Untuk para pelajar SMA/SMK sederajat yang sudah lulus dan mencari beasiswa, ada beberapa universitas yang memberikan beasiswa full di Indonesia. Kamu bisa menggunakan peluang beasiswa kuliah dengan menggunakan penawaran dari Aperti (Aliansi Perguruan Tinggi) BUMN.

Tahun 2018 lalu, program beasiswa APERTI BUMN 2019 tersedia, dengan menawarkan beasiswa full pada lembaga pendidikan berikut:

  • Sekolah Tinggi Teknik PLN
  • Universitas Pertamina
  • Telkom University
  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik
  • Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Politeknik POS

Universitas yang memberikan beasiswa full di Indonesia tersebut memberikan kesempatan bagi para peserta yang telah lolos seleksi Aperti. Bantuan kuliah ini akan diberikan pada penerima beasiswa, sehingga biaya pendidikan kamu bisa Aperti tanggung sesuai ketentuan pada masing-masing perguruan tinggi.

Kelebihan Beasiswa

Kelebihan dari perguruan tinggi yang masuk dalam Aperti BUMN adalah adanya jaringan industri. Sehingga, konsep Triple Helix yaitu antara akademis, dunia industri, dan pemerintah dapat bersinergi.

Walaupun pendaftaran beasiswa ini sudah ditutup, namun pastinya selalu ada program-program seperti ini setiap tahunnya. Dalam pendaftarannya, kamu harus mengikuti beberapa tahap sesuai jadwal yang telah ada.

Tahap pertama yaitu pendaftaran, sedangkan tahap berikutnya yaitu pengumpulan berkas, pengumuman dari hasil seleksi administrasi dan berlanjut pada tes online serentak.

Tepat seminggu setelah tes, pengumuman seleksi online adalah hal yang harus kamu hadapi. Tetap tenang dan optimis, sehingga jika kamu lulus seleksi, maka harus mengikuti tes wawancara. Hasil tes final juga pasti sudah ada jadwalnya sendiri.

Jika sudah mengetahui berbagai universitas yang memberikan beasiswa full di Indonesia, kamu juga dapat mempelajari apa saja syarat pada beasiswa ini. Bantuan pendidikan ini hanya berlaku bagi para pelajar SMA/SMK atau sederajat dengan nilai rapor pada semester 1 sampai semester 4.

Dengan mengajukan beasiswa, kamu juga berkesempatan memilih tiga program jurusan pada salah satu perguruan tinggi. Unggah seluruh berkas secara online, dan jangan sampai kelewat batas tanggal. Pendaftaran dapat kamu lakukan secara online, dengan cara membuat akun terlebih dahulu. Akun harus kamu buat dan daftarnya harus menggunakan alamat email aktif. Sehingga, kamu harus aktivasi email dan membuat sandi masuk.

Tahap berikutnya dalam peluang bantuan kuliah dari universitas yang memberikan beasiswa full S1 di Indonesia, maka kamu harus mengisi data diri secara lengkap dengan cara daring. Pilih satu saja universitas dari pilihan di atas, dan unggah dokumen persyaratan.

Apa Saja Keuntungan Beasiswa Full?

Beasiswa full atau beasiswa penuh (full scholarship) merupakan program bantuan kuliah yang sudah mencakup seluruh komponen perkuliahan. Kamu memperoleh bantuan biaya kuliah, asuransi, akomodasi, buku, biaya hidup, tiket perjalanan pulang-pergi, juga fasilitas lain.

Beberapa contoh beasiswa dengan model full scholarship yaitu Beasiswa Australia Awards, Beasiswa Chevening, atau lainnya.

Biasanya, beasiswa penuh tersedia melalui PDP Kemenkeu RI serta dari Universitas yang memberikan beasiswa full di Indonesia.

Istilah full scholarship juga sering kamu dengar untuk menyebut pembiayaan full, dalam biaya kuliah. Atau jika dalam Bahasa Inggris yaitu Full Tuition Fee. Walaupun kamu mungkin tidak memperoleh bantuan dalam hal tempat tinggal atau akomodasi.

Jadi, perhatikan seperti apa ketentuan, syarat, dan skema program bantuan kuliah dari universitas yang menyediakan beasiswa full tersebut. Cari tahu informasi apakah istilah full scholarship yaitu memang mereka yang membayar seluruh tanggungan biaya perkuliahan dan akomodasi atau hanya untuk perkuliahan saja.

Dengan informasi ini, maka kamu dapat mempersiapkan diri dan terus mencari informasi bagaimana caranya memperoleh beasiswa Full S1 untuk kepentingan pendidikan di perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *