Beasiswa kuliah di Semarang yang bisa didapatkan cukup beragam jenisnya. Tidak hanya beasiswa Djarum saja, fasilitas beasiswa dari kampus pun sangat banyak.  Dengan adanya berbagai pilihan beasiswa tersebut akan semakin memudahkan para mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya tanpa terkendala biaya.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, caranya pun cukup mudah. Karena biasanya pihak kampus akan menyediakan akses informasi yang luas. Bahkan beasiswa dari luar negeri juga bisa diakses dan didapatkan oleh semua mahasiswa. Peluang semacam ini tentunya tidak boleh disia-siakan begitu saja, sebab tidak semua kampus memberikan kemudahan akses.

Ini Dia Syarat dan Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Semarang

Untuk dapat menikmati fasilitas beasiswa kuliah di Semarang dengan mudah terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Baik itu persyaratan umum ataupun khusus. Rata-rata persyaratan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan universitas lainnya. Penasaran ingin tahu apa saja syarat dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut, simak paparan lengkapnya di bawah ini;

1. Syarat Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa kuliah di Semarang relative mudah untuk mendapatkannya. Bagi yang telah tercatat sebagai mahasiswa persyaratan mutlak harus dipenuhi agar bisa lolos administrasi. Beberapa persyaratannya adalah terdaftar sebagai mahasiswa dengan bukti FC kartu mahasiswa dan KRS tiap semester. Mahasiswa yang bersangkutan juga tidak dalam keadaan sedang mengambil cuti.

Pada saat mengajukan beasiswa kuliah di Semarang untuk mahasiswa aktif, IPK yang didapat minimal adalah 3,00 dan telah ditandatangani dosen wali. Syarat selanjutnya adalah dengan melampirkan FC KK, FC KTP serta FC buku rekening bank yang dimiliki atas nama mahasiswa tersebut. Bila mengajukan beasiswa tidak mampu, maka harus disertai pula dengan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Syarat beasiswa penuh kuliah di Semarang  adalah tidak terdaftar sebagai penerima beasiswa yang lainnya. Bukan pula sebagai mahasiswa yang tercatat telah bekerja. Biasanya beberapa jenis beasiswa akan meminta lampiran penghasilan orang tua dan wajib dilengkapi. Selanjutnya dapat mengisi formulir permohonan beasiswa yang telah disediakan.

2. Cara Mendapatkan Beasiswa

Sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Semarang. Segala informasi mengenai beasiswa dapat diakses dari internet atau dari bagian kabag universitas. Cara paling mudah memang dari bagian informasi yang ada di fakultas masing-masing. Untuk itulah jika telah menjadi mahasiswa, apabila ingin mendapat banyak mahasiswa tidak boleh malas untuk mencari informasi.

Apalagi pengajuan pendaftaran beasiswa saat ini semakin mudah, karena bisa diakses secara online. Baik itu mengajukan syarat atau mengisi formulir pengajuan, semua dilakukan secara online. Tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan cara yang dahulu digunakan.

3. Berbagai Macam Beasiswa Kuliah di Semarang

Beasiswa pilihan kuliah di Semarang cukup beragam. Beberapa contoh diantaranya adalah beasiswa Bidikmisi, beasiswa bank Indonesia, beasiswa Djarum plus, beasiswa PPA dan lain sebagainya. Syarat mendapatkan beasiswa tersebut tidak muluk-muluk. Penting diutamakan adalah IPK minimal 3,00, karena rata-rata beasiswa mengajukan syarat tersebut.

Selain beasiswa dari universitas local, biasanya juga terdapat beberapa beasiswa untuk dapat melanjutkan kuliah di luar negeri yang bekerja sama dengan beberapa kampus ternama di luar negeri. Informasi beasiswa ini pun dapat dicari pada bagian informasi yang ada di fakultas masing-masing yang ada di kampus.

4. Keuntungan Mendapatkan Beasiswa

Umum terjadi ketika mendapatkan beasiswa adalah terbebas dari biaya kuliah. Memang itulah yang kebanyakan dijadikan tujuan oleh para mahasiswa. Namun, terdapat keuntungan lain yang akan didapatkan. Seperti misalnya, mendapatkan beberapa pelatihan yang berguna untuk meningkatkan skill. Keuntungan lain adalah mendapatkan banyak teman dan jaringan.

5. Tanggungjawab Ketika Mendapat Beasiswa

Setelah mendapatkan beasiswa kuliah di Semarang, terdapat beberapa tanggungjawab  yang harus dilakukan oleh penerima. Tidak hanya mengikuti pelatihan, workshop atau bakti sosial, tanggungjawab lainnya adalah menjaga nilai agar tetap bagus. Dengan demikian beasiswa yang diterima akan terus didapatkan. Jadi, tidak perlu mencari beasiswa yang lainnya.

6. Sanksi Beasiswa

Pasti banyak yang mengira bahwa beasiswa tidak memiliki sanksi yang mengikat. Padahal banyak jenis beasiswa yang memberlakukan sanksi apabila penerima melakukan hal yang tercela. Beberapa sanksi yang akan diterima adalah dicabutnya beasiswa hingga tidak bisa mendaftar sebagai penerima beasiswa apapun. Jadi, attitude penerima beasiswa memang harus dijaga dengan baik.

7. Informasi Beasiswa Luar Negeri

Tidak hanya menyediakan beasiswa kuliah di Semarang yang berasal dari kampus lokal saja. Beberapa universitas juga menyediakan banyak beasiswa untuk dapat melanjutkan kuliah di luar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa semacam ini biasanya dibutuhkan persyaratan TOEFL dengan nilai tertentu.

Beasiswa semacam ini tentunya tidak boleh dilewatkan apabila terdapat kesempatan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa ketrampilan bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan. Bahkan ada beberapa beasiswa yang diberikan oleh pemerintah juga mengajukan syarat TOEFL tertentu agar bisa lolos seleksi.

Itulah beberapa syarat dan cara yang umumnya dilakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Semarang. Beberapa persyaratan yang diajukan tidak terlalu berat dan memang telah menjadi syarat umum hampir semua jenis beasiswa. Semoga dengan adanya informasi di atas, akan memberikan banyak wawasan tentang tata cara pengajuan beasiswa yang ada di Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *