Please Wait
Logo
Ilmu Sosial, Politik dan Media

Jurusan Ilmu Bahasa (Linguistics)

Ilmu Bahasa

Linguistics atau jurusan Linguistik merupakan salah satu jurusan unik bidang seni dan humaniora. Bidang ini adalah ilmu pengetahuan bahasa, sekaligus bidang untuk memahami bahasa manusia. Linguistik mempelajari seluk beluk bagaimana masing-masing tempat di dunia mempunyai bahasa berbeda, juga bagaimana bahasa pada beberapa daerah mempunyai kesamaan. Kemampuan berpikir analisis secara tajam adalah hal penting dalam jurusan ini.

Universitas123 - Karakter - Ilmu Bahasa

Karakter siswa yang sesuai

Tekun
Suka menganalisis
Berwawasan luas
Kemampuan bahasa
Observan
Teliti
Senang melakukan riset
Detil
Kritis
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Ilmu Bahasa

Mengapa Ilmu Bahasa

Setelah lulus, jurusan Linguistik dapat bekerja dalam terapi bahasa, pengajaran Bahasa Inggris, jurnalistik, atau bidang penerjemahan.

Menyandang gelar sarjana pada jurusan Linguistik membantu agar kamu mampu menjadi penerjemah handal.

Setelah lulus sarjana, bisa melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi terutama program magister atau doktor di universitas dalam atau luar negeri.

Meningkatkan wawasan dalam kemampuan berbahasa, termasuk meningkatkan daya analisis dalam kalimat pada sebuah pembicaran.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Mahasiswa jurusan Linguistik akan mempunyai keahlian tentang berbagai komponen, analisis, dan kajian dari bahasa yang dipelajari. Misalnya dari rumpun bahasa, sistem penulisan, hingga evolusi bahasa. Kamu juga akan mempunyai kemampuan bahasa lebih dalam, tidak hanya fokus pada satu bahasa, tetapi beberapa bahasa sebagai studi perbandingan. Studi Linguistik mempunyai cakupan lebih luas. Karena kamu akan mempelajari seluk beluk bahasa pada suatu tempat, maka kamu juga akan mengasah kemampuan analisis, observasi, dan melakukan riset.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Selama kuliah, kamu akan belajar tentang bahasa manusia dari berbagai hal, termasuk bentuk, gesture, makna, perubahan, atau bagaimana peran bahasa itu sendiri dalam interaksi sosial. Jadi, tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga kemampuan hipotesis. Kamu juga harus menganalisis pemasaran dan periklanan hingga kepandaian berbicara orang-orang berpengaruh di dunia. Perkuliahan selalu tidak jauh dari tugas analisis bahasa. Pada tahun pertama kuliah, kamu juga akan belajar tentang sintaksis, sosiolinguistik, fonetik, dan fonologi.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Dosen
Jurnalis
Penerjemah
Penulis
Editor
Leksikografer
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123