Jurusan perfilman di Indonesia merupakan salah satu jurusan yang mempelajari teknik dan pengetahuan dalam proses pembuatan film serta program siaran. Jurusan ini sangat direkomendasikan buat kamu yang tertarik dengan proses produksi film dan progam televisi.

Di jurusan ini, setiap mahasiswa akan diajarkan cara menulis naskah, tata kamera, editing, dan lain sebagainya. Terdapat banyak mata kuliah yang diajarkan oleh jurusan perfilman, 3 diantaranya public speaking, fotografi, dan komunikasi visual. Jika kamu tertarik mengambil jurusan perfilman, berikut ini 6 universitas yang bisa dipilih.

1. Institut Kesenian Jakarta

Universitas yang memiliki jurusan perfilman di Indonesia yaitu Institut Kesenian Jakarta. Di kampus seni ini, kamu akan ditempa menjadi pribadi yang profesional dalam bidang perfilman. Kamu akan diajarkan tentang fotografi, creator audio visual, analisis dalam film, sikap dalam seni, dan cara bersosialisasi.

Buat kamu yang ingin berkarier di industri perfilman, maka kampus ini bisa dijadikan pilihan tepat. Selain itu, Institut Kesenian Jakarta juga telah mencetak nama-nama besar dalam industri film, salah satunya Hanung Bramantyo.   

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Insitut Seni Indonesia Yogyakarta atau disingkat ISI Yogyakarta merupakan salah satu kampus seni yang cukup terkenal di Indonesia. Kampus yang dikenal dengan jurusan Seni Rupa ini juga memiliki jurusan film dengan kualitas terbaik.

Jika ingin masuk jurusan film, kamu bisa memilih Fakultas Seni Media Rekam dengan jurusan Film dan Televisi. Melalui jurusan ini, kamu akan diajarkan berbagai pengetahuan terkait dunia perfilman. Mulai dari manajemen produksi televisi hingga editing elektronik.

Selain itu, jurusan Film dan Televisi juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung. Mulai dari studio produksi standar penyiaran, peralatan tata cahaya untuk produksi televisi, dan lain sebagainya.

3. Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara atau disingkat Binus merupakan salah satu universitas yang memiliki jurusan Perfilman di Indonesia. Jurusan Film yang dibuka pada 2010 ini juga telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

Di kampus ini, kamu akan diajarkan mengenai kreativitas dan keterampilan teknis dalam bidang perfilman. Terdapat banyak mata kuliah yang diajarkan di jurusan film Binus, antara lain Film Literacy, Cinema and Social Studies, World Film Hitory, Indonesian Language, dan lain sebagainya.

4. Institut Seni Indonesia Surakarta

Institut Seni Indonesia Surakarta atau disingkat ISI Surakarta merupakan salah satu universitas yang memiliki jurusan perfilman. Kampus ini terletak di kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat. Selain itu, kampus ini juga berdekatan dengan Keraton Mangkunegaran, Taman Budaya Surakarta, dan Museum Radya Pustaka.

Jika ingin belajar tentang film di ISI Surakarta, kamu bisa memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain, kemudian pilihlah Program Studi Film dan Televisi. Selain bisa mengembangkan pengetahuan seputar dunia perfilman, kamu juga bisa terlibat mengikuti kegiatan kampus yang sarat akan aktivitas seni.

5. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau Unpad merupakan salah satu universitas di Indonesia yang memiliki jurusan film. Meski bukan universitas yang bergerak dalam bidang seni, namun jurusan perfilman Unpad telah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT. Sehingga tidak usah diragukan lagi kualitasnya. Jika ingin mengambil perfilman di Unpad, kamu bisa memilih Program Studi Televisi dan Film yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Komunikasi.

6. Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung

Universitas yang memiliki jurusan film di Indonesia yaitu Institut Seni dan Budaya Indonesia atau disingkat ISBI Bandung. Jika ingin belajar dunia film, maka kamu bisa mengambil Program Studi Film dan Televisi yang tergabung dalam Fakultas Budaya dan Media. Di kampus ini, kamu akan fokus mempelajari dan mengembangkan program berbasis kultural atau film dokumenter.

Prospek Kerja Jurusan Perfilman

Setelah mengetahui nama universitas yang memiliki jurusan perfilman di Indonesia, selanjutnya yaitu prospek kerja bagi lulusan perfilman. Terdapat banyak peluang kerja dari jurusan perfilman, 2 diantaranya sebagai berikut.

Manajer Teknisi Penyiaran

Prospek pekerjaan jurusan perfilman yaitu menjadi manajer teknisi penyiaran. Seorang manajer teknisi penyiaran bertugas melakukan koordinasi pekerjaan departemen teknis, seperti merekam, editing, dan perawatan untuk menghasilkan program. Jika ingin berkarier sebagai manajer teknisi penyiaran, kamu bisa bekerja di berbagai media seperti televisi, radio, atau digital.

Talent Director

Peluang kerja lulusan perfilman yaitu sebagi talent director. Seorang talent director biasanya akan bekerja sama dengan sutradara untuk menyeleksi para pemain yang cocok berperan di atas panggung, televisi, maupun film. Selain itu, talent director juga bertanggung jawab atas semua proses casting dan audisi bagi calon talent.

Terdapat banyak universitas yang memiliki jurusan perfilman di Indonesia, 6 diantaranya seperti disebutkan di atas. Jurusan film merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini karena banyak peluang kerja yang bergengsi dan menjanjikan bagi lulusannya, seperti menjadi manajer teknisi penyiaran dan talent director.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *