Please Wait
Logo
Ilmu Sosial, Politik dan Media

Jurusan Manajemen Lingkungan (Environmental Management)

Manajemen Lingkungan

Environmental management atau teknik lingkungan merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana membangun lingkungan bebas penyakit melalui teknik dan teknologi. Ruang lingkup program studi ini berhubungan dengan pengelolaan kesehatan lingkungan, konservasi sumber daya air, pengolahan limbah, pengendalian pencemaran, sistem drainase, pengendalian dan pencemaran udara dan perpipaan. Kelestarian lingkungan sangat penting karena hampir semua masyarakat perusahaan juga lembaga kembali pada konsep Go Green. Kepopuleran praktik go green meningkatkan peluang supaya para mahasiswa jurusan teknik lingkungan mendapatkan tempat terbaik dalam prospek kerja.

Universitas123 - Karakter - Manajemen Lingkungan

Karakter siswa yang sesuai

Teliti
Detil
Rasional
Suka berhitung
Suka menganalisis
Senang memecahkan masalah
Tekun
Kritis
Terstruktur
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Manajemen Lingkungan

Mengapa Manajemen Lingkungan

Ilmu teknik lingkungan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak hanya berkontribusi positif terhadap diri sendiri tetapi juga banyak orang, kamu dapat menciptakan lingkungan baik bagi seluruh masyarakat.

Isu lingkungan terus meningkat serta peraturan lingkungan dari instansi pemerintah juga lembaga swasta semakin diperketat. Itulah mengapa selalu dibutuhkan ahli lingkungan profesional sehingga prospek kerja bagi alumni teknik lingkungan cukup tinggi.

Pekerjaan yang sangat baik untuk negara yaitu dengan bergabung bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ESDM, dan lembaga ke pemerintahan lainnya.

Lulusan teknik lingkungan juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar pada bidang pertambangan, perkebunan, dan Petrokimia.

Jika punya jiwa petualang, mahasiswa jurusan teknik lingkungan dapat bekerja sebagai petugas konservasi alam untuk mengelola, melindungi dan meningkatkan lingkungan berkualitas termasuk habitat laut, sungai, padang rumput, sawah, dan lainnya.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Mengambil jurusan ini membuat kamu mampu menguasai permasalahan lingkungan dan memecahkan masalah dalam hal kerusakan lingkungan. Jurusan Teknik Lingkungan juga mampu mencari solusi terbaik dalam mengatasi masalah lingkungan di masa depan. Mempelajari ilmu teknik lingkungan berarti kamu juga akan menerapkan ilmu matematika, rekayasa, dan pengetahuan. Mahasiswa jurusan ini dididik supaya dapat memecahkan masalah lingkungan sekaligus mempermudah pekerjaan manusia dan mengurangi human error. Selama kuliah, kamu akan belajar mengasah skill eksperimen, kemampuan desain, kemampuan meneliti, melakukan analisis, dan bekerja bersama tim.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Setelah lulus dari jurusan Teknik Lingkungan, kamu akan menyandang gelar sarjana teknik. Perkuliahan berjalan selama 8 semester atau 4 tahun. Jurusan teknik lingkungan ini akan membuat kamu belajar tentang kualitas air, tanda, udara, dan bagaimana mengelola sampah. Kamu juga dididik agar mampu mengendalikan pencemaran serta mengelola bagaimana dampak lingkungan. Beberapa mata kuliah yang dapat kamu pelajari selama duduk sebagai mahasiswa teknik lingkungan adalah pengelolaan sampah, pengelolaan kualitas air, hidrogeologi dan hidrologi, mikrobiologi lingkungan, kesehatan lingkungan kerja dan masih banyak lagi. Setelah lulus sarjana, kamu juga dapat melanjutkan pendidikan hingga jenjang pascasarjana.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Peneliti
Teknisi Konservasi Lingkungan
Peneliti Bioteknologi
Ekonom
Dosen
Ahli Bioteknologi
Konsultan Pertanian
System Analyst
Research and Development
Quality Assurance (QA) atau Quality Control (QC)

User Profile

Universitas123