Agar bisa masuk PTN favorit dengan jurusan pilihan, memperhatikan tips memilih jurusan SNMPTN merupakan bagian dari strategi kamu. SNMPTN adalah seleksi masuk PTN yang dilaksanakan lebih dulu. Kemudian, disusul jalur masuk SBMPTN juga jalur mandiri.

Bagaimana proses seleksi berjalan? LTMPT adalah pihak pelaksana SNMPTN, melakukan sistem pemeringkatan bagi seluruh peserta SNMPTN dengan melihat nilai mata pelajaran pada rapor. Nilai akademik dan non-akademik juga menjadi pertimbangan untuk prestasi siswa.

Agar kamu tidak bingung supaya bisa lulus seleksi, pelajari terlebih dahulu apa saja tips memilih jurusan SNMPTN. Beberapa jurusan sangat bergantung pada nilai rapor. Selebihnya, perhatikan strategi pemilihan jurusan berikut.

1. Lintas Jurusan

Ketika kamu SMA, perhatikan latar belakang pendidikan, dan pilih jurusan yang relevan saat ikut SNMPTN. Misalnya, jika kamu adalah lulusan SMA kelas IPA, pilih saja jurusan relevan sesuai Ilmu Pengetahuan Alam, bukan Bahasa atau IPS. Lintas jurusan wajib kamu hindari supaya mencegah kegagalan masuk SNMPTN.

2. Passing Grade Jurusan

Hal berikutnya sebagai tips memilih jurusan SNMPTN adalah dengan melihat passing grade. Perhatikan berapa standar nilai pada jurusan PTN pilihan, seperti apa tingkat popularitas jurusan pada PTN tersebut, dan bagaimana passing gradenya.

Jika jurusan tersebut sangat populer, ribuan peserta sudah memilih, dengan standar passing grade tinggi, tentu persaingan jadi semakin ketat. Tidak masalah jika memilih jurusan populer dengan persaingan tinggi. Asalkan, nilai rapor kamu juga sudah sesuai kriteria. Guru Konseling (BK) bisa jadi tempat tepat untuk berdiskusi.

3. Lirik Jurusan dan PTN Sepi Peminat

Sebaiknya, gali informasi sebanyak mungkin tentang PTN tertentu, jurusannya dan juga bidang studi yang sepi peminat, namun program studi tersebut sangat dekat dengan minat kamu.

Kamu bisa memilih PTN dan jurusan tersebut sebagai pertimbangan atau opsi jika jurusan pilihan utama justru terlalu sulit untuk bersaing. Pikirkan kembali, karena justru jurusan sepi peminat bisa membantu supaya lulus seleksi SNMPTN tapi jurusan tersebut sesuai minat.

4. Jurusan Sesuai Nilai Rapor Terbesar

Tips memilih jurusan SNMPTN berikutnya adalah dengan melihat rekam jejak sekolah, yaitu riwayat alumni yang sudah diterima pada PTN dari sekolah tertentu.

Kebanyakan sekolah pasti mengirim siswa ke PTN secara konsisten. Jika siswa berprestasi tersebut mampu mempertahankan atau meningkatkan prestasinya saat menjadi mahasiswa, maka sekolah asalnya akan memperoleh perhatian lebih besar di PTN tersebut.

Jadi, kamu wajib cari tahu bagaimana reputasi sekolah kamu di mata PTN yang sudah kamu pilih, apakah alumni dari sekolah kamu justru berprestasi. Alumni punya pengaruh besar untuk menentukan apakah PTN pilihan menerima kamu karena sudah melihat sendiri bagaimana pencapaian para alumni.

5. Nggak Serius Pilih Jurusan

Pilih jurusan sebaiknya sesuai prioritas bidang yang kamu minati. Jika sudah diterima, wajib kamu ambil. Kalau tidak, justru indeks sekolah nanti kan berkurang oleh PTN yang sudah kamu pilih. Jadi, jangan buru-buru pilih jurusan pada PTN dalam SNMPTN, ya!

Ingat, faktor kualifikasi siswa dari nilai rapor dan prestasi akademik dan faktor indeks sekolah sangat menentukan penerimaan SNMPTN. PTN juga punya kebijakan dalam pemberian jatah atau kuota pada daerah, dengan tujuan supaya lulusan dapat berkontribusi pada derah asal.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak tentang apa saja tips memilih jurusan SNMPTN. Jadi, kamu nggak cuman lulus saja, tapi berada pada jurusan yang tepat sesuai minat dan berada pada PTN sesuai yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *