Informasi seputar biaya S2 Psikologi UNAIR merupakan informasi penting yang harus diketahui calon mahasiswa. Adanya informasi biaya ini bertujuan agar calon mahasiswa bisa mempersiapkan dana yang diperlukan selama menempuh pendidikan.

Selain itu, kamu juga memiliki waktu untuk mencari beasiswa atau sumber pendapatan lain jika anggaran dana yang dimiliki belum terpenuhi. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan program S2 Psikologi di UNAIR, berikut rincian biayanya.

Informasi Biaya S2 Psikologi

Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR) memiliki fakultas Psikologi dengan 3 program studi, antara lain Psikologi, Psikologi Profesi, dan Psikologi terapan. Pada program studi Psikologi dan Psikologi Profesi telah mendapatkan akreditasi nasional A. Sedangkan pada Psikologi terapan mendapatkan akreditasi nasional B. Setiap pendaftaran S2 Psikologi UNAIR dikenakan biaya yang berbeda sesuai program studi.

1. Psikologi

Bagi kamu yang ingin mendaftar program studi Psikologi, maka akan dikenakan biaya Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) sebesar Rp9.000.000,- per semester. Sedangkan untuk pembayaran Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) sebesar Rp10.000.000,-.

2. Psikologi Terapan

Rincian biaya S2 Psikologi UNAIR selanjutnya yaitu pada program studi Psikologi Terapan. Bagi kamu yang ingin mengambil program studi Psikologi terapan, maka akan dikenakan biaya Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) sebesar Rp10.000.000,- per semester. Sedangkan untuk pembayaran Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) sebesar Rp10.000.000,-.

3. Magister Psikologi Profesi

Biaya magister Psikologi UNAIR pada program studi ini dibagi menjadi 2, yaitu untuk alumni dan non alumni. Jika alumni, maka biaya Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) sebesar Rp10.000.000,- per semester. Sedangkan untuk pembayaran Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) sebesar Rp10.000.000,-.

Bagi non alumni, maka biaya Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) sebesar Rp10.000.000,- per semester. Sedangkan untuk pembayaran Sumbangan Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan (SP3) sebesar Rp15.000.000,-.

Persyaratan Umum dan Khusus Pendaftaran S2 Psikologi

Setelah mengetahui rincian biaya S2 Psikologi UNAIR, selanjutnya yaitu persyaratan pendaftaran bagi calon mahasiswa. Selain mengetahui informasi biaya, informasi persyaratan pendaftaran juga sangat penting untuk diketahui. Ada pun persyaratannya, yaitu sebagai berikut.

Persyaratan Umum

  • Pelamar telah lulus program studi S1 yang terakreditasi oleh BAN PT/LAM-PTKes.
  • Pelamar yang ingin melanjutkan S2 UNAIR ialah lulusan program studi S1/D4 yang terakreditasi oleh Kemenkes R1
  • Bagi pelamar Warga Negara Indonesia (WNI) yang mendapat gelar Sarjana di luar negeri, maka penyetaraannya mengikuti peraturan dari Kemenristekdikti RI di direktorat pembelajaran.
  • Pelamar yang berstatus masih aktif kerja harus memperoleh izin dari perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan surat persetujuan/izin belajar dari atasan langsung.
  • Pelamar harus memiliki kesehatan memadai, sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan surat sehat dari dokter yang dikeluarkan oleh instansi kesehatan atau rumah sakit pemerintah.

Persyaratan Khusus

  • Pelamar memiliki IPK minimal 2,75
  • Pelamar melampirkan ijazah asli S1
  • Multi disiplin
  • Pelamar menulis esai motivasi diri mengikuti program studi S2 Psikologi. Esai yang ditulis meliputi relevansi program studi terhadap diri, relevansi program studi terhadap pekerjaan, dan rencana ke depan setelah menyelesaikan program studi.
  • Pelamar wajib mengikuti matrikulasi
  • Pelamar harus memiliki pengalaman penelitian khusus yang dibuktikan dengan ringkasan hasil penelitian.

Itulah persyaratan umum dan khusus yang harus kamu penuhi jika ingin melanjutkan program studi Psikologi UNAIR. Setelah mengetahui biaya dan syarat S2 Psikologi UNAIR, selanjutnya yaitu prospek kerja bagi lulusan psikologi.

Prospek Kerja Lulusan Magister Psikologi

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Sehingga hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan Psikologi. Jurusan ini sangat populer karena banyaknya peluang kerja menjanjikan bagi lulusannya. Terdapat banyak prospek kerja lulusan S2 Psikologi, 2 diantaranya sebagai berikut.

Human Resources Development (HRD)

Prospek kerja bagi lulusan S2 Psikologi UNAIR 2021 yaitu menjadi Human Resources Development (HRD) perusahaan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi lulusan Psikologi, karena berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Seorang HRD bertanggung jawab terhadap perekrutan, pemberhentian, kompensasi, dan tunjangan.

Seorang HRD juga bertugas membantu karyawan untuk mengembangkan keterampilan dan merencanakan karier yang terbaik bagi karyawan. Selain itu, HRD juga selalu mengikuti peraturan undang-undang yang bisa mempengaruhi perusahaan dan karyawannya.

Psikolog

Prospek kerja yang cocok bagi lulusan Magister Psikologi yaitu menjadi Psikolog. Seorang Psikolog bertanggung jawab menangani kasus kejiwaan, melakukan diagnosis gejala yang dialami pasien, dan melakukan psikoterapi. Seorang Psikolog biasanya mendapatkan gaji yang berbeda, namun biasanya sekitar Rp7.000.000 – Rp13.000.000,- per bulan.

Dengan mengetahui rincian biaya S2 Psikologi UNAIR di atas, kamu bisa mendapat gambaran dana yang harus dipersiapkan. Selain itu, adanya rincian biaya bisa memudahkanmu memilih program studi mana yang kamu pilih antara Psikologi, Psikologi Terapan, atau Magister Psikologi Profesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *