Dengan mengetahui apa saja syarat dan cara masuk perguruan tinggi, kamu bisa menghadapi pendaftaran dengan tenang. Perguruan tinggi menjadi langkah selanjutnya jika kamu sudah lulus SMA.

Pada level ini, kamu bisa memperoleh ilmu lebih banyak. Bahkan, dengan masuk perguruan tinggi, kamu dapat membangun karir lebih baik di masa depan. Hampir seluruh pekerjaan saat ini memberikan kualifikasi lulus dari perguruan tinggi.

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan berbagai syarat berikut untuk dapat kuliah di perguruan tinggi favorit.

Ijazah SMA

Agar dapat kuliah, kamu harus menempuh pendidikan berjenjang. Selain itu, kamu harus mampu membuktikan bahwa jenjang hingga SMA sudah kamu tempuh, sudah lulus, dan sudah ada ijazah.

Bagaimana jika putus sekolah? Kamu dapat mengurus dengan pendidikan penyetaraan atau dikenal dengan kejar paket.

Program S1 menuntut mahasiswa agar telah menuntaskan jenjang pendidikan SMA. Artinya, kalau kamu ingin kuliah S2, maka kamu harus lulus S1. Demikian pula jika kamu ingin S3, kamu harus sudah lulus S2.

Seleksi Masuk

Tidak hanya ijazah, tetapi kamu juga harus mengikuti aturan cara masuk perguruan tinggi, terutama untuk PTN atau sekolah kedinasan.

Untuk bisa masuk dalam PTN, ada tiga jenis jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, serta seleksi mandiri.

Pemerintah memberikan jalur seleksi SNMPTN serta SBMPTN terpusat. Penyelenggaran tersebut dilakukan melalui LTMPT. Biasanya, SNMPTN selalu diadakan bulan Januari-Februari. Sedangkan SBMPTN tersedia untuk bulan Mei-Juni.

Dengan SNMPTN, kamu tidak membutuhkan ujian. Seleksi dilakukan dari nilai raport, non-akaddemis, nilai UN, tingkat akreditasi sekolah, prestasi akademis, dan jejak alumni.

Sedangkan jalur SBMPTN adalah seleksi dari hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Sementara itu, seleksi mandiri disediakan oleh lembaga pendidikan itu sendiri, tidak ada campur tangan pemerintah.

Seleksi berikutnya adalah untuk seleksi masuk Sekolah Kedinasan. Kamu harus melewati sederet tes kompleks dengan tingkat seleksi sangat ketat.

Batas Usia

Usia adalah salah satu hal penting dan menjadi syarat dalam daftar kuliah di PTN. Untuk memenuhi syarat dan cara masuk perguruan tinggi, usia ijazah harus kurang dari 3 tahun ketika ikut seleksi.

Kalau mengambil jalur seleksi mandiri, maka beberapa PTN tidak mempersalahkan adanya jeda 5 tahun.

Untuk PTS, secara umum meniadakan batas usia, apalagi jika PTS tersebut menyediakan kelas bagi karyawan. Sehingga, batasan usia lebih fleksibel.

Syarat Berkas dan Biaya Masuk

Ketika daftar kuliah, kamu juga harus memenuhi berbagai syarat lengkap berkas. Beberapa diantaranya adalah ijazah terakhir, surat keterangan lulus, legalisir ijazah, KTP, Pas Foto, Akta Kelahiran, dan KK.

Biaya masuk juga menjadi salah satu syarat penting, sehignga kamu harus membayar biaya formulir pendaftaran, biaya semester 1 bagi perguruan tinggi swasta, UKT semester 1 untuk PTN, uang pangkal atau uang gedung.

Syarat Khusus

Perguruan tinggi seringkali memberikan syarat khusus untuk masuk ke berbagai jurusan tertentu. Misalnya, kalau kamu mengambil jurusan kedokteran, tentu syarat khusus yang diajukan jurusan akan berbeda dengan jurusan hukum.

Jurusan kedokteran dilarang buta warna, sama seperti syarat masuk jurusan keperawatan, film dan televisi, seni rupa, teknik, dan DKV.

Sedangkan untuk jurusan olahraga dan jurusan seni, kamu harus menambahkan portofolio. Bagi mahasiswa yang mengambil program internasional, maka mereka harus mampu memenuhi syarat fasih Bahasa Inggris, dan masih banyak lagi jurusan yang punya syarat khusus.

Itulah informasi tentang apa saja cara masuk perguruan tinggi agar kamu dapat memenuhi syarat. Dengan informasi ini, kamu jadi lebih mudah mengatur proses pendaftaran kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *