Perubahaan iklim serta masalah lingkungan tidak pernah ada habisnya; bahkan terus meningkat. Untuk kamu yang peduli terhadap isu pemanasan global dan ingin melakukan sebuah perubahaan, jurusan Sustainable Development adalah pilihan tepat.

Program studi ini mempelajari tentang semua prinsip isu lingkungan. Itu artinya, universitas yang menyediakan jurusan ini akan memberikan fokus berbeda. Kuliah jurusan ini sangat penting kalau kamu memang ingin berkarir sebagai seorang profesional pada bidang lingkungan.

Mengenal Jurusan Sustainable Development

Jurusan ini merupakan ilmu yang mengkaji tentang lingkungan. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Dalam waktu yang sama, kamu juga akan belajar banyak hal tentang seperti apa mencegah kerusakan lingkungan.

Biasanya, jurusan ini ditawarkan di berbagai universitas dengan negara yang menjadi pelopor lingkungan, misalnya di Swedia.

Apa Saja yang Dipelajari?

Ada banyak jurusan yang tersedia yang berhubungan dengan isu lingkungan. Misalnya, kamu bisa mengambil program studi hukum lingkungan untuk S1 atau Pascasarjana. Selama kuliah, kamu juga akan mempelajari banyak hal seperti bagaimana tanggung jawab perusahaan, polusi, tanggung jawab sosial, energi terbarukan, pengelolaan limbah, kesehatan, dan lainnya.

Jadi, ilmu yang mempelajari tentang sustainable development ini sangat banyak pilihan jurusannya, dari yang umum sampai yang paling spesifik.

Berbeda lagi untuk kamu yang tertarik mengambil program sustainable urban planning. Program ini sangat bagus untuk mahasiswa yang lebih cenderung pada arsitektur, isu berkelanjutan, dan lingkungan. Jurusan tersebut sangat cocok untuk kamu yang mengandalkan kreativitas dan tetap memperhatikan semua isu berkelanjutan.

Mengapa Sustainable Development

Banyak mahasiswa yang memilih bidang ini, karena menurut US Bureau of Labor Statistics, gaji rata-rata dalam bidang ini mencapai hingga USS$72,000.

Karir di bidang ini juga sangat fleksibel dan dinamis. Kamu bisa belajar secara berkelanjutan, mengikuti perubahan setiap periodik, dan tersedia banyak pilihan karir.

Kamu bisa menjadi seorang spesialis, duta lingkungan, manajer, atau lainnya yang berhubungan dengan lingkungan, kualitas hidup manusia, dan generasi selanjutnya.

Perkuliahan

Program sarjana dan pascasarjana jurusan Sustainable Development tersedia di berbagai universitas luar negeri. Selama kuliah, kamu akan belajar hubungan antara manusia dan lingkungannya. Sehingga, kamu mampu berhadapan dengan berbagai dimensi lingkungan berbeda, yaitu yang berhubungan dengan pengetahuan sosial, pengetahuan alam, dan kemanusiaan.

Kamu juga akan mempelajari Ilmu ekologi, sosial, politik, dan ekonomi untuk menyelesaikan masalah-masalah lingkungan. Beberapa univeritas bahkan merancang sistem perkuliahan agar mahasiswa mampu mengembangkan skill sesuai bidang.

Sehingga, kamu dapat memilih mana bidang yang sesuai dengan tujuan karir dan minat. Lulusan jurusan telah disiapkan untuk menjadi ilmuwan lingkungan, mampu membuat keputusan, dan bekerja di bidang sosial.

Contoh jurusan yang tersedia dan terkait dengan sustainable development adalah Sustainable development – agro ecology and sustainable agriculture.

Prospek Kerja dan Karir

Setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar, kamu akan mendapatkan berbagai skill berguna yang dapat kamu gunakan untuk melamar berbagai pekerjaan. Berikut adalah contoh beberapa prospek karir yang bagus setelah lulus nanti:

  • Spesialis
  • Analis perubahan cuaca
  • Supervisor pada bidang produksi dan operasi
  • Akuntan
  • Konsultan
  • Spesialis lingkungan
  • Ahli desain grafis
  • Guru IPA

Kesimpulan

Sustainable Development adalah jurusan yang tepat untuk mendapatkan karir yang baik di berbagai bidang akuntansi, marketing, ekonomi, dan manajemen. Tapi, kurikulum yang ditawarkan juga sangat menarik, yaitu dengan mempelajari ekologi, manajemen sumber daya alam, pengetahuan dan kebijakan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *