Please Wait
Logo
Ilmu Sosial, Politik dan Media

Jurusan Jurnalistik (Journalism)

Jurnalistik

Journalism atau jurusan jurnalistik merupakan bidang tepat bagi para mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam tentang dunia jurnalistik termasuk karakter dan dinamikanya pada media massa mulai dari televisi, radio, media cetak, atau online. Jurnalistik adalah pilihan tepat jika kamu ingin belajar ilmu yang mempelajari tentang informasi dan mendistribusikannya melalui media massa serta mencari tahu berbagai karakter pada masing-masing media dan perubahannya. Kuliah jurusan jurnalistik tidak harus selalu jadi jurnalis, karena prospek kerjanya sangat luas. Sehingga, semua tergantung dari wawasan, pemahaman, skill yang kamu peroleh saat duduk di bangku perkuliahan.

Universitas123 - Karakter - Jurnalistik

Karakter siswa yang sesuai

Teliti
Detil
Suka menganalisis
Kritis
Rasional
Observan
Terstruktur
Independen
Berwawasan luas
Keterampilan interpersonal
Bekerjasama dengan tim
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Jurnalistik

Mengapa Jurnalistik

Jurusan jurnalistik mempelajari berbagai hal di lapangan, sehingga kamu dapat bertemu dengan berbagai narasumber dari berbagai latar belakang berbeda. Kamu dapat memperoleh banyak pembelajaran dan pengalaman termasuk melakukan liputan sambil jalan-jalan.

Jika kamu mempunyai hobi menulis sejak di bangku sekolah, jurusan ini merupakan tempat tepat untuk mengasah kemampuan sekaligus peluang besar agar kamu dapat mengeksplor bakat menulis supaya lebih profesional.

Prospek karir jurusan jurnalistik terbuka lebar yaitu dengan bergabung pada perusahaan media atau industri lain.

Belajar jurusan jurnalistik tidak hanya mengembangkan bakat menulis atau mengkaji media tetapi juga belajar kode etik bagi para jurnalis ketika menjalani karir secara profesional.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Mahasiswa jurusan Jurnalistik dalam perkuliahannya akan belajar banyak hal termasuk Bagaimana cara mencari menulis, serta menyunting berbagai berita. Kamu juga harus mampu menyampaikan pesan menggunakan berbagai media massa selama duduk dan mengambil jurusan ini. Sebagai salah satu konsentrasi jurusan ilmu komunikasi, beberapa kampus unggul justru meletakkan jurusan jurnalistik secara independen. Setelah lulus kamu akan mempunyai kemampuan analisis, komunikasi, berpikir struktur, dan mampu menulis. Jurusan jurnalistik juga merupakan tempat untuk mengasah kemampuan membaca serta menguasai berbagai teknologi informasi komunikasi.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Ada banyak hal yang kamu pelajari saat duduk di jurusan jurnalistik termasuk berbagai teknik agar dapat melakukan peliputan serta memperoleh informasi saat turun di lapangan. Kamu dapat belajar bagaimana mencari, menulis, menyunting, juga mendistribusikan informasi atau berita pada berbagai media massa. Mahasiswa juga akan belajar tentang pengenalan karakter serta manajemen media dan berbagai perubahan. Mata kuliah yang akan kamu pelajari adalah psikologi komunikasi, Pengantar Ilmu Komunikasi, jurnalistik online, penulisan berita, dan lainnya.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Public Relations
Jurnalis
Fotografer
Editor
Content Writer
Marketing Communication
Scriptwriter
Copywriter
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123