Terdapat beberapa universitas terbaik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hampir semua kampus berjibaku mendapatkan pengakuan sebagai kampus terbaik di kelasnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa indikator penilaian yang digunakans ebagai pegangan untuk Pemeringkatan Perguruan Tinggi tahun 2019.

  1. Kinerja Input: menyumbang 15% penilaian berupa jumlah dosen pendidikan S3, dosen dan guru besar, rasio perbandingan jumlah mahasiswa dan dosen, termasuk mahasiswa asing dan dosen asing.
  2. Proses penilaian: menyumbang 25% karena meliputi akreditasi perguruan tinggi dan prodi, pembelajaran online, kerja sama antar universitas, dan kelengkapan laporan kerja dan laporan keuangan.
  3. Kinerja output : menyumbang 25% penilaian, di dalamnya mencakup jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian dosen dan mahasiswa, serta jumlah program studi yang terlah terakreditasi dalam skala internasional.
  4. Penilaian Outcome : sebesar 35%, di dalamnya mencakup kinerja inovasi, jumlah mahasiswa diterima bekerja dalam 6 bulan selepas kelulusan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat yang tercatat.

Berdasarkan penilaian di atas, maka indeks sebagai universitas terbaik menjadi lebih terstruktur. Poin penilaian di atas menjadi pedoman untuk akademisi di universitas agar mempersiapkan diri agar mendapatkan nilai yang terbaik. di bawah ini terdapat beberapa ringkasan universitas terbaik di Jawa Tengah dan kota Yogyakarta.

Universitas Sebelas Maret

Berada di kota Surakarta, Universitas Sebelas Maret termasuk dalam kampus yang bisa diperhitungkan. Rangking nasional perada pada peringkat 12 dan berada dalam klaster 1. Jenjang untuk S2 dan S3 juga bisa menjadi rujukan meski kamu bukan lulusan S1 UNS sebelumnya.

Universitas Negeri Semarang

UNNES juga menjadi salah satu rekomendasi perguruan tinggi terbaik di Semarang. Banyak prodi pilihan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, dan Fakutas MIPA. Pascasarjana untuk Pendidikan Geografi dan Pendidikan Bahasa juga tersedia di sini. Tak heran bila UNNES juga menjadi salah satu pilihan universitas terbaik Jawa Tengah 2021.

Universitas Diponegoro

Kampus di kawasan Tembalang ini berada pada peringkat 6 secara nasional. Tak heran bahwa universitas satu ini mematong harga cukup tinggi untuk sesama PT sekelasnya. Kamu harus mengeluarkan dana sekitar Rp4 juta per semester. Angka tersebut belum termasuk biaya untuk praktikum dan sejenisnya bila dibutuhkan.

Universitas Jenderal Sudirman

Universitas terbaik di Jawa Tengah satu ini juga disebut dengan nama Unsoed. Program pembelajarannya dibagi untuk S1 Reguler dan S1 Internasional. Di sini juga tersedia program Diploma (D3/Vokasi) dan pascasarjana untuk Magister (S2) dan Doktor (S3). Dengan banyaknya program studi yang ditawarkanmembuat calon mahasiswa punya banyak pilihan yang bisa dijadikan referensi untuk jurusan yang ingin dipelajari.

Universitas Gadjah Mada

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya UGM menjadi salah satu universitas terbaik di Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari tengah Kota Yogyakarta membuat UGM menjadi salah satu kampus idaman calon mahasiswa di seluruh penjuru negeri. Lulusannya juga dibutuhkan di berbagai lini kehidupan. Tak salah bila kamu menjadikan kampus ini sebagai pilihan untuk menuntut ilmu sebagai mahasiswa.

Universitas Negeri Yogyakarta

Lokasinya bertetangga dengan Universitas Gadjah Mada, UNY dikenal sebagai sekolah keguruan yang dahulu bernama IKIP Yogyakarta. universitas ini menjadi salah satu penyumbang guru dan dosen yang mumpuni di kelasnya masing-masing. Pilihan jurusan yang disediakan juga beragam, mulai dari Bahasa dan Seni, Sains, Ekonomi, Keguruan, dan Keolahragaan.

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Salah satu universitas terbaik di Jawa Tengah banyak berlokasi di Semarang. Diantaranya adalah UIN Semarang. Terdapat 6 fakultas yang bisa kamu jadikan pilihan untuk belajar, yakni Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushluhudin dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Terletak di kawasan Kartasura Solo, UMS menjadi salah satu PTS primadona di kawasan sekitar. UMS merupakan perguruan tinggi yang memiliki jenjeang Diploma hingga Doktor (S3). Di Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat 12 fakultas yang bisa kamu jadikan pertimbangan pilihan untuk belajar.

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Kedokteran Gigi
  4. Fakultas Ilmu Kesehatan
  5. Fakultas Agama Islam
  6. Fakultas Hukum
  7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  8. Fakultas Geografi
  9. Fakultas Komunikasi dan Informatika
  10. Fakultas Psikologi
  11. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  12. Fakultas Teknik

Beberapa universitas terbaik di Jawa Tengah dan Yogyakarta di atas bisa kamu jadikan referensi tempat kuliah. Di mana pun pilihanmu untuk menuntut ilmu, pastikan kamu belajar dengan baik dan menyelesaikan kuliah dengan nilai yang maksimal. Hal ini akan berdampak pada kesempatanmu menjadi fresh graduated unggulan dari prodi yang kamu ambil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *