Trades and personal services merupakan jurusan yang berkaitan dengan vocational school. Mengambil mata kuliah tersebut, artinya kamu akan belajar tentang tata usaha, teknisi, dan lainnya. Sebagai seseorang yang ahli di bidang personal service, maka kamu dapat melakukan berbagai tugas yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagian menarik dari jurusan trades and personal services yang paling populer di sekolah kejuruan adalah karena kamu akan belajar sesuai karir yang kamu inginkan. Sehingga, kamu tidak perlu mengambil banyak mata kuliah seperti di perguruan lainnya.

Mengenal Jurusan Trades and Personal Services

Selama sekolah kejuruan, maka kamu akan mengasah kemampuan teknik, sehingga siap untuk bekerja di bidang tersebut. Beberapa contoh trade school adalah American Career College, Chamberlain University, dan UEI.

Beberapa program studi yang tersedia dapat membantu kamu untuk menjadi wisudawan di bidang keperawatan, informasi teknologi, pengetahuan kesehatan, asisten medis, montir, dan lainnya.

Apa Saja Yang Dipelajari?

Untuk kamu yang mengambil program Dental Assisting, misalnya maka akan belajar tentang bagaimana menjadi seorang asisten dokter gigi.

Selama belajar, biasanya di kampus nanti kamu juga akan mempelajari bidang lain, sebagaimana berikut:

Business/Entrepreneurship – Banyak mahasiswa yang mengambil sekolah kejuruan juga ingin membangun dan memulai bisnis. Mengapa ini seringkali diajarkan dalam sekolah kejuruan? Karena, akan dirasa kurang optimal jika mahasiswa kurang memiliki kemampuan untuk bersisnis.

Computer Science – Komputer dan pengetahuan di bidangnya merupakan asset penting dalam jurusan trades and personal services. Dengan memiliki skill komputer yang baik, maka seorang mekanik tentu dapat memperbaiki kendaraan yang penuh dengan gadget, misalnya.

Mengapa Trades and Personal Services?

Berikut adalah alasan mengapa jurusan trades and personal services adalah pilihan tren saat ini:

  • Terdiri dari berbagai pilihan durasi kuliah. Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dan biaya kuliah yang kamu siapkan.
  • Hanya mempelajari di bidang yang spesifik.
  • Sekolah langsung praktek, sehingga pengalaman di lapangan terus diasah. Kamu pun bisa langsung kerja setelah kuliah.

Perkuliahan

Durasi kuliah tentu tergantung pada pilihan lembaga yang kamu inginkan. Biasanya, jurusan tersebut tersedia di beberapa lembaga berikut.

  • Trade and Personal Services School

Program ini adalah program paling pendek durasinya, yaitu hanya satu sampai dua tahun. Sekolah kejuruan ini memang fokusnya adalah untuk bisnis. Sehingga, mahasiswa bisa langsung dididik untuk memiliki ketrampilan dan pengalaman di bidang spesifik.

Pada akhir perkuliahan, kamu akan mendapatkan sertifikat atau diploma, sehingga kamu tinggal menyiapkan izin tes dan memulai karir sesuai bidang yang kamu pelajari. Artinya, kamu hanya hadir di kelas dan mengikuti program latihan profesional.

  • Community Colleges

Kebanyakan, community college tersedia untuk public, tapi juga ada yang privat. Hampir sama seperti trade school, lembaga ini juga memberikan sertifikasi atau diploma bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan program tersebut untuk kemudian langsung bekerja di bidang spesifik, seperti keperawatan.

Biasanya, sekolah ini dibuka untuk lulusan SMU atau pelajar usia mulai 18 tahun. Community Colleges bahkan menjadi pilihan yang paling terjangkau jika berkaitan dengan biaya sekolah. Dengan jumlah mahasiswa yang juga lebih banyak dibandingkan Trade Schools. Bahkan tersedia pula fasilitas menunjang seperti tempat tinggal di kampus, dan lainnya.

Community College juga sering menawarkan kebijakan seperti transfer program studi 2-tahun ke program studi 4-tahun. Jika kamu ingin melakukan hal tersebut, pastikan bahwa seluruh mata kuliah yang kamu ambil sesuai persyaratan untuk transfer.

  • Four-Year Colleges

Kampus ini bisa privat atau terbuka untuk umum. Setelah kuliah di lembaga seperti ini, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana (S1), yang menawarkan gelar paling tinggi dibandingkan pada Vocational School atau Community Colleges. Sehingga, kamu bisa mendapatkan karir lebih baik.

Dengan gelar ini, kamu juga bisa langsung mengambil program sekolah profesional seperti sekolah medis, sekolah hukum, atau lainnya.

Prospek Kerja Dan Karir

Seorang profesional yang mengambil jurusan personal service, dapat melakukan pelayanan langsung sesuai biedangnnya. Banyak industri yang membutuhkan personal service, termasuk di bidang wisata, kesehatan, kecantikan, kebersihan, dan lainnya.

Kesimpulan

Jurusan trades and personal services merupakan sekolah untuk mendapatkan pekerjaan dan karir spesifik. Ketika kamu mengambil program studi Sarjana, kamu mendapatkan lebih besar peluang kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *