Please Wait
Logo
Komputer & Teknologi

Jurusan Tentang Internet (Internet of Thing (IOT))

Tentang Internet

Jurusan Internet of Thing (IoT) masih terdengar asing, padahal jurusan ini sudah banyak penawarannya di perguruan tinggi negeri. IoT merupakan jurusan yang masih belum populer di Indonesia walaupun sedang naik tren di luar negeri. IoT menjadi pilihan favorit karena menawarkan prospek karir tinggi. Perkuliahan IoT menawarkan pendidikan dalam mentransmisikan atau mengirimkan data dari jaringan tanpa menggunakan bantuan manusia atau perangkat komputer. Pada jurusan ini, maka kamu akan memiliki wawasan tentang konsentrasi, yaitu konsep konektivitas pada perangkat dengan menggunakan embedded system pada internet. Sistem ini mengumpulkan, mentransfer, juga mengakuisisi data.

Universitas123 - Karakter - Tentang Internet

Karakter siswa yang sesuai

Teliti
Tekun
Terstruktur
Suka menganalisis
Senang melakukan riset
Senang memecahkan masalah
Suka berhitung
Bekerjasama dengan tim
Senang bekerja sendiri
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Tentang Internet

Mengapa Tentang Internet

Kamu mempunyai prospek karir luar biasa di masa depan, seperti game designer, game programmer, data scientist, IoT engineer, dan robotics engineer. Kamu juga dapat bekerja pada berbagai bidang industri dan teknologi.

Selama perkuliahan, kamu akan belajar praktik akuisisi data berbasis internet, melakukan pemrograman, dan hal lainnya yang berhubungan dengan IoT dalam kehidupan sehari-hari pada semua aspek.

Teknologi sangat diperlukan manusia untuk mempermudah kegiatan. Lulusan IoT selalu menjadi incaran perusahaan pada semua bidang.

Kamu dapat belajar banyak hal berguna untuk memulai usaha sendiri dalam berbagai bidang. Kamu juga dididik agar menjadi lulusan dengan bakat riset, serta agar menjadi lulusan berpengaruh.

IoT dapat diaplikasikan pada berbagai bidang, mulai bidang pertanian, pendidikan, dan energi.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Dengan belajar jurusan IoT, akan meningkatkan adanya hubungan semua objek fisik pada kehidupan sehari-hari dalam internet. Ada berbagai teknologi dalam menerapkan sistem IoT. Beberapa contohnya adalah teknologi Google terbaru menggunakan sensor suara, sensor cahaya, seperti Amazon Alexa. Kemampuan dan keahlian mahasiswa diperoleh karena pembekalan materi, termasuk sejarah dan definisi, aplikasi, model, paradigma, dan juga berbagai perangkat penunjang Internet of Things. Sedangkan soft skills yang akan kamu peroleh pada jurusan ini adalah kemampuan melakukan riset, melakukan analis, berpikir logis, berpikir sistemis, bekerja bersama tim, dan kemampuan memecahkan masalah.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Para dosen akan memberikan pembekalan teknik akuisisi data, melalui konektivitas, pemrograman, proses data melalui Artificial Intelligence, dan big data storage. Kamu juga akan belajar banyak hal dari jurusan IoT. Misalnya, bagaimana menggunakan sensor cahaya supaya dapat mengurangi penggunaan energi listrik. Atau, kamu berpeluang belajar bagaimana membuat fitur bermanfaat untuk mendukung lembaga pendidikan melalui fitur pengaturan suhu ruang, smart presensi, atau sensor lainnya. Setelah lulus program Sarjana, kamu juga bisa berpeluang melanjutkan pendidikan pascasarjana pada beberapa lembaga perguruan tinggi luar negeri, seperti James Cook University (Singapore), San Mateo Community Colleges of Silicon Valley (Amerika), atau lainnya.

Universitas123 - Prospek & Karir

Prospek & Karir

Artificial Intelligence Engineer
Game Designer
Game Programmer
Robotics Engineer
Data Scientist
IoT Engineer
Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123