Please Wait
Logo
Ilmu Sosial, Politik dan Media

Jurusan Sociologi (Sociology)

Sociologi

Sosiologi adalah ilmu tentang perilaku sosial individu, kelompok, atau antara satu individu dengan kelompok. Kamu akan belajar tentang apa itu bermasyarakat, struktur masyarakat, dan karakternya juga berbagai problem atau fenomena sosial. Mahasiswa jurusan Sociology atau Sosiologi mengkaji interaksi satu orang dengan orang lainnya, juga pengaruhnya terhadap struktur sosial masyarakat. Sosiologi dapat dibahas secara spesifik seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Gender, dan sebagainya.

Universitas123 - Karakter - Sociologi

Karakter siswa yang sesuai

Observan
Senang melakukan riset
Berwawasan luas
Suka menganalisis
Komunikatif
Kritis
Tekun
Terstruktur
Rasional
Independen
Bekerjasama dengan tim
Senang memecahkan masalah
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Sociologi

Mengapa Sociologi

Terlatih melakukan analisis sosial komprehensif dan objektif karena terbiasa mempelajari berbagai fenomena sosial.

Terlatih menjalankan penelitian lapangan serta menghadapi masyarakat secara langsung. Sehingga, setelah lulus jurusan Sosiologi, akan mudah beradaptasi walaupun berada di lingkungan baru.

Jika kamu ingin memberikan kontribusi terhadap masyarakat, kamu bisa terlibat dalam organisasi non-profit, supaya dapat membangun masyarakat.

Mahasiswa jurusan Sosiologi setelah lulus juga dapat bekerja pada perusahaan untuk meningkatkan performa pada bagian corporate social responsibility.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Mengambil kuliah jurusan Sosiologi artinya kamu diharuskan mempunyai beberapa kemampuan dan keahlian. Misalnya, mampu melakukan observasi, memahami fenomena sosial, meneliti, komunikasi, dan melakukan analisis. Selain itu, kamu juga dituntut berpikir kritis. Selama perkuliahan, kamu juga akan dilatih supaya mempunyai keahlian social worker, atau community organizer. Hal ini karena kamu akan belajar berbagai fenomena sosial, termasuk analisis sosial komprehensif dan objektif.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Analisis permasalahan dalam masyarakat adalah makanan sehari-hari jurusan Sosiologi. Perkuliahan jurusan sosiologi membutuhkan waktu sekitar 4 tahun atau 8 semester. Selama menjalani perkuliahan, mahasiswa jurusan Sosiologi akan belajar bagaimana meneliti, melakukan anlisis, juga memahami masyarakat lebih dalam terutama dalam pandangan Sosiologi. Kamu juga akan membedah institusi sosial, proses dinamika sosial, dan fenomena sosial.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Content Creator
Content Creator
Dosen
Guru
Sosiolog
Peneliti
Research and Development
Aktivis
Jurnalis
Market Researcher
Event Organizer
Pemandu Wisata
Arsiparis
Teknisi Museum/ Konservator
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123