Please Wait
Logo
Teknik

Jurusan Teknik Sipil (Civil Engineering)

Teknik Sipil

Civil engineering atau jurusan teknik sipil adalah ilmu yang mengkaji bagaimana merencanakan atau merancang, membuat, mengelola, juga melakukan konversi lingkungan. Berbagai macam fasilitas atau sistem pendukung kota desa, dan perkotaan dibuat oleh mahasiswa teknik sipil. Adanya bantaran sungai, konservasi lingkungan, jembatan-jembatan, seluruh hal tersebut merupakan salah satu contoh pekerjaan yang dilakukan oleh para ahli yang mengambil jurusan Teknik Sipil.

Universitas123 - Karakter - Teknik Sipil

Karakter siswa yang sesuai

Suka menganalisis
Detil
Kemampuan Desain
Komunikatif
Mampu melakukan perencanaan
Kemampuan Fisika
Kemampuan Matematika
Paham 2D dan 3D
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Teknik Sipil

Mengapa Teknik Sipil

Kesempatan bekerja lulusan jurusan sangat luas, terutama untuk mengembangkan infrastruktur di Indonesia sebagai negara berkembang.

Sarjana Teknik Sipil juga mampu memenuhi kebutuhan bagaimana melakukan rekayasa bangunan.

Lulusan teknik sipil juga dapat membuka lapangan pekerjaan sebagai cara memberdayakan manusia misalnya dengan membuka kantor konsultan untuk perencanaan bangunan atau membuka perusahaan pengembang dan jasa konstruksi.

Lulusan teknik sipil juga terbilang kreatif dalam menghasilkan berbagai karya bermanfaat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat luas misalnya, membangun bandara Pelabuhan, jembatan, atau pembangunan jalan.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Jurusan ini mendidik para mahasiswanya agar mampu memahami gambar 2D dan 3D. Sehingga kebutuhan dasar jurusan teknik sipil adalah menguasai fisika dan matematika. Keahlian lainnya yang harus kamu miliki adalah mampu membuat desain dan merencanakan. Dibutuhkan kemampuan analisis dan kemampuan berpikir logis dalam membuat atau merancang suatu fasilitas. Kamu juga dituntut untuk menggunakan keahlian berkomunikasi sebagai cara menyampaikan analisis dan membuat perencanaan.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Perkuliahan berlangsung selama 8 semester atau 4 tahun untuk memperoleh sarjana teknik pada jurusan Teknik Sipil. Selama kuliah, kamu akan belajar tentang teknologi perancangan bangunan, pemeliharaan dan pembangunan. Teknik Sipil justru lebih fundamental jika dibandingkan dengan jurusan arsitektur karena kamu akan belajar bagaimana gambar desain bangunan dan melakukan analisis kekuatan struktur pada bangunan tersebut. Beberapa materi perkuliahan yang kamu temukan adalah mekanika, geologi rekayasa, manajemen alat berat, dan lainnya.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Pegawai Bank
Perencana dan Pengembang Real Estate
Konsultan Properti
Sales
Dosen
Surveyor Tanah
Kontraktor
Editor
Research and Development
Bartender
System Analyst
Quality Assurance (QA) atau Quality Control (QC)
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123