Ada banyak istilah dalam perguruan tinggi, salah satunya dan membuat bingung mahasiswa baru mungkin adalah apa itu SKS. Ini adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Hal ini merupakan beban dalam setiap mata kuliah, dengan jumlah beban yang berbeda antara satu mata kuliah dengan lainnya.

Beberapa mata kuliah memiliki total 2, atau bahkan hingga 4 satuan kredit semester. Semakin penting mata kuliah tersebut untuk program studi, maka semakin besar beban nilai satuan kredit. Semakin besar bobot satuan kredit ini, maka hal tersebut juga menjadi tanda bahwa semakin berat pula mata kuliah tersebut.

Mengapa SKS itu Penting?

Dalam satu semester perkuliahan, kamu akan belajar selama 14 hingga 18 minggu. Kamu dituntut mengikuti berbagai kegiatan akademik. Sistem ini juga menjadi penentu bagi mahasiswa apakah usaha kumulatif dalam program studi yang kamu ambil sudah terpenuhi atau belum.

Satuan Kredit Semester juga sangat erat kaitannya dengan besar atau kecilnya usaha mahasiswa dalam menempuh pendidikan perguruan tinggi. Satu saturan kredit merupakan beban yang diberikan dalam pengalaman belajar, yaitu 60 menit per minggu, tenaga pendidik melakukan acara tatap muka dengan 10 menit waktu istirahat, 60 menit per minggu untuk kegiatan akademik yang tidak ada jadwal, tapi sudah direncanakan oleh tenaga pengajar dan 60 menit per minggu untuk akademik mandiri

Jika perkuliahan di laboratorium, 3-4 jam per minggu mengerjakan tugas di lab.

Pelaksanaan kegiatan di lapangan membutuhkan 3-4 jam sehari dalam satu bulan dengan tugas di lapangan.

Perlu diketahui bahwa semua kampus memiliki sistem ini. Apa itu SKS dan tujuannnya? Bagi perguruan tinggi, satuan kredit merupakan cara untuk memenuhi tuntutan dalam pembangunan, sehingga dapat menyajikan berbagai program pendidikan fleksibel dan bervariasi.

Dengan cara ini, mahasiswa dapat lebih luas memilih program agar dapat menuju pada profesi tertentu.

Secara khusus, tujuan dari SKS adalah untuk beberapa hal berikut:

  • Memberikan peluang mahasiswa untuk menyelesaikan program jurusan tepat waktu.
  • Memberi kemudahan bagi lembaga pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum dengan adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.
  • Satuan Kredit Semester dapat digunakan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan dan belajar mahasiswa secara optimal.
  • Membantu pengalihan atau transfer kredit antar jurusan dalam perguruan tinggi atau antar perguruan tinggi.
  • Memberikan aturan atau dasar yang jelas utuk melakukan evaluasi peningkatan belajar mahasiswa.

Apa itu SKS dan ciri-cirinya dalam perkuliahan adalah berikut:

Dalam sistem ini, masing-masing kuliah memiliki harga, yaitu nilai kredit.

Nilai kredit dalam setiap mata kuliah bervariasi.

Nilai kredit pada masing-masing mata kuliah tergantung dari usaha dalam menyelesaikan tugas dalam praktikum, program perkuliahan, kerja lapangan, dan tugas lainnya.

Aturan Mengambil Satuan Kredit Semester

Ketika kuliah, ada beberapa aturan dalam mengambil beban studi. SKS memiliki hubungan kuat dengan IP. Jika IP semakin tinggi, maka semakin besar pula kamu dapat mengambil jumlah SKS.

Berikut adalah tabel pedoman untuk mengambil beban studi sesuai IP:

IP SebelumnyaJumlah SKS untuk semester berikutnya
3,00 atau lebih24 SKS
2,5-2,922-23 SKS
2,0-2,518-21 SKS
1,5-2,015-17 SKS
0-1,514 SKS

Misalnya, kalau pada semester pertama, kamu berhasil memperoleh IP 2,5 maka dalam semester dua nanti, kamu hanya dapat mengambil 18-21 SKS saja.

Pada awal semester, kamu harus mengisi KRS atau Kartu Rencana Studi. KRS tersebut diisi dengan arahan dan izin dari Pembimbing Akademik atau PA.

Sekarang, kamu sudah mengenal lebih dalam mengenai sistem ini. Lebih jelasnya, Satuan Kredit Semester memiliki pengaruh besar dalam durasi perkuliahan per minggu. Masing-masing universitas tentu punya peraturan berbeda tentang kelulusan mahasiswanya.

Umumnya, kamu harus menuntaskan hingga 144 Satuan Kredit Semester dalam program S1. Agar kamu bisa lulus tepat waktu, maka kamu harus memenuhi 24 SKS per semester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *