Bisa lulus tes beasiswa di Binus, tentu seperti mimpi di siang bolong. Siapa sih yang tidak senang memperoleh beasiswa parsial atau full 100% dari BINUS University? Lembaga perguruan tinggi populer di Jakarta ini memang bukan lembaga negeri.

Tapi, kamu juga bakal merasa beruntung ketika berhasil menjadi BINUSIAN, sebutan bagi mahasiswa BINUS University. Sama seperti kampus-kampus lain, kamu harus mengikuti tes beasiswa BINUS agar dapat lulus kualifikasi serta menikmati pengalaman kuliah di universitas ini.

Tentang Tes di BINUS University

Tes di universitas BINUS adalah TPKS, singkatan dari Tes Potensi Keberhasilan Studi. Lembaga pendidikan tersebut menerapkan tes ini dengan tujuan agar mampu mengukur kapabilitas calon mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan secar tepat waktu.

Dalam TPKS, terdapat dua tahap yang harus kamu selesaikan. Tahap pertama yaitu mengerjakan psikotest. Sedangkan pada tahap kedua yaitu tes TOEFL. Tidak cuman sekedar tes, tapi bagi kamu yang mengambil Gelombang Beasiswa, maka tes psikopat justru jadi penentu besaran beasiswa yang kamu peroleh.

Sedangkan bagi para calon mahasiswa yang tidak ambil Gelombang beasiswa, justru psikotes adalah gerbang untuk menentukan apakah kamu layak jadi BINUSIAN atau tidak.

Bagaimana dengan tes TOEFL? BINUS University menerapkan tes TOEFL untuk mengukur kemampuan para calon mahasiswa. Ini nggak mempengaruhi beasiswa. TOEFL adalah tes untuk membagi para mahasiswa dalam kelas Inggris nanti.

Mahasiswa dengan TOEFL kurang dari 457 akan berada pada kelas berbeda dengan mahasiswa yang memperoleh skor TOEFL di atas 457. Sedangkan mahasiswa dengan skor di atas 550, maka akan ikut kelas Inggris Global Class, selama jurusan yang dipilih menawarkan Global Class.

Tips Agar Lulus Tes Beasiswa

Tentu saja, sebagai lembaga pendidikan swasta, banyak calon mahasiswa atau peserta gagal ikut TPKS Binus. Untuk itu, kamu bisa mengikuti bocoran tips berikut supaya lebih meningkatkan peluang kamu diterima jadi BINUSIAN.

Siapkan Materi

Materi adalah hal penting yang wajib kamu pelajari, karena ada banyak soal untuk dijawab. Sedangkan dalam tes beasiswa binus berupa psikotest, kamu perlu pelajari Matematika Dasar, Logika, dan Bahasa Indonesia Dasar

Berikut adalah berbagai materi dalam Matematika Dasar:

  • Aljabar
  • Bangun Ruang
  • Statistika
  • Peluang
  • Logika Matematika
  • Program Linear

Sementara untuk Logika dan Bahasa Indonesia Dasar tidak jauh berbeda dengan psikotest lain. Contohnya adalah sinonim, antonim, melanjutkan gambar, melanjutkan bilangan, soal padanan kata, atau lainnya.

Perhatikan Syarat Mengikuti Tes

Oh iya, kamu juga harus selalu membawa kartu tes serta pakai sepatu ya!

Memang, dua hal tersebut sangat sepele, tapi penting sekali karena dalam kartu tes terdapat informasi seperti jam tes, nomor komputer untuk ikut tes, dan nomor ruangan.

Jangan sampai nomor kartu kamu tertinggal saat sedang mengikuti tes beasiswa Binus, karena ini adalah syarat wajib. Jika tidak ada foto atau tidak ada stempel pada kartu tes, kamu harus menuju ke admisi terlebih dahulu.

Itulah mengapa, sebaiknya datang 30 menit sebelum tes dimulai agar kamu lebih siap mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kartu tes. Jika tidak ada stempel dan foto, pengawas TPKS tidak akan memberikan izin masuk.

Kamu juga harus menggunakan sepatu dan pakai pakaian sopan. Banyak pengawas yang tidak memberikan toleransi pada calon mahasiswa menggunakan sandal.

Cukup Tidur dan Tetap Tenang Saat Tes

Jika sudah masuk ruang tes, ikuti perintah pengawas dengan menonaktifkan ponsel atau peralatan elektronik. Selama ujian, pengawas tidak memberikan izin sama sekali untuk keluar ruangan, bahkan untuk ke toilet.

Jika kedapatan peserta tes beasiswa Binus mencontek, maka hasil ujian otomatis langsung gugur. Jadi, tetap tenang dan fokus ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *