Memilih jurusan DKV terbaik di Indonesia kini tak lagi sulit. Ada banyak universitas dari berbagai penjuru negeri yang sudah memberikan pendidikan terbaik untuk Desain Komunikasi Visual. Secara umum, jurusan DKV tak hanya dituntut untuk menghasilkan sebuah karya seni, tetapi juga bisa mempengaruhi perilaku orang lain atas karya yang dibuatnya.

DKV merupakan salah satu bagian cabang dari ilmu desain. Ketika masuk, kamu akan diajarkan mengenai sebuah karya seni yang bersifat informatif, komunikatif , serta efektif. Tak heran, peminatnya selalu bertambah setiap tahun. Di bawah ini terdapat pilihan universitas yang bisa kamu jadikan tempat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual.

1. Universitas Tarumanegara

Salah satu universitas swasta desain grafis yang cukup mumpuni dan berpengalaman menghasilkan lulusan berprestasi yaitu Universitas Tarumanegara. Jurusan DKV sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT berlaku mulai 2017-2022. DKV di Universitas Tarumanegara berada di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Jika kamu berminat mendaftarkan diri sebagai mahasiswa, kampus ini bisa menjadi pilihan yang cukup baik.

2. Institut Kesenian Jakarta

Salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia yang disinyalir sebagai salah satu pioner adalah IKJ. Secara umum, belajar di dunia desain grafis IKJ juga akan diperkenalkan mengenai komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, multimedia. Diharapkan setelah belajar lebih dalam, kamu juga akan lebih peka terhadap seni grafis dan visual yang bisa dikembangkan untuk video maupun iklan berbayar.

3. Institut Seni Indonesia (ISI)

ISI Denpasar menjadi salah satu rujukan pembelajaran DKV yang tak kalah bagus. Selain ISI Denpasar, ISI Yogyakarta juga menjadi rujukan jurusan DKV terbaik di Jogja. Sesuai dengan namanya, kampus ISI memang lebih banyak fokus pada bidang kesenian, teater, musik, drama dan sejenisnya.

4. Universitas Pelita Harapan

Di kawasan Karawaci, Tangerang, terdapat satu universitas yang memiliki jurusan DKV yang cukup terkenal, yakni Universitas Pelita Harapan. Di dalamnya, jurusan satu ini cukup menjadi primadona yang banyak diminati para mahasiswa baru. DKV di UPH juga sudah menerima akreditasi BAN-PT dengan nilai A.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas satu ini juga menjadi salah satu jujugan para mahasiswa yang ingin belajar desain. Tak hanya akan belajar menggambar grafis 2 dimensi, kamu juga diperkenalkan dengan penggarapan media 3 dimensi. Tak heran bila lulusan UNS dari jurusan DKV banyak yang melintang sebagai animator, fotografer, video editor, dan lainnya.

6. Universitas Negeri Malang (UM)

Jurusan DKV terbaik di Indonesia untuk kawasan Jawa Timur, kamu bisa mengandalkan UM. Meski masih belum terlalu populer dibandingkan kompetitornya, UM sudah memiliki nilai akreditasi A. Usianya pun cukup matang, yakni 20 tahun karena dibuka pada tahun 2000 yang lalu. Hingga saat ini, Universitas Negeri Malang sudah menelurkan 42 angkatan yang sukses di bidang videografi, nirmana dimensi, komunikasi periklanan, dan lainnya.

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menjadi salah satu kampus yang memiliki standar penerimaan mahasiswa DKV yang cukup sulit. Kuotanya sebesar 150 mahasiswa per tahun dan peminatnya semakin membludak pada tahun ini. Agar bisa lolos, kamu harus menempuh beberapa tahapan tes. Pertama menggambar dengan 3 tema besar yang telah ditentukan.

Kedua, setelah dinyatakan lolos, kamu tak serta merta langsung bisa masuk ke jurusan DKV. Kamu akan diizinkan untuk belajar pendidikan dasar FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) terlebih dahulu selama satu tahun.

Pada tahun berikutnya, kamu akan bertemu dengan berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk memilih salah satu dari 3 peminatan jurusan: Komunikasi Multimedia, Komunikasi Grafis, atau Visual Periklanan. Tak mengherankan bahwa ITB menjadi rujukan untuk jurusan DKV terbaik di Indonesia. Sistemnya ciamik!

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pada tahun 2018, ITS membuka jurusan Desain Komunikasi Visual. Meski tergolong masih seumur jagung, materi DKV di ITS bukan program studi baru. Sebelum jurusan berganti nama, prodi ini berada dalam studi peminatan Jurusan Desain Produk Industri. Lulusan DKV ITS juga sudah banyak yang berhasil. Pilihan pekerjaanya semakin variatif, ditambah era pandemi yang membungkam Indonesia belakangan.

Pekerjaan online seperti DKV menjadi salah satu pilihan yang bisa diandalkan. Baik freelancer maupun pegawai tetap di sebuah perusahaan, keberadaanmu yang memiliki skill desain akan sangat berpengaruh untuk masa depan. Kamu bisa mengembangkan diri sebagai layouter, ilustrator, atau lainnya.

Tak jarang, industri game juga membutuhkan kemampuanmu untuk peningkatan kualitas. Dengan bergerak dan berdedikasi penuh pada bidang yang kamu senangi, maka pekerjaan apapun akan terasa ringan untuk dikerjakan.

Menentukan studi kuliah di jurusan DKV terbaik di Indonesia memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Semua perguruan tinggi memiliki keunggulan masing-masing. Kamu bisa sesuaikan dengan lokasi yang diinginkan. Hampir semua universitas menawarkan pembelajaran yang akan berguna untukmu di masa depan. Jadi, sudahkah kamu tentukan ingin kuliah di kota mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *