Universitas negeri di Bogor nggak cuman IPB University. Bogor menjadi pilihan banyak orang karena tempat wisata unik dan ragam kulinernya. Bogor menjadi tempat favorit para pelajar untuk melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi. Jika kamu ingin menikmati pendidikan universitas negeri di Bogor, kamu bisa mendaftar pada berbagai pilihan perguruan tinggi berikut.

1. IPB University

Terakreditasi A, IPB University memiliki 1.224 dosen dan 15.912 mahasiswa. Berawal dari Fakultas Pertanian Universitas Indonesia, kini IPB University menjadi perguruan tinggi berbasis riset internasional, unggul pada bidang pertanian tropika, kewirausahaan, dan biosains.

Berdasarkan Menristekdikti 2019, IPB University berada pada urutan top-3 kampus terbaik se-Indonesia. IPB juga merupakan kampus terinovatif se-Indonesia dengan prestasi lebih dari 400 inovasinya selama 10 tahun.

Hasilnya, IPB memperoleh Anugerah Widyapadhi, ranking 1 Nasional tahun 2017 dan 2018. Terdapat 24 program pendidikan dan sudah bersertifikasi secara internasional.

Seleksi masuk pendaftaran dibuka dalam beberapa jalur, yaitu: Ketua OSIS, SNMPTN, UTK-SBMPTN, UTM-BK, Beasiswa Utusan Daerah, dan Prestasi Internasional & Nasional.

2. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor

STTP Bogor juga merupakan universitas negeri di Bogor terakreditasi B. Terdapat 165 mahasiswa dan 45 dosen, menawarkan pendidikan berbasis pertanian dan peternakan.

Jika kamu tertarik pada bidang tersebut, STTP menawarkan program jurusan pertanian dan jurusan peternakan. Untuk pendaftaran, STTP Bogor menyediakan empat jalur masuk bagi mahasiswa baru, yaitu:

  • Jalur umum/ujian tulis, dengan pendaftaran online
  • Jalur undangan
  • Jalur kerjasama
  • Jalur tugas belajar/ PNS

Dengan biaya kuliah terjangkau, yaitu Rp 3.000.000 per semester pada tahun 2016, mahasiswa sudah memperoleh beberapa fasilitas, seperti: pakaian seragam, bebas uang makan, bebas biaya asrama.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara

STSN merupakan perguruan tinggi kedinasan. Penyelenggaranya adalah Lembaga Sandi Negara, dengan menawarkan program Diploma IV. Setelah lulus, kamu bisa menjadi CPN untuk bekerja di Lembaga Sandi Negara.

Jika ingin mendaftar di STSN, maka kamu harus ikut pendaftaran umum. Pendaftaran secara online, dilanjutkan program seleksi ketat. Keuntungan kuliah di STSN jika diterima adalah kamu tidak perlu bayar biaya kuliah.

Seluruh program perkuliahan gratis, karena sekolah kedinasan sudah ditanggung negara. Tidak perlu memikirkan biaya makan, tempat tinggal, atau lainnya karena asrama juga telah disediakan.

4. Politeknik AKA Bogor

Suka pelajaran Kimia dan merupakan lulusan SMA IPA? Jika iya, kamu bisa langsung lanjut studi tentang Ilmu Kimia Terapan. Politeknik AKA Bogor menyediakan kebutuhan perkuliahan tersebut, sekaligus menjadi lembaga perguruan tinggi pertama yang menawarkan kimia analisis.

Lembaga pendidikan vokasi, dibawah Kementrian Perindustrian tersebut menawarkan jurusan teknik kimia, teknik industri, kimia, serta ilmu dan teknologi pangan.

Jalur masuk ke AKA Bogor dapat melalui pilihan berikut:

  • Jalur undangan
  • Seleksi rapor
  • Jalur ujian masuk gelombang I
  • Jalur ujian masuk gelombang II

Biaya kuliah tergantung berapa jumlah SKS yang kamu ambil tiap semesternya.

5. Sekolah Tinggi Perikanan

Berawal dengan nama Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas, menawarkan dua jurusan, Penyuluhan dan Penyelidikan. Kemudian, nama lembaga berubah menjadi Sekolah Usaha Perikanan Menengah Bogor tahun 1972.

Tahun 1993, sekolah berkembang menjadi Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian. Tahun 2006, perubahan terjadi dengan penggabungan lembaga dengan nama Sekolah Tinggi Perikanan.

Karena merupakan sekolah kedinasan, biaya kuliah di universitas negeri di Bogor ini gratis. Sehingga, memang tidak menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya. Tentu ini adalah penawaran menarik, bukan?

Sekarang, kamu sudah tahu semua universitas negeri yang ada di kota hujan ini. Mana sekolah pilihanmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *