Para pelajar yang baru saja lulus dari bangku sekolah sering merasakan bingungnya memilih jurusan kuliah yang tepat. Hampir semua pelajar merasakan hal tersebut. Namun, kini telah ada tes minat bakat yang bisa membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah.

Dengan mengikuti tes minat dan bakat, kamu bisa lebih mengetahui potensi dirimu sendiri termasuk kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, baik dari segi akademis maupun kepribadian. Melalui tes ini juga, kamu dapat lebih terarah untuk mengetahui minat yang sesuai dengan bakatmu.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengikuti tes minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Apa saja? Simak di sini.

Membantu Mengenal Potensi di Dalam Diri

Daripada mengandalkan pendapat orang lain, lebih baik menggali potensi diri sendiri. Tidak ada salahnya untuk mendengarkan pendapat orang lain, namun perlu kamu ketahui bahwa mereka hanya berpendapat dari sudut pandang mereka.

Orang-orang di sekitarmu hanya melihat apa yang kamu tunjukan dan nampak terlihat di mata mereka. Selebihnya, mereka tidak mengenal dirimu lebih mendalam.

Jika kamu merasa perlu mengetahui potensi lain di dirimu, ikutlah tes minat dan bakat. Tujuannya adalah untuk menemukan potensi terpendam yang ada di dalam dirimu.

Mengenal Kepribadian

Kamu mungkin lebih sulit mengenal dirimu sendiri daripada mengenal orang lain. Butuh waktu yang lama untuk bisa mengenal dirinya sendiri. Bahkan, banyak orang merasa kesulitan alam mendeskripsikan dirinya sendiri.

Tes minat dan bakat membantumu untuk melihat karakter aslimu, apakah kamu termasuk introvert, ekstrovert atau bahkan ambivert. Selain itu, kamu juga mampu mengenal kelebihan dan kekuranganmu dengan lebih baik.

Jika kamu mengenal sifat asli kamu dengan lebih baik, maka akan lebih mudah dalam proses pemilihan jurusan.

Mengetahui Gaya Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Sebagian orang dapat memperhatikan pelajaran dengan baik di kelas, selebihnya belum tentu dapat melakukan hal yang sama. Seringnya, guru atau dosen yang mengajar juga tidak selalu cocok dengan caramu belaajr.

Karena hal tersebut, kamu perlu mencari tahu sendiri seperti apa gaya belajar yang tepat untukmu. Ketika kamu mengikuti tes minat dan bakat, psikolog akan memberikan hasil tes dan rekomendasi gaya belajar apa yang tepat untukmu.

Kamu akan mengetahui apakah kamu cocok di gaya belajar visual, audio, kinestetik atau kombinasi, sehingga kamu bisa menjalankan proses belajar dengan lebih mudah.

Memperoleh Rekomendasi Jurusan yang Tepat

Poin ini adalah poin paling penting dalam tes minat dan bakat. Setelah melewati serangkaian tes, psikolog akan mengevaluasi hasil dan memberikan rekomendasi jurusan atau profesi yang cocok untukmu.

Setelah menerima hasil, kamu bisa mencari referensi jurusan yang benar-benar sesuai. Kamu tidak perlu mengikuti hasil tersebut, jika dirasa kurang cocok untukmu. Tes minat dan bakat memberikan gambaran mengenai jurusan apa yang kira-kira tepat untukmu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam pemilihan jurusan.

Kamu perlu mengenal dirimu sendiri, sebelum meminta pendapat orang lain. Hindari memilih jurusan karena terpengaruh orang sekitar karena jurusan tersebut mungkin tidak sesuai dengan dirimu.

Kenali dirimu lebih jauh agar kamu dapat melihat potensi diri dan minat apa yang sebenarnya kamu miliki. Tes minat bakat dapat membantumu memilih jurusan kuliah yang tepat.Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah

One thought on “Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah

  1. Nur Rahmi berkata:

    Saya dari jurusan saintek dan saya lebih menyukai praktek dibanding teori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *