Syarat SNMPTN wajib kamu perhatikan jika ingin mengikuti salah satu jalur pendaftaran perguruan tinggi negeri. LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah membuka jalur SNMPTN, jalur masuk selain UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), juga Jalur Mandiri.

Tim LTMPT akan melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan masing-masing jalur pendaftaran, termasuk SBMPTN 2021 sebelum proses pelaksanaan. Hanya siswa kelas 12 SMA atau sederajat dengan prestasi unggul yang dapat mengikuti jalur masuk tersebut.

Apa Saja Syarat SNMPTN?

Syarat SNMPTN bagi sekolah adalah berikut:

  • Lembaga SMA sederajat harus punya NPSN
  • Sudah terakreditasi. Jika akreditasi sekolah adalah A, maka memperoleh 40% terbaik di sekolah, akreditasi B hanya 25% terbaik di sekolah, sedangkan akreditasi C dan lainnya hanya 5% siswa terbaik.
  • Isi terlebih dahulu PDSS (Pangkalan Data Sekolah & Siswa). Data harus memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Syarat mengikuti SNMPTN bagi pelajar adalah berikut:

  • Merupakan siswa kelas 12 SMA sederajat, tahun 2021 dan punya prestasi unggul.
  • Prestasi akademik sudah sesuai dengan persyaratan pada masing-masing PTN sesuai pilihan.
  • Peserta memiliki NISN serta sudah terdaftar pada PDSS.
  • Nilai rapor pada semester satu hingga semester 5 sudah diisi di PDSS
  • Peserta yang ingin mengambil jurusan seni dan olahraga harus memenuhi syarat portofolio.

Untuk informasi lainnya tentang syarat SNMPTN, Mohamad Nasih selaku Ketua LTMPT menyarankan agar sekolah selalu mengikuti informasi data terbaru di Pustadin atau Dapodik sebelum tanggal 23 Desember 2020.

Mengapa SNMPTN

SNMPTN adalah salah satu hal yang paling penting banget, sebagai jalur masuk karena punya kuota lebih besar jika kamu bandingkan dengan jalur SBMPTN atau juga jalur masuk Seleksi Mandiri.

Tahun sebelumnya, pemerintah memberikan kuota bagi mahasiswa PTN baru sekitar 50% bagi SNMPTN, 30% bagi SBMPTN, serta sisanya untuk jalur Seleksi Mandiri.

SNMPTN menjadi kesempatan terbaik yang sayang jika kamu lewatkan agar bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri tanpa harus berjuang di jalur Mandiri atau SBMPTN.

Walaupun kuota penerimaan jalur SNMPTN terbilang paling besar, bukan berarti semua prosesnya akan mudah. Pastinya memilih jurusan juga menjadi bagian strategi, memilih PTN juga pertimbangan lainnya. Sehingga, tetap saja semuanya membutuhkan perencanaan matang.

Kamu juga bisa mempelajari bagaimana pengalaman alumni agar bisa lolos. Pelajari juga mengapa ada alumni yang tidak bisa lolos pada SNMPTN supaya kamu bisa memperoleh wawasan apa pelajaran yang dapat kamu ambil dari pengalaman mereka.

Jadwal SNMPTN

Untuk tahun 2021, SNMPTN telah dimulai dari tanggal 4 Januari dengan tahap awal yaitu meluncurnya sistem penerimaan mahasiswa baru. Sedangkan registrasi pada akun LTMPT dimulai dari tanggal 4 Januari hingga 1 Februari.

Sekolah juga wajib menetapkan siswa yang memenuhi syarat dari sekolah pada tanggal 4 Januari hinggga 8 Februari. Proses berlanjut pada pengisian PDSS dari tanggal 11 Januari hingga 8 Februari. Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN sudah dibuka sejak tanggal 15 sampai 24 Februari.

Hasil pengumuman SNMPTN 2021 sudah diumumkan, yaitu tanggal 22 Maret. Sedangkan untuk informasi tentang pendaftaran ulang hanya pada peserta lulus SNMPTN dapat dilihat langsung pada PTN yang kamu pilih.

Dengan mengetahui semua hal tentang syarat SNMPTN, sudah waktunya bekerja keras, memperoleh prestasi dan nilai rapor terus meningkat setiap semester. Selalu berusaha agar nilai mata pelajaran terus meningkat, terutama pada mata pelajaran eksak sesuai jurusan yang kamu pilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *