Agar lolos seleksi beasiswa di IAIN Surakarta, tentu Kamu harus melengkapi berkas dan syarat yang diperlukan. Di IAIN Surakarta terdapat beragam jenis beasiswa yang bisa diikuti oleh setiap mahasiswa. Seperti yang diketahui, Institut Agama Islam Negeri Surakarta atau IAIN Surakarta merupakan salah satu universitas cukup terkenal di Indonesia.

Selain itu, Universitas ini juga dikenal memiliki lulusan yang berprestasi. Hal ini semakin membuat IAIN Surakarta banyak diminati oleh calon mahasiswa untuk melanjutkan tingkat pendidikan. Apalagi dengan adanya program beasiswa yang beragam semakin membuat kampus ini cukup populer. Apa saja jenis beasiswa dan syaratnya? Simak ulasan lengkapnya!

Beasiswa yang Disediakan oleh Bank Indonesia (BI)

Beasiswa Bank Indonesia (BI) merupakan salah satu jenis beasiswa dari Bank Indonesia untuk mahasiswa IAIN Surakarta. Setiap mahasiswa yang telah lolos seleksi, akan mendapatkan Rp1.000.000,-. Ada pun kriteria yang diperlukan agar bisa mengikuti seleksi beasiswa di IAIN Surakarta, yaitu sebagai berikut:

  1. Pendaftar beasiswa masih berstatus sebagai mahasiswa aktif
  2. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa memiliki IPK minimal 3,25.
  3. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu.
  4. Pendaftar beasiswa tidak pernah dikenai sanksi yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik mahasiswa.
  5. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa berusia tidak lebih dari 23 tahun atau belum berusia 24 tahun saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

Syarat Pendaftaran

Setelah memahami kriteria yang ditentukan oleh BI, selanjutnya yaitu syarat yang diperlukan saat mendaftar beasiswa. Ada pun syarat beasiswa untuk mahasiswa IAIN, yaitu sebagai berikut:

  1. Pendaftar beasiswa harus mengisi formulir registrasi.
  2. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebanyak 1 lembar.
  3. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 lembar.
  4. Pendaftar beasiswa harus melampirkan fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir sebanyak 1 lembar.
  5. Pendaftar beasiswa harus melampirkan surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau Kelurahan.
  6. Pendaftar beasiswa harus melampirkan surat pernyataan dan surat keterangan dari Fakultas yang menyatakan bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain. Selain itu, pendaftar juga harus melampirkan surat keterangan dari Fakultas bahwa pendaftar tidak pernah dikenai sanksi yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik mahasiswa.
  7. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus mengisi surat Form A.1 yang telah disediakan oleh pihak Bank Indonesia.
  8. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan surat keterangan aktif berorganisasi.
  9. Pendaftar beasiswa harus melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan bahwa  mahasiswa lolos seleksi bersedia aktif dalam GenBI.

Beasiswa BAZNAS

Selain berasal dari Bank Indonesia (BI), beasiswa di IAIN Surakarta juga ada yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Terdapat 3 kategori beasiswa yang diselenggarakan oleh BAZNAS, antara lain BCB Studentpreneur Muda, BCB Aktivis Muda, dan BCB Teladan Muda.

BCB Studentpreneur Muda adalah kategori bagi mahasiswa yang sedang merintis atau menekuni kegiatan wirausaha. Sedangkan BCB Aktivis Muda adalah kategori mahasiswa yang aktif berkontribusi untuk masyarakat melalui organisasi. Terakhir yaitu kategori BCB Teladan Muda adalah mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik.

Agar lolos beasiswa ini, setiap pendaftar harus memenuhi syarat dan kriteria yang diperlukan. Ada pun syarat dan kriteria pendaftaran beasiswa BAZNAS IAIN Surakarta, yaitu sebagai berikut.

  1. Pendaftar beasiswa berstatus sebagai mahasiswa aktif.
  2. Pendaftar beasiswa harus mengisi formulir registrasi yang disediakan.
  3. Pendaftar beasiswa harus melampirkan pas foto
  4. Pendaftar beasiswa harus melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  6. Pendaftar beasiswa harus memiliki nilai IPK minimal 3,00 dari skala 4,00. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.
  7. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan slip gaji atau surat penghasilan orang tua.
  8. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa harus melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat.
  9. Pendaftar beasiswa harus melampirkan surat keterangan tidak mampu yang telah ditandatangani oleh pengurus masjid setempat.

Itulah syarat untuk mendatar beasiswa di IAIN Surakarta yang disediakan oleh BAZNAS. Bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria dan lolos seleksi akan mendapatkan bantuan UKT maksimal Rp4.000.000,-.

Selain itu mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan uang saku bulanan sebanyak Rp400.000,- per bulan. Fasilitas lain yang akan didapatkan mahasiswa yaitu pembinaan bersama mentor daerah dan pembinaan terbaik bersama lembaga beasiswa BAZNAS.

Terdapat banyak jenis beasiswa di IAIN Surakarta, 2 diantaranya yaitu beasiswa yang diselenggarakan oleh BI dan BAZNAS. Agar bisa lolos seleksi beasiswa, tentu Kamu harus melengkapi syarat yang telah ditentukan. Selain itu, pastikan untuk mencatat waktu pendaftarannya agar tidak terlambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *