Please Wait
Logo
Teknik

Jurusan Teknik Elektronik (Electrical Engineering)

Teknik Elektronik

Electrical Engineering atau jurusan Teknik Elektro merupakan bagian dari ilmu teknik dan industri. Tujuan jurusan ini adalah untuk mendidik para mahasiswa agar ahli pada bidang listrik dan penerapannya dalam kebutuhan sehari-hari. Selama kuliah kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan ilmu tentang konsep juga bagaimana merancang dan mengembangkan ataupun memproduksi perangkat listrik juga elektronik. Jika kamu tertarik belajar tentang metode pembangkit menggunakan sumber energi baru metode kontrol untuk menghemat energi metode tepat untuk menyimpan energi maka jurusan Teknik Elektro adalah pilihan yang tepat.

Universitas123 - Karakter - Teknik Elektronik

Karakter siswa yang sesuai

Kemampuan Mendesain Sistem
Kemampuan Eksperimen
Kemampuan Melakukan Analisis
Kemampuan Fisika
Kemampuan Memecahkan Masalah
Kemampuan Matematika
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Teknik Elektronik

Mengapa Teknik Elektronik

Setelah lulus jurusan Teknik Elektro kamu bisa masuk pada berbagai sektor industri dalam mengatasi masalah listrik dan sistem peralatan elektronik.

Lulusan Teknik Elektro juga dibutuhkan pada berbagai perusahaan untuk distribusi tenaga listrik.

Dukungan sumber daya manusia sangat dibutuhkan karena infrastruktur telekomunikasi terus meningkat. Ada banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik telekomunikasi tetapi kebutuhan pakar Teknik Elektro masih sangat tinggi.

Banyak perusahaan menggunakan supply tenaga listrik besar terutama pada bidang pertambangan minyak dan gas. Perusahaan-perusahaan seperti ini sangat tergantung pada lulusan Teknik Elektro.

Jika kamu senang melakukan eksperimen kamu juga bisa bekerja langsung ke laboratorium dan melakukan berbagai tes desain baru guna menemukan rekayasa teknik.

Tenaga listrik arus kuat merupakan bidang paling populer dalam jurusan Teknik Elektro sehingga banyak lulusan jurusan ini justru mengejar industri energi juga tenaga listrik sebagai pilihan utama. Prospek kerja luas membuat sarjana Teknik Elektro di cari pada berbagai industri termasuk telekomunikasi, manufaktur, minyak dan gas, jasa dan pelayanan, dan lainnya.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang wajib kamu miliki dengan mengambil jurusan ini. Kamu harus mempunyai kegemaran pada bidang matematika dan fisika juga senang melakukan eksperimen. Selain itu kamu juga harus mempunyai kemampuan mendesain sistem dan kemampuan melakukan analisis. Bagian yang tak kalah pentingnya adalah kamu wajib mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah terutama pada bidang rekayasa teknik.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Jurusan Teknik Elektro mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan aplikasi kelistrikan elektromagnet, dan juga elektronika dengan perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun untuk menyandang gelar sarjana Teknik Elektro. Terdapat tiga bidang yang merupakan fokus jurusan Teknik Elektro yaitu elektronika, telekomunikasi, dan juga tenaga listrik. Mata kuliah yang akan kamu pelajari yaitu rangkaian listrik, mikroprosesor, teknik digital, bahan-bahan listrik ataupun lainnya. Jika kamu ingin melanjutkan studi pada jenjang pascasarjana, maka bisa mengambil bidang kajian spesifik dengan pilihan kampus dalam ataupun luar negeri.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Product Manager
Bagian Perencanaan Produk Otomotif
Perancang Dan Teknisi Mesin
Dosen
Teknisi Robot
Teknisi Dan Operator Pabrik
Teknisi Listrik
Research And Development
Quality Assurance And Quality Control
System Analyst
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123