Perkembangan teknologi tentunya sejalan dengan perkembangan di bidang komputer. Bidang komputer sendiri adalah salah satu bidang ilmu yang paling cepat perkembangannya, terutama dalam bidang Software Engineering. Hal inilah yang membuat karir di bidang ini menjadi sangat menjanjikan.

Salah satu karir yang sangat menjanjikan adalah Software Engineer. Jika kamu memilih berkuliah di jurusan ini, maka kamu memiliki kesempatan untuk berkarir di perusahaan terkemuka yang fokus pada pengembangan software.

Mengenal Jurusan Software Engineering

Jurusan Software Engineering memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat, tangguh dan mudah digunakan. Para mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma, serta pemrograman.

Dalam prosesnya, para mahasiswa akan menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasiswa website atau mobile.

Setiap mahasiswa di jurusan ini harus bisa bekerja dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti C++, Java, HTML dan JavaScript. Selain aplikasi yang bisa digunakan di komputer, para siswa juga akan merancang aplikasi untuk perangkat komputer lainnya, seperti ponsel, video game dan sistem keamanan.

Apa Saja yang Dipelajari?

Kuliah di Jurusan Software Engineering mengharuskan kamu untuk belajar bagaimana membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tentunya harus bermanfaat, tidak hanya sekadar melihat dari algoritma yang bagus.

Dengan kata lain, Software Engineering akan sangat berkaitan dengan pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman. Tentu, kamu harus menguasai bahasa pemrograman tersebut.

Umumnya, Software Engineering akan mempelajari Coding, Desain dan Algoritma komputer. Beberapa hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak yang dibuat.

Mengapa Software Engineering?

Tak bisa dipungkiri bahwa profesi sebagai programmer kini semakin banyak dicari. Bahkan, beberapa perusahaan berani memberikan gaji yang cukup besar, tentunya sesuai dengan hasil pekerjaan yang dilakukan.

Profesi sebagai Software Engineer sekarang semakin banyak dibutuhkan. Mulai dari perusahaan Startup hingga perusahaan besar berskala internasional membutuhkan posisi yang satu ini. Kesempatan untuk mendapat pekerjaan impian setelah lulus kuliah juga semakin tinggi.

Dengan kuliah di jurusan Software Engineer, kamu juga akan mengasah kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan sebuah teknologi baru.

Perkuliahan

Sekarang ini, ada banyak rekayasa perangkat lunak yang kini dibangun oleh banyak Engineer, seperti aplikasi game komputer, aplikasi pengolah kata, hingga aplikasi bisnis.

Jika kamu memilih jurusan ini, maka kamu memiliki kesempatan untuk berkarir di perusahaan terkemuka yang fokus di bidang pengembangan software. Kuliah di jurusan Software Engineering akan membantu kamu dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk kemajuan karir di bidang IT.

Prospek Kerja & Karir

Pekerjaan yang berkaitan dengan Software Engineer biasanya berkaitan dengan desain dan pengembangan perangkat lunak, serta teknologi komputasi seperti desain jaringan, prosesor dan lain sebagainya. Prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan ini adalah sebagai berikut:

  • Web Development
  • Automotive Software Engineer
  • Embedded Systems Engineer
  • Application Software Developers
  • Director of Technology
  • Software Engineering

Kesimpulan

Menciptakan program yang tepat, mudah digunakan dan bermanfaat menjadi tujuan dari program Software Engineering. Meskipun masing-masing universitas menerapkan pembelajaran yang berbeda, namun pada dasarnya kamu akan belajar mengenai Coding, Desain dan bahasa pemrograman.

Prospek karir yang akan didapatkan dari jurusan ini cukup menjanjikan mengingat perkembangan teknologi dan kebutuhan setiap orang terhadap teknologi semakin berkembang. Kreativitas kamu akan dituntut di jurusan ini demi menghasilkan program komputer terbaik untuk perusahaan atau organisasi di mana kamu berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *