu dengan menggunakan pembayaran sebanyak 2 kali cicilan dalam 1 semester. Pada cara ini, setiap mahasiswa harus melakukan pembayaran pertama sebesar 50% BPP, dengan pembayaran paling lambat sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan. Sedangkan pembayaran cicilan kedua, mahasiswa harus membayar sebesar 50% BPP, dengan pembayaran paling lambat pada minggu ke-8 perkuliahan semester berjalan.

2. Pembayaran 3 Kali Cicilan dalam 1 Semester

Cara kedua yaitu setiap mahasiswa bisa mengajukan permohonan pembayaran UKT dengan menggunakan cicilan sebanyak 3 kali dalam 1 semester. Cara pembayaran pertama yaitu sebesar 40% BPP, dengan pembayaran paling lambat sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan.

Cara pembayaran cicilan kedua yaitu sebesar 30% BPP, dengan pembayaran paling lambat pada minggu ke-8 perkuliahan semester berjalan. Sedangkan cara pembayaran cicilan ketiga biaya pendidikan ITB yaitu sebesar 30% BPP, dengan pembayaran paling lambat sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester.

Jenis Beasiswa ITB

Setelah mengetahui rincian biaya pendidikan di kampus ITB, selanjutnya yaitu mengenai jenis beasiswa yang ada di ITB. Adanya informasi ini bertujuan agar setiap mahasiswa bisa mengajukan beasiswa. Ada pun daftar beasiswa di ITB, yaitu sebagai berikut.

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP merupakan salah satu beasiswa di ITB yang ditujukan bagi calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang lolos beasiswa ini akan diberikan kebebasan biaya pendidikan ITB sebesar 100% selama 8 semester.

Beasiswa PPA dan BBP-PPA

Jenis beasiswa yang ada di ITB selanjutnya yaitu beasiswa PPA dan BBP-PPA. Beasiswa PPA ditujukan kepada mahasiswa ITB yang memiliki IPK minimal 3.00. Sedangkan beasiswa BBP-PPA ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dengan penghasilan orang tua di bawah UMR. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa BBP-PPA harus memiliki IPK minimal 2,75.

Beasiswa Prestasi

Jenis beasiswa yang ada di ITB selanjutnya yaitu beasiswa prestasi. Beasiswa ini adalah beasiswa disediakan oleh ITB kepada mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK minimal 3,00. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini adalah mahasiswa aktif dan berprestasi di kegiatan ekstrakulikuler.

Beasiswa Tugas Akhir

Jenis beasiswa di ITB selanjutnya yaitu beasiswa tugas akhir. Seperti namanya, beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang duduk di semester akhir dan sedang proses menyelesaikan tugas akhir. Setiap mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa akan mendapatkan uang sebesar Rp750.000,- per mahasiswa.

Dengan mengetahui rincian biaya pendidikan ITB khususnya untuk program S1 di atas, maka kamu bisa mendapatkan gambaran anggaran dana yang perlu dipersiapkan. Selain itu, adanya rincian biaya juga membuatmu lebih mudah memilih program studi yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *