Sebagai calon mahasiswa, maka pembukaan beasiswa S1 Hukum di Indonesia pasti akan menjadi kabar gembira untukmu yang ingin memasuki Fakultas Hukum. Informasi yang berkenaan dengan bantuan pendanaan baik oleh universitas maupun negara menjadi hal yang dinantikan. Bagi kamu yang ingin mencari beasiswa, simak ulasan lengkap informasi pembukaannya berikut ini.

Beasiswa di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI) Jentera

Jentera merupakan salah satu sekolah hukum yang banyak berkonsentrasi pada perkembangan akademik para mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bantuan dana berupa beasiswa untuk calon mahasiswa yang berprestasi. Apa saja syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi?

  1. Memiliki KTP Indonesia
  2. Kamu merupakan lulusan SMA atau sederajat dari tahun 2018, 2019, atau 2020
  3. Memiliki nilai rata-rata rapor yakni 7,00
  4. Memiliki prestasi akademik atau non akademik dengan bukti piagam penghargaan.
  5. Dinyatakan lulus pada tahap seleksi wawancara
  6. Sudah membuat esai dengan tema “Mengapa saya ingin menempuh pendidikan Hukum?” sebanyak maksimal 500 kata

Untuk persyaratan dokumen, kamu juga harus melengkapi keseluruhannya, guna mencairkan beasiswa S1 Hukum di Indonesia, hingga ke luar Indonesia.

  1. Mendaftar dengan jalur daring di website terkait
  2. Memiliki surat referensi (Surat rekomendasi dari sekolah)
  3. Melampirkan scan ijazah SMA atau sederajat yang telah dilegalisir
  4. Melampirkan scan rapor selama masa SMP atau sederajat yang telah dilegalisir
  5. Melampirkan scan tanda pengenal mahasiswa atau KTP Indonesia
  6. Mencantumkan Pas foto berwarna ukuran 3×4
  7. Terdapat laporan keterangan gaji kedua orang tua dan surat keterangan penghasilan orang tua

Pendaftaran online bisa diakses melalui laman Jentera secara langsung, bila kamu yang ingin mendapatkan beasiswa Hukum di Indonesia. bila terkendala akses internet, Jentera memberikan peluang lain dengan mengirimkan berkas melalui pos.

Beasiswa dari UNTAN (Universitas Tanjungpura)

Jika diberikan kesempatan untuk meraih beasiswa di universitas, maka pilihan berkuliah di UnTan harus menjadi pilihan yang diprioritaskan.  Terdapat beberapa pilihan beasiswa yang ditawarkan di Universitas Tanjungpura.

  • Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi merupan salah satu bagian dari penghargaan kepada mahasiswa yang diselenggarakn oleh DirJen Kementrian Pendidikan. Jika berhasil mendapatkannya, maka kamu berkesempatan untuk kuliah gratis jurusan Hukum sesuai keinginan. Sasaran yang dijangkau adalah mahasiswa dari daerah perbatasan dan terkendala finansial untuk belajar.

  • Beasiswa Pendidikan dari Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Di UNTAN juga disediakan Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa). Bentuk penyalurannya dengan memberikan biaya kuliah selama 2 semester atau 1 tahun. Jika masa beasiswa sudah berakhir, kamu bisa melakukan perpanjangan pada bagian kemahasiswaan. Syarat yang harus kamu penuhi untuk menjadi penerima beasiswa S1 hukum di Indonesia, khususnya di UNTAN adalah sebagai berikut.

  1. Berstatus mahasiswa UNTAN, minimal berada pada semester 2
  2. IPK minimal 2,5
  3. Belum bekerja (tidak memiliki penghasilan tetap)
  4. Belum terikat pernikahan
  5. Tidak dalam penerimaan beasiswa sejenis pada tahun pengajuan yang sama
  6. Mengisi formulir pengajuan beasiswa dan kelengkapan data di fakultas hukum UNTAN
  7. Fotokopi transkrip nilai pada semester bersangkutan
  8. Sediakan Fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  9. Melampirkan Fotokopi KK (Kartu Keluarga) terbaru
  10. Melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kecamatan wilayah domisilimu

Bantuan untuk Mahasiswa Cerdas dari Djarum Beasiswa Plus

PT Djarum membuka peluang untuk para mahasiswa segala jurusan termasuk hukum, untuk merasakan manfaat mendapatkan beasiswa. Bantuan dana pendidikan dari Djarum Beasiswa Plus bisa mulai kamu akses ketika menginjak semster 4. Beasiswa yang diberikan cukup besar, serta diberikan per bulan selama satu tahun atau 2 semester.

Tak hanya bantuan berupa finansial, para penerima beasiswa Djarum (biasa disebut Beswan Djarum) juga mendapat pelatihan non akademik. Di dalamnya mencakup soft skill seperti nation buildin , character building , leadership , competition challenge, hingga international exposure.  Hal ini dimaksudkan untuk mengasah semua kemampuan mahasiswa, agar ketika lulus, mereka mampu bersaing di dunia industri masing-masing.

Mengajukan Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dari Pemerintah

Kesempatan mendapatkan LPDP jurusan hukum terbuka lebar untuk siapa saja yang mau berusaha. Beasiswa LPDP juga cocok untukmu yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Program ini diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia bekerja sama dengan KemenKeu. Tujuannya yakni mencetak generasi unggulan yang cerdas untuk bangsa. Alumnusnya diharapkan bisa membawa nama Indonesia menjadi lebih baik di masa depan.

Penuhi persyaratan yang diajukan, gunakan semua akses untuk menjangkaunya. Bila berhasil, impianmu untuk belajar di universitas impian bahkan ke luar negeri akan mudah didapatkan. Program LPDP terbuka pula untuk mahasiswa dari D4, S1, S2 hingga S3.

Calon mahasiswa yang kerap mencari info terkait pembukaan beasiswa S1 Hukum di Indonesia sudah mulai bisa mempersiapkan diri. Semua akses bisa langsung dilihat pada situs masing-masing. Kamu bisa melengkapi semua berkas dan persyaratan agar lolos pada tahap awal. Setelahnya, ikuti rangkaian kegiatan yang akan menentukan keputusan lolos saringan beasiswa yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *