Memilih universitas swasta di Jogja tentu tidak mudah. Ada begitu banyak kampus swasta yang kredibel. Bahkan, beberapa lembaga juga sudah terkenal kualitasnya karena sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Untuk kamu yang punya rencana kuliah di Jogja setelah lulus sekolah nanti dan ingin sekolah di universitas swasta, berikut adalah pilihan universitas unggulan:

1. Universitas Islam Indonesia

Berada di Sleman, Universitas Islam Indonesia berjarak sekitar 20km dari Gunung Merapi. UII juga beroperasi pada tanggal 8 Juli 1945, sebelum kemerdekaan Indonesia! UII berdiri berkat para tokoh bangsa termasuk Moh. Hatta.

Universitas Islam Indonesia menawarkan program sarjana, diploma atau vokasi. Program D3 juga tersedia, yaitu jurusan Analisis Kimia, Perbankan dan Keuangan, Manajemen, dan Akuntansi.

Untuk program S1 justru lebih bervariasi, seperti: Jurusan Arsitektur, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Rekayasa Tekstil, Teknik Industri, Ekonomi Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknik Elektro, Farmasi, Pendidikan Agama Islam dan lainnya.

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Berada pada satu lokasi dengan UII, Universitas Atma Jaya tidak hanya tersedia di Makasar dan Jakarta, tapi juga di Jogja. UAJY berdiri sejak tahun 1963, dibawah naungan Yayasan Slamet Rijadi.

UAJY juga universitas terbaik, dengan berbagai jurusan seperti: Arsitektur, Sistem Informasi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Teknik Industri, Akuntansi, Teknik Sipil, Sosiologi, Hukum, Ilmu Komunikasi, Informatika, dan Biologi.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

UMY berada di Bantul, dibuka sejak tahun 1981 dan kini telah mempunyai 8 fakultas. Berbagai pilihan jurusan adalah Ekonomi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Manajemen, Akuntansi, Keperawatan, Pendidikan Agama Islam, Farmasi, Syariah Economics, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Teknik Sipil, dan Ilmu Pemerintahan.

Atau, kamu juga dapat memilih jurusan seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, atau Pendidikan Bahasa Jepang.

4. Universitas Ahmad Dahlan

Berdiri sejak tahun 1960, UAD berada di area Umbul Harjo Yogyakarta. Universitas swasta Jogja tersebut merupakan perguruan tinggi yang dikenal dengan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian, berkembang menjadi UAD dengan berbagai program sarjana.

UAD menawarkan banyak sekali program jurusan, seperti: Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Akuntansi, Bahasa dan Sastra Arab, Teknik Pangan, Matematika, Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Bimbingan dan Konseling, Perbankan Syariah, Teknik Kimia, Pendidikan Agama Islam, Kedokteran, Teknik Informatika, Ilmu Hukum, dan lainnya.

5. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas swasta Jogja ini berawal dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana dan resmi beralih jadi universitas pada tahun 1985.

UKDW kini memiliki hingga 7 fakultas, dengan berbagai jurusan sarjana tersedia pada seluruh fakultasnya, yaitu Teologi, Desain Produk, Akuntansi, Arsitektur, Biologi, Management, Sistem Informasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Informatika, dan Kedokteran.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang mana saja universitas swasta di kota Gudeg tersebut yang unggul. Ketika bingung memilih universitas terbaik, maka salah satu pertimbangan untukmu adalah biaya kuliah.

Dengan kuliah di Jogja, sudah menjadi pilihan tepat karena harga kos, makanan sehari-hari, dan biaya transportasi publik terbilang terjangkau jika kamu membandingkan berapa biaya hidup pada berbagai kota pelajar di Indonesia lainnya.

Penawaran biaya hidup dan kualitas berbagai kampus swasta di Jogjakarta terbilang bagus. Itulah mengapa Jogjakarta juga banyak dipilih pelajar untuk studi lanjut. Jadi, tidak perlu berpikir terlalu lama untuk memulai kuliah di Jogja. Tinggal tentukan mana universitas yang menawarkan jurusan terbaik sesuai minat dan tujuan karirmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *