Supply Chain Management (SCM) adalah salah satu jurusan kuliah yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan proses penyampaian dan pengelolaan informasi-dana-barang.

Proses ini diakukan secara Business to Business (B2B) atau Business to Customer (B2C) dari bahan baku hingga ke produk jadi di tangan pelanggan.

Mengenal Jurusan Supply Chain Management

Supply Chain Managament adalah salah satu bidang keilmuan dari Teknik Industri, Manajemen Operasi dan Manajemen Logistik. Umumnya, jurusan ini bisa diambil ketika kamu melanjutkan studi ke jenjang Magister.

Jurusan ini sendiri mempelajari ilmu yang mencakup rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, korrdinasi, pengadaan, pembelian, produksi, logistik hingga pengiriman produk ke konsumen,

Apa Saja yang Dipelajari?

Setiap universitas menetapkan mata kuliah yang berbeda di setiap semester untuk jurusan ini. Secara umum, beberapa mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan ini adalah Accounting for Business, Marketing Principles, Career Development for Professionals, Business Law, Principles of Logistics and Supply Chain Management dan sebagainya.

Untuk lebih jelas, kamu perlu mencari informasinya di situs resmi universitas tujuan.

Mengapa Supply Chain Management?

Saat ini, belanja online menjadi kegiatan rutin setiap orang dan merupakan salah satu praktik nyata keilmuan SCM. Agar bisnis berjalan dengan lancar, sebuah bisnis online perlu memastikan bahwa pelanggan menerima pesanan sesuai model dan kualitas yang diinginkan.

Ilmu ini akan sangat mudah dipraktikan di berbagai sektor bisnis di masa sekarang. Selain itu, tidak ada keahlian khusus yang harus kamu miliki untuk memilih jurusan ini.

Kamu hanya perlu memiliki hal-hal mendasar seperti ketelitian, detail dan rasional.

Perkuliahan

Jurusan ini memiliki setidaknya 28 mata kuliah yang akan dipelajari. Mata kuliah utama yang akan diajarkan adalah Matematika Logistik, dan Ekonomi Mikro. Durasi kuliah juga akan berbeda di setiap jenjang yang kamu pilih.

Bidang ini memiliki spesialisasi jurusan yang terbatas. Kamu bisa mendapakan gelar Bachelor of Business, Bachelor of Commerce, Master of Science, Master of Business Administration, dan yang lainnya. Tergantung dari spesialisasi jurusan yang kamu ambil.

Spesialisasi jurusan yang umumnya ada di jurusan ini adalah Supply Chain and Logistics Management, Supply Chain Innovation, Strategic Supply Chain Management, Service Management, Community Services Management

Prospek Kerja dan Karir

Ilmu yang satu ini adalah salah satu jurusan yang memiliki prospek karir cukup menjanjikan. Sebab, ada semakin banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Beberapa peluang kerja yang terbuka untuk jurusan ini adalah

  • Manajer Logistik
  • Staf Inventaris
  • Manajer Rantai Pasok
  • Importir
  • Manajer Produksi
  • Analis Logistik
  • Manajer Operasional
  • Eksportir
  • Manajer Pergudangan
  • Buyer
  • Manajer Bandara

Kesimpulan

Semakin banyak bisnis online yang beroperasi, semakin banyak pula bisnis yang membutuhkan orang-orang dalam bidang logistik. Bidang ini menjadi salah satu jurusan yang mempelajari hal tersebut, mulai dari proses produksi hingga barang sampai ke pelanggan.

Jurusan ini juga membuka peluang karir yang cukup luas mengingat bisnis online masih terus berkembang hingga sekarang, bahkan beberapa tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *