Uni Eropa memiliki beberapa negara yang dituju oleh para siswa internasional. Spanyol adalah salah satu negara yang dimaksud. Sadar bahwa negara ini sering dituju oleh banyak siswa internasional. Maka ada berbagai program beasiswa Spanyol yang bisa dipilih.

Spanyol memiliki beberapa universitas tertua di Eropa. Bahkan, ada 74 universitas di Spanyol yang bisa kamu pilih sebagai tujuan pendidikan. Selain itu, bahasa Spanyol menjadi salah satu bahasa terpenting di dunia.

Berikut beberapa beasiswa universitas di Spanyol yang bisa dipilih:

Beasiswa Spanyol

Beberapa universitas di Spanyol memberikan beasiswa untuk para kandidat mahasiswa. Beasiswa ini sendiri dibiayai secara penuh atau sebagian biaya kuliah.

Kamu bisa memeriksa situs resmi masing-masing universitas untuk mengetahui lebih lanjut seputar beasiswa kuliah di Spanyol yang tersedia.

1. Alliance 4 Universities

Program ini adalah kesempatan pertukaran pelajar selama 3-5 bulan bagi mahasiswa S1 di Universitat Autonoma de Barcelona, Universidad Autonoma de Madrid, Universidad Carlos III de Madrid dan Universitat Pompeu Fabra en Barcelona.

Sayangnya, kesempatan ini masih sangat terbatas untuk mahasiswa di universitas Indonesia. Tentunya, yang bekerja sama dengan keempat universitas yang disebutkan sebelumnya.

Universitas di Indonesia yang bekerja sama mencakup Binus, UNAIR, ITB, Telkom dan beberapa universitas lainnya.

Jika kamu berasal dari salah satu universitas tersebut, kamu bisa menanyakan prosedur lebih lengkap ke kantor urusan internasioanl atau bagian-bagian yang bersangkutan di kampus kamu.

2. Beasiswa InnoEnergy

Uni Eropa melalui InnoEnergy memberikan program beasiswa penuh dan parsial untuk program S2.

InnoEnergy sendiri adalah lembaga riset, kewirausahaan dan pendidikan. Program ini diberikan kepada calon mahasiswa berperstasi untuk belajar di dua universitas berbeda di dua negara yang berbeda pula.

Salah satu universitas yang dimaksud di sini adalah Polytechnic University of Catalonia. Universitas ini sendiri berada di Barcelona, Spanyol.

3. Erasmus +

Beasiswa Spanyol yang satu ini menjadi salah satu program beasiswa favorit banyak siswa. Erasmus+ sendiri secara resmi menggantikan program beasiswa sebelumnya, yakni Erasmus Mundus.

Program ini khusus ditawarkan kepada sekitar 160 negara di luar Kawasan Uni Eropa. Erasmus+ sendiri menawarkan tiga program yang bisa kamu pilih.

Program-program yang dimaksud adalah Joint Master Degree (EMJMD), Scholar dan Erasmus Mundus Joint Doctorates (EMJDs).

Secara keseluruhan, beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dan lain sebagainya. Berikut besaran beasiswa yang tersedia di Erasmus+ ini:

  • Program EMJMD 1 tahun diberikan dana kira-kira 24,000 Euro untuk satu peserta dan EMJMD 2 tahun diberikan 48,000 per peserta
  • EMJD 3 tahun akan diberikan dana kira-kira sekitar 60,000 Euro
  • Program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 bulan sebesar 14,800.

4. MFP Fellowship

Program yang satu ini adalah beassiwa program doktoral hanya untuk 50 calon kandidat terpilih. Kandidatnya sendiri dapat berasal dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Beasiswa ini sendiri bersifat terbuka, transparan dan unggul. Banyak juga para siswa yang berlomba untuk mendapatkan beasiswa yang satu ini.

Program beasiswa ini didanai oleh Uni Eropa lewat program European Union’s Horizon 2020, beserta Marie Skłodowska-Curie Actions (MSCA).

Para penerima beasiswa nantinya, tidak hanya melakukan penelitian URV, namun juga dapat melakukan magang atau bekerja di berbagai industri Uni Eropa.

Bidang penelitian yang didanai mencakup semua bidang. Bahkan, termasuk juga sains, teknologi, kesehatan, ilmu sosial dan hukum.

Universitas Favorit Spanyol

Selain beasiswa Spanyol yang sering dituju, ada banyak universitas yang juga membuka beasiswa untuk para siswa internasional.

Spanyol sendiri memiliki banyak universitas terbaik dan terkemuka yang bisa dipilih oleh para siswa internasional. Berikut daftar universitas yang sering jadi pilihan siswa internasional.

1. University of Barcelona

University of Barcelona kerap disapa UB dan merupakan universitas swasta yang berlokasi di Barcelona.

UB sendiri didirikan pada 1450 dan terbagi menjadi 18 fakultas. Ada lebih dari 63,000 mahasiswa terdaftar di kampus ini. Universitas ini menawarkan 75 program S1, lebih dari 300 program S2, dan lebih dari 90 program S3.

Universitas ini menjadi pusat penelitian universitas terkemuka di Spanyol. UB juga menjadi patokan bagi negara-negara Eropa dalam hal penelitian.

Pada 2006 hingga 2010, ada sebanyak lebih dari 15,000 makalah ilmiah telah diterbitkan. Hal ini membuktikan bahwa UB menjadi universitas dengan ouput ilmiah tertinggi.

2. University of Navarra

Universitas yang satu berada di Pamplona dan menjadi salah satu universitas Katolik terbaik di Spanyol.

Telah didirikan pada 1952, kini University of Navarra memiliki siswa lebih dari dari 11,000. Sebanyak 1,700 mahassiwa di sini berasal dari luar negeri atau mahasiswa internasional.

University of Navarra mengukuhkan namanya dengan menempatkan sekolah manajemen internasional miliknya menempati posisi ke-35 sebagai 50 universitas terbaik di New York Times.

3. Universidad Carlos III de Madrid

Universidad Carlos III de Madrid telah berdiri sejak 1983 dan menjadi universitas negeri yang inovatif dan berkomitmen dalam perkembangan para ssiwa.

Pengajaran berkualitas tinggi dan penelitian terdepan menjadi bagian pengajaran dan dilakukan sesuai dengan pedoman internasional.

Universitas ini juga terkenal dengan kualitas penelitian akademik, beban kerja studi yang tinggi dan orientasi internasional.

Universitas ini juga menjadi bagian dalam beasiswa Alliance 4 Universities yang telah disebutkan di atas.

4. Universitat Pompeu Fabra

Meski berusia sangat muda, jika dibandingkan dengan universitas lainnya, universitas ini memiliki perkembangan yang sangat pesat.

Terletak di Barcelona, Universitat Pompeu Fabra menempati posisi ke 300 besar universitas terbaik di dunia dan terbaik ke-5 di Spanyol. Universitas ini bahkan berhasil menyalip universitas lainnya yang lebih tua.

Di sini, ditawarkan berbagai pelatihan dengan menerapkan model pembelajaran yang berkualitas tinggi, unggul dan ketat.

Proses pembelajarannya berfokus pada bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, Kesehatan dan Ilmu Pengetahuan, serta Ilmu Komunikasi dan Informasi.

Universitat Pompeu Fabra memiliki tujuan utama untuk memberikan kontribusi dalam melakukan penelitian. Penelitian yang dialkukan juga berdasarkan pelatihan professional yang sangat baik.

Berbagai pilihan beasiswa Spanyol dan universitasnya membuat kamu memiliki kesempatan yang lebih luas untuk kuliah di Spanyol. Dengan begitu, kamu bisa merasakan pengalaman kuliah luar biasa di salah satu negara Eropa ini.

Persiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan agar kamu bisa mendaftarkan diri di universitas dan program beasiswa tujuan.

Beasiswa Spanyol juga memiliki beberapa tipe, seperti full dan parsial. Dari keduanya, kamu bisa memilih yang paling tepat dengan kebutuhan akademik kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *